Home / Edutainment / News

Sabtu, 9 April 2022 - 09:00 WIB

11 Situs Belajar Online Terbaik Untuk Guru!

Dibaca 1,829 kali

Situs Terbaik untuk Guru – Sebagai manusia yang hidup di zaman modern, cara kita belajar dipermudah dengan adanya internet. Internet memudahkan kita mendapatkan banyak informasi. Situs internet menyajikan banyak konten yang informatif dan berguna untuk memperluas wawasan kita, khususnya bapak/Ibu guru. Lalu, apa saja situs-situs tersebut?

Saya akan berbagi mengenai 20 situs di internet yang bisa bapak/ibu guru jelajahi untuk menambah wawasan hingga meningkatkan kompetensi sebagai seorang guru. Mungkin dari daftar berikut bapak/ibu guru sudah kenal, namun ada sebagian lainnya yang harus bapak/ibu coba.

1. National Geographic / NGL

National Geographic dulunya adalah sebuah majalah resmi National Georaphic Society. Majalah ini pertama kali terbit pada tahun 1888 (sumber : wikipedia). Biasanya memuat artikel yang terkait dengan geografi, sejarah, dan budaya di dunia. Namun sekarang, bukan hanya itu. National Geographic juga memuat tentang penjelajahan, bahkan juga dokumentasi dan entertainment. Sebagai seorang guru, bapak/ibu bisa menikmati banyak sekali sumber-sumber gratis yang berkualitas dan terpercaya di sana. Selain dalam bentuk majalah fisik, bapak/ibu juga bisa menikmatinya dalam bentuk digital.Untuk bahasa Inggris, bapak/ibu bisa mengaksesnya melalui alamat berikut :
https://www.nationalgeographic.com/

Sedangkan untuk versi bahasa Indonesia, bisa diakses di alamat berikut :
https://nationalgeographic.grid.id/

National Geographic meluncurkan NGL atau National Geographic Learning, untuk divisi edukasi dan teaching learning.

Bapak/ibu guru juga bisa memakai buku dan sumber dari NGL jika sekolah bapak/ibu bekerja sama secara resmi. Namun jika tidak, bapak/ibu bisa mengaksesnya di alamat : https://ngl.cengage.com/

2. Cambridge

Cambridge awalnya adalah sebuah universitas terkemuka di Inggris. Seiring berjalannya waktu, Cambridge muncul menjadi salah satu pusat pendidikan dan pengajaran bagi ribuan sekolah di seluruh dunia.

Banyak institusi yang dalam bisnisnya bangga menyandang label Cambridge serta mendapat suplai buku dan sarana pendidikan lainnya dari universitas asal tanah Ratu Elizabeth itu.

Jika Bapak/Ibu tertarik dengan berbagai resources yang memang sangat berkualitas dari Cambridge, silahkan kunjungi di https://www.cambridgeenglish.org/ Bukan hanya mata pelajaran Bahasa Inggris, Cambridge juga menyediakan berbagai subyek ilmu.

3. Historia

Situs terbaik untuk guru selanjutnya adalah situs informasi sejarah paling lengkap dan terpopuler. HISTORIA adalah majalah sejarah online pertama di Indonesia yang disajikan secara populer.  Artikel-artikel yang disediakan selain informatif juga enak untuk dinikmati sembari minum kopi dan ngemil kacang goreng.

Untuk membaca historia secara online, Bapak/Ibu bisa buka saja link https://historia.id/

4. TED

Awalnya hanya membahas Teknologi, Entertainment dan desain. Namun kemudian acara yang menyuguhkan seminar dari para expert itu juga membahas berbagai bidang kehidupan.

Saksikan video-video luar biasa dari orang-orang hebat yang berbagi banyak hal bermanfaat di tautan https://www.ted.com

5. Quora

Sebenarnya Quora adalah situs tanya jawab. Lalu kemudian ia berkembang menjadi sebuah media sosial yang luar biasa dan elegan. Quora menyajikan berbagai jawaban dari banyak pertanyaan.

Ada banyak fitur menarik yang tersedia. Bapak/Ibu guru bisa bertanya, menjawab, berinteraksi secara anonim, bahkan menulis blog dan mengirim pesan ke pengguna lainnya.

Akan lebih baik jika Bapak/Ibu mengunduh aplikasi yang satu ini, namun jika ingin membuka secara online, silahkan klik https://id.quora.com/

6. Huffington Post

Apa itu Huffington Post? HuffPost adalah sebuah situs web berita, agregator konten, dan blog yang dirintis oleh Arianna Huffington, Kenneth Lerer, Andrew Breitbart, dan Jonah Peretti, menampilkan berbagai kolumnis dan sumber berita. Jika Bapak/Ibu menerka yang satu ini sebagai koran, maka Bapak/Ibu benar. Setidaknya Huffington Post adalah koran online yang memiliki jutaan pembaca setia. Mengapa? Karena Huffpost menyajikan konten yang bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang. Mau jadi salah satu pembaca Huffington Post? Bapak/Ibu bisa klik saja https://www.huffpost.com/

Baca Juga:  Media Podcast Untuk Pendidikan

7. LIPI

LIPI adalah kependekan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Republik Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional. LIPI berkiprah dalam bidang riset terkait penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan.

Di situsnya yang beralamat di http://lipi.go.id/ Bapak/Ibu guru bisa menemukan berbagai publikasi menarik yang tentu saja akan menambah wawasan Bapak/Ibu sebagai seorang guru.

8. Teachtought

Memang memiliki kemampuan berbahasa Inggris sangat membantu, mengingat ada banyak situs menarik yang hanya tersedia dengan bahasanya David Beckham itu. Contohnya Teachtought yang memiliki url di https://www.teachthought.com/ Temukan banyak konten yang spesifik mengenai pendidikan di sana.

TeachThought adalah organisasi yang didedikasikan untuk inovasi dalam pendidikan melalui pertumbuhan guru yang inovatif. Melalui situs ini, bapak/ibu guru bisa mendapatkan banyak informasi mengenai bagaimana pendidikan di sana.

9. The Guardian

The Guardian adalah surat kabar Inggris yang dimiliki kelompok Guardian Media Group. Surat kabar ini merupakan harian serius dalam bentuk lembaran besar dan dikenal relatif berhaluan kiri. Dari situs ini, Bapak/Ibu guru bisa mendapatkan berbagai informasi aktual dari dunia mancanegara.

Untuk menikmati berbagai artikel dan video serta podcast bermanfaat dari The Guardian, silahkan saja kunjungi https://www.theguardian.com/education/academies

Ada baiknya Bapak/Ibu subscribe untuk bisa menikmati kiriman konten gratis langsung ke inbox Bapak/Ibu guru.

10. The Asian Parent

The Asian Parent adalah majalah keibubapaan Malaysia yang membantu ibu bapa bijak melalui proses kehamilan dan mendidik anak dengan cemerlang & berkeyakinan.

Bukan hanya materi tentang pengetahuan dan pendidikan, Bapak/ibu guru juga harus mengupgrade pengetahuan seputar parenting dan psikologi anak. Tentu ini adalah sesuatu yang Bapak/Ibu butuhkan sebagai seorang guru.

Dan untuk itu, maka kunjungi https://id.theasianparent.com/ yang merupakan situs The Asia Parent versi bahasa Indonesia.

11. e-Guru.id

e-Guru.id merupakan sebuah website membership yang memberikan beragam fasilitas untuk menunjang peningkatan kompetensi akademisi baik guru, dosen, instruktur, essay writer, maupun pelaku pendidikan lainnya. Untuk alamatnya, bapak/ibu dapat membuka situs e-Guru.id di alamat www.e-Guru.id (atau klik pada link tersebut) klik tombol “Daftar Sekarang” di halaman utama lalu akan tampil tayangan 3 macam pilihan membership. Mulai semesteran, tahunan, dan lifetime (seumur hidup).

Setelah memilih jenis member, bapak/ibu guru bisa mengisi biodata atau login jika sudah punya akun. Lalu, setelah itu klik “Daftarkan diri saya dan Segera proses”.

Keuntungan yang bisa bapak/ibu guru dapatkan dengan menjadi member di e-guru adalah bapak/ibu guru bisa mengikuti berbagai macam diklat, pelatihan, hingga seminar yang sertifikatnya bisa bapak/ibu guru gunakan untuk persyaratan naik pangkat. Selain itu, mentor/instruktur pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh e-guru merupakan seorang yang profesional di bidangnya. keuntungan-keuntungan ini lah yang membuat e-Guru.id menjadi situs terbaik untuk guru untuk belajar.

 

Demikianlah 11 situs yang bisa bapak/ibu guru kunjungi sebagai sumber belajar terbaik untuk guru. Daftar situs diatas dapat membantu bapak/ibu dalam mendapatkan informasi. Semoga artikel ini dapat membantu kita semua agar bisa menjadi guru yang berwawasan luas. Silahkan Bapak/Ibu guru bisa pilih dan buka semua tautan di atas.

 

Penulis : Aprillia Puspa

Share :

Baca Juga

News

Semua Guru Sertifikasi Wajib Bersiap untuk Pemberkasan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 3 Tahun 2023

News

5 Keterampilan Guru yang Dibutuhkan dalam Penerapan Kurikulum Merdeka

News

Daftar Gaji Pensiunan PNS Terbaru 2024

News

Metode Menyimak dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Media Mengajar

Macam-macam Sumber Belajar untuk Siswa

News

Bentuk-Bentuk Kekerasan di Sekolah yang Harus Diwaspadai sesuai Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023

News

Dilaksanakan Secara Luring! Berikut Informasi Tes Seleksi Akademik PPG Daljab 2023

News

Honorer Diangkat ASN? 15 Tahun Kedepan Tidak Ada Seleksi PNS
Download Sertifikat Pendidikan Gratis