Home / Media Mengajar

Jumat, 25 November 2022 - 23:48 WIB

4 Media Belajar Berbasis Website untuk Menunjang Dunia Pendidikan

Dibaca 157 kali

Buku teks bukan satu-satunya sumber belajar bagi seorang peserta didik, media belajar berbasis website patut dipertimbangkan.  Sebab terkadang masih banyak sebagian mereka yang malah tidak menghiraukan buku teks sehingga hanya bermodal mendengarkan apa yang guru sampaikan.

Bila pada saat kegiatan belajar mengajar peserta didik bisa menempatkan fokus dengan baik, maka bisa jadi peserta didik akan mengingat apa yang guru sampaikan.

Namun bagaimana dengan peserta didik yang memiliki kendala dalam penyerapan pembelajaran? Tentu menggunakan buku teks saja tidak cukup.

Kondisi ketidakmampuan penyerapan ini pun ditambah dengan fenomena learning loss yang menjangkiti beberapa satuan pendidikan.

Dampaknya, kendati kebijakan sudah beralih menjadi Pembelajaran Tatap Muka, para peserta didik masih harus beradaptasi untuk bisa kembali membaca buku dengan intens.

Media Interaktif Berbasis Web di Era Pendidikan Digital

Dunia pendidikan yang bersinggungan langsung dengan teknologi tentu akan semakin menjadikan mau tak mau guru dan para peserta didik perlu menerima kehadiran beragam kecanggihan teknologi yang ada.

Salah satu wujud syukur dari hadirnya teknologi yakni ada banyak para pakar yang berusaha menciptakan teknologi untuk memberi kemudahan baik bagi guru maupun peserta didik.

Misalnya dengan menciptakan media belajar berbasis website. Media ini dapat diakses dengan mudah oleh para guru maupun peserta didik.

Jika anda masih bingung menentukan pilihan untuk mengakses beberapa media belajar berbasis website, berikut beberapa rekomendasi yang bisa anda akses. Di antaranya yakni :

1.   Situs Wolfram Alpha

Kemudian situs wolfram. Situs ini merupakan suatu model dan portal belajar yang bisa dikatakan merupkan situs sejuta mapel. Anda bisa temukan apapun mapelnya bahkan sampai pengetahuan tinggkat kuliah.

2.   Menggunakan Situs Wikihow

Selain situs diatas, anda juga bisa menggunakan situs Wikihow. Situs tersebut mewadahi beragam informasi lengkap seperti cara memasak, pembersihan rumah bahkan sampai hal umum seperti cara dalam merawat hewan peliharaan yang anda miliki. Anda pun bisa merekomendasikan pada peserta didik untuk mengaksesnya dengan mencari topik yang berkaitan dengan pembelajaran.

3.   Menggunakan Situs Bing Map dan Google Map

Jika anda adalah seorang guru mapel IPS dan Geografi, mengakses Bing Map dan Google Map merupakan pilihan yang sangat direkomendasikan.

Anda dan para peserta didik bisa melihat peta dunia secara langsung dan seperti nyata. Tentu anda membutuhkan jaringan dan akses internet yang lumayan.

Selain itu, anda juga bisa mengarahkan peserta didik untuk mengaksesnya secara mandiri agar dapat mengeksplor beragam kondisi dan wilayah geografis daerah maupun negara lainnya.

4. Mengunjungi NaikPangkat.com

NaikPangkat.com merupakan salah satu situs yang bisa dimanfaat untuk para guru yang ingin menggali informasi terkini berkaitan dengan dunia pendidikan. Di dalam situs tersebut khusus mengulas masalah pendidikan, berita terkini tentang pendidikan, informasi pendaftaran CPNS Guru dan lain sebagainya. Sehingga webiste tersebut sangat cocok untuk dijadikan rujukan oleh para guru.

Nah demikian ulasan mengenai situs media belajar berbasis website yang dapat anda dan peserta didik akses. Semoga bermanfaat dan semakin menambah semangat dalam belajar.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Learning Loss, Bisakah Diatasi dengan Penerapan Kurikulum Merdeka?

Karya Inovatif

Media Pembelajaran Berbasis Digital, Jenis dan Contoh

Karya Inovatif

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran di HP

Edutainment

Metode Resitasi. Pengertian, Tujuan, Jenis dan Langkah

Karya Inovatif

Program Akselerasi, Manfaat dan Kelebihannya

Karya Inovatif

Materi Hari Keempat Diklat 40JP Dampak Kurikulum Merdeka

Karya Inovatif

Terbukti! Cara Mendapatkan Uang dari Blog untuk guru

Media Mengajar

Aplikasi Power Point untuk Menunjang Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif