Home / News

Kamis, 24 November 2022 - 23:25 WIB

2 Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari SeorangGuru

Dibaca 150 kali

Di dalam artikel ini akan dibahas dua kesalahan fatal yang harus dihindari oleh seorang guru. Dua kesalahan tersebut adalah ketidakmampuan guru dalam mengenali potensi siswa. Dan yang kedua adalah guru yang mengajar namun hatinya tidak hadir.

Dunia pendidikan sebenarnya akan terasa mudah bila para guru tidak mengalami berbagai hambatan. Hanya saja, kondisi realita kehidupan tidak demikian. Masalah akan selalu ada dan berfungsi untuk pendewasaan para manusia.

Termasuk halnya dalam dunia pendidikan baik bagi guru maupun peserta didik. Maka dari itu, penting bagi setiap guru untuk senantiasa mampu mengenali jenis kesalahan guru di manapun mengawali karir.

Adapun kesalahan fatal yang harus dihindari oleh seorang guru; dan ini yang sering kali dialami oleh para guru yakni :

1.    Ketidakmampuan dalam Menemukan Bakat Minat Peserta Didik

Salah satu hal yang menjadi hambatan guru hari ini yakni ketidakmampuan mereka dalam mengenali bakat minat peserta didik. Akibatnya sebagian peserta didik merasa dirinya tidak terasah dengan baik dan malah kurang binaan.

Biasanya, bakat minat mereka akan muncul dengan sendirinya seiring bertambahnya intensitas kedekatan antar guru maupun peserta didik. apalagi sebagai seorang walas, penting bagi anda untuk memiliki catatan khusus terkait bakat minat tersebut. Ada beberapa cara untuk mengetahuinya. Misal dengan memperbanyak intensitas wawancara bersama teman dekatnya.

Bukan dalam bentuk wawancara resmi, namun sekedar ngobrol saja. Kemudian, anda juga bisa menggunakan beberapa tes mengenai kemampuan akademik dan non- akademik peserta didik.

Di sisi lain, ketidakmampuan dalam mengenali bakat minat biasanya bisa digali dengan melibatkan peserta didik dalam berbagai agenda.

Dari situlah biasanya para guru dapat memahami beberapa aspek yang dikuasai peserta didik dan aspek mana yang menjadi titik kelemahannya.

2.    Guru Mengalami Kebingungan dan Kehilangan Konsentrasi

Kemudian hambatan lainnya yakni anda bisa juga masuk dalam fase lebih sering merasa bingung hingga akhirnya kehilangan konsentrasi.

Perasaan seperti ini biasanya akan muncul dalam diri para guru baru, atau bagi guru yang baru mengalami perpindahan akibat surat tugas atau pertimbangan lain.

Kebingungan yang dialami para guru tentu akan memberikan dampak negatif bagi diri guru sendiri maupun para peserta didik. Serta para tenaga kependidikan yang ada di sekolah. Lantas bagaimana menyelesaikannya?

Halaman Selanjutnya

Pertama, guru bisa berusaha untuk menerima…

Share :

Baca Juga

News

Guru Wajib Tahu! Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E

News

Diuji saat Tes CAT BKN! Siap-siap Sebelum Ujian PPPK Guru 2023, P2 dan P3 Wajib Kuasai Kemampuan Berikut
Pendaftaran guru PPPK tahun 2023

News

Nilai Yang Harus Diperoleh Agar Dinyatakan Lulus Seleksi Akademik PPG Daljab 2023 Gelombang 1

News

Resmi! Kemenag Membuka 4.125 Formasi Rekrutmen PPPK dan CPNS 2023

News

Semua Guru Sudah Siap Dengan Kebijakan Baru Kemendikbud di Tahun 2024? Ini Bocorannya!

Edutainment

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas
Honorer

News

DPR RI Minta Pemda Beri Dukungan Anggaran MI, MTS dan MA

Kesiswaan

Sekolah Inklusi, Apa Bedanya dengan SLB?