Home / News

Sabtu, 10 Desember 2022 - 14:50 WIB

2 Hal yang Dapat Menghambat Keterampilan Public Speaking Siswa

Dibaca 111 kali

Di era serba digital sekarang, keterampilan public speaking  siswa merupakan salah satu hal yang sangat perlu diajarkan pada siswa utamanya jenjang SMP dan SMA. Sebab, public speaking sangat cocok bila disandingkan untuk meningkatkan pemikiran kritis dan keberanian untuk berbicara.

Selain itu, bertambahnya teknologi dapat menjadi referensi pendukung untuk mewujudkan keterampilan tersebut. Merekapun juga dapat beradaptasi lebih cepat.

Hal ini pun juga sejalan dengan program pemerintah Republik Indonesia yakni Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi agar siswa dapat lebih meningkatkan keterampilan dan aspek kreatif.

Maka dari itu, salah satu yang menjadi tujuan Kemendikbudristek yakni untuk menyusun sekaligus bisa mengeluarkan Kurikulum Merdeka yang berperan sebagai salah satu panduan untuk melaksanakan pendidikan bermakna.

Mengapa Public Speaking Harus Diajarkan?

Urgensitas pembelajaran public speaking juga disampaikan oleh Tubagus Wahyudi dalam buku yang berjudul “The Secret of Public Speaking Era Konseptual”.

Bagi keseluruhan negara yang ada di dunia, kemampuan berbicara di depan publik merupakan suatu skill penting demi kemajuan dan kepentingan bersama. Lantas bagaimana cara mengajarkannya pada siswa dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)?

Public Speaking bukan hanya sekedar berani berbicara saja, namun terdapat rambu – rambu yang perlu dilakukan. Salah satu perbedaan, yakni misalnya, talking merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan obrolan dengan orang lain.

Sementara speaking memerlukan kemampuan untuk mengarahkan mulai dari konteks maupun cara penyampaiannya harus bermakna dan jelas berdasarkan acara tertentu.

Seringkali kemampuan public speaking dianggap sepele.

Berikut beberapa faktor yang dapat menghambat pembelajaran keterampilan public sepaking siswa yakni sebagai berikut :

1.    Siswa Tidak Percaya Diri

Hal pertama yang dapat menjadi faktor penghambat siswa tidak dapat mempelajarinya, sebab tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Belajar public speaking tentu berbeda pada saat guru memberikan pengajaran di kelas. Maka dari itu, tidak semua guru dapat mengajarkannya.

Hal inilah yang kadang menjadikan siswa kurang percaya diri. Namun seorang guru dapat memberikan lebih banyak motivasi pada siswa agar lebih berani untuk berbicara sebagai modal dasar menerapkan public speaking.

Halaman Selanjutnya

2.   Siswa lebih Suka berada di Belakang Layar….

Share :

Baca Juga

News

Resmi! BKN Terbitkan Aturan Terbaru Kenaikan Pangkat PNS

News

Berapa Lama SK PPPK Keluar Setelah Pemberkasan? Berikut Penjelasannya

News

Segera Mendaftar! Berikut Formasi CPNS Tanpa Syarat Tinggi Badan

News

Naik Pangkat Menjadi Lebih Mudah, Berikut Strategi Naik Pangkat Tanpa Dupak

News

Aturan Kemdikbud Terkait TPG dan TKG, Bagaimana Pembayaranya?
Kementrian Agama Tanggapi Informasi Jadwal PPPK yang berdear

News

Bisakah Guru yang Belum Terdaftar Di Dapodik Ikut PPPK? Berikut Penjelasannya

News

Segera Cair, Ini Jadwal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan I 2024

News

Besaran Kenaikan Gaji Pensiunan PNS yang Akan Ditransfer oleh Taspen Tahun 2024