Home / News

Senin, 25 Maret 2024 - 19:24 WIB

2 Golongan Pensiunan Ini Tak Perlu Lakukan Otentikasi Setiap Bulan

Dibaca 318,634 kali

Sejak diberlakukannya sistem otentikasi online, pensiunan Taspen diwajibkan untuk melakukan ini setiap bulan untuk memastikan pencairan mereka. Namun, terdapat dua golongan pensiunan yang dikecualikan dari kewajiban ini, yaitu:

  1. Penerima Tunjangan Dana Veteran:

Golongan penerima tunjangan dana veteran tidak perlu melakukan otentikasi setiap bulan. Hal ini tercantum dalam Peraturan Nomor 181/.05/2021 tentang Pembayaran Tunjangan Dana Kehormatan Veteran Republik Indonesia.

  1. Penerima Pensiun Sendiri/Yatim/Janda Tanpa Ahli Waris Lain:

Golongan penerima pensiun sendiri/yatim/janda yang tidak memiliki ahli waris lain hanya perlu melakukan otentikasi setiap dua bulan sekali. Hal ini tercantum dalam Surat Edaran Taspen Nomor SE/01//2023 tentang Penyesuaian Otentikasi Pensiunan Taspen.

Kedua golongan pensiunan ini dikecualikan dari otentikasi bulanan karena:

  • Penerima Tunjangan Dana Veteran: Tunjangan dana veteran merupakan hak yang diberikan kepada veteran Republik Indonesia sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian mereka. Oleh karena itu, proses ini disederhanakan dengan tidak mewajibkan otentikasi setiap bulan.
  • Penerima Pensiun Sendiri/Yatim/Janda Tanpa Ahli Waris Lain: Golongan ini dianggap memiliki risiko penyalahgunaan dana pensiun yang lebih rendah dibandingkan dengan pensiunan lain. Hal ini karena mereka tidak memiliki ahli waris yang dapat mencairkan dana pensiun mereka.
Baca Juga:  Jadwal dan Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2022

Bagi golongan pensiunan yang termasuk dalam dua golongan ini, Anda tidak perlu lagi melakukan otentikasi setiap bulan. Namun, Anda tetap diimbau untuk memantau informasi terbaru dari Taspen terkait dengan kebijakan otentikasi pensiun.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Penyusunan Portofolio Guru Di PMM Terintegrasi RHK EKIN” Fasilitas Diklat Peserta Eksklusif : Jaminan E-sertifikat 46JP Bernama, Bimbingan Unlimited, Materi Pelatihan, Laporan Pengembangan Diri, Berbagi , BONUS Template Laporan RHK dan . Daftar Sekarang di link berikut   https://online.e-guru.id/aff/40180/3014/checkout   Mau dibantu daftar?  http://wa.me/6281904722773   atau 0819-0472-2773 (Admin Nana) sertakan foto pamflet yaa

Tingkatkan , Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Diklat Gratis” link berikut   https://t.me/infofreediklat32JP

Halaman Selanjutnya

Jadwal Otentikasi Pensiun Taspen…

Share :

Baca Juga

News

Kemdikbud Berikan Kabar Baik Untuk Peningkatan Kompetensi Guru

News

Akhirnya Guru Akan Mendapatkan THR dan Kenaikan Gaji Guru

News

Standar Penilaian Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Tahu

News

Ingat! Peraturan Gaji Pensiunan Berlaku saat PP Gaji PNS 2024
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Berikut Kategori Guru Yang TPG Tahun 2023 Diputihkan

News

Cara Memutakhirkan Data di SIMPKB Peserta PPG Daljab 2023

News

Masa Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri Diperpanjang! Daftarkan Sekolah Anda Sekarang Juga

News

Dibuka Bulan April, Jadwal dan Besaran Biaya Seleksi Sekolah Kedinasan
Download Sertifikat Pendidikan Gratis