Home / Kesiswaan

Senin, 28 Maret 2022 - 09:00 WIB

5 Cara Belajar Efektif di Rumah

Dibaca 334 kali

Cara Belajar Efektif – Belajar efektif merupakan suatu kondisi ketika belajar dapat memahami materi ajar dalam waktu yang ditentukan. Dengan belajar secara tepat akan mempengaruhi hasil belajar menjadi lebih maksimal. Hasil belajar dirumah mungkin dirasa beberapa orang kurang maksimal karena lebih banyak distraksi dan munculnya rasa malas, namun hal itu bisa di atasi dengan beberapa cara.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya bisa belajar efektif dirumah:

  1. Buat rencana belajar mandiri

    Perencanaan belajar perlu dilakukan, dengan cara mempersiapkan materi ajar yang akan dipelajari. Hal ini akan membuat proses belajar menjadi lebih optimal dan efektivitas waktu.
    Agar belajar dilakukan secara konsisten, perlu membuat jadwal untuk belajar. Dengan menaati jadwal belajar yang Anda buat, maka alam bawah sadar akan lebih siap untuk memulai belajar karena sudah terbiasa dengan jadwal belajar.

  1. Luangkan waktu untuk belajar

    Sediakan waktu khusus untuk belajar, jangan sampai belajar sambil masak, sambil rapih – rapih, sambil menonton, dll. hal ini akan membuat fokus pecah terbagi dalam beberapa kegiatan sehingga kurang berkonsentrasi dalam belajar.

  1. Ciptakan suasana yang nyaman untuk belajar

    Mulai dari menyiapkan tempat untuk belajar, menghindari suara bising dan gangguan lain. Jika keadaan rumah sedang ramai dan dirasa cukup mengganggu, usahakan untuk menghindari hal ini, Anda bisa memilih waktu untuk belajar ketika kondisi rumah sedang kondusif.
    Jika diperlukan, sediakan minuman dan makanan ringan, lebih baik rajin minum air putih supaya fokus terjaga.

  2. Jeda waktu ketika belajar

    Belajar selama berjam – jam tanpa jeda, merupakan cara belajar yang kurang efektif karena Anda memaksakan diri untuk fokus dalam kondisi lelah dan jenuh. Namun, dengan jadwal yang rutin, dan dengan jeda istirahat yang cukup merupakan cara belajar efektif.
    Berapa lama waktu yang efektif untuk belajar? Saat belajar juga perlu istirahat. Ambil jeda belajar setiap 20 – 30 menit sekali untuk mengoptimalkan daya serap materi ajar. Istirahat sejenak selama 5 – 10 menit, Anda bisa memanfaatkan untuk makan camilan dan minum. Jika sudah cukup merasa segar kembali, segeralah mulai belajar.
    Belajar dengan batas waktu pendek – pendek bisa menghindari keram otak.

  3. Cobalah buat ringkasan

    Membuat ringkasan, materi ajar akan lebih mudah diingat. Ringkasan yang dibuat juga bisa dijadikan bahan belajar singkat sebelum ujian. Gunakan kata – kata sendiri untuk menjelaskan apa yang sudah dipelajari dalam ringkasan yang padat.
    Pahami setiap materi ajar, bukan hanya di hafal dan dicatat. Belajar materi dengan menghafal, cenderung akan kurang efektif karena setelahnya Anda akan segera melupakan materi tersebut. Namun sebaliknya, jika memahami konsep dibalik materi ajar pengetahuan tersebut akan lebih lama di ingat.

Kapan waktu yang tepat untuk belajar?

Jam belajar juga bisa jadi faktor penentu keberhasilan belajar efektif. Waktu yang baik untuk belajar yaitu antara jam 10 pagi hingga 2 siang, kemudian jam 4 sore hingga 10 malam. Sedangkan waktu untuk belajar paling tidak efektif yaitu jam 4 pagi hingga 7 pagi.

Apa kelebihan belajar di pagi hari? Di pagi hari pikiran Anda lebih jernih, suasana pagi hari meningkatkan fokus belajar, dan waktu tidur tidak terganggu.

Apa kelebihan belajar di malam hari? Suasana tenang dan hening, bisa lebih fokus karena distraksi lebih sedikit, dan ide akan lebih berkembang.

Cara belajar efektif bagi setiap orang mungkin berbeda – beda, dan jika belum menemukan cara belajar yang paling efektif dan efisien untuk diri sendiri, Anda bisa mencoba beberapa metode di atas.

Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

 

Penulis: Ema Dwi Pratiwi

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Efektivitas Penggunaan Komik sebagai Media Pembelajaran

Kesiswaan

Berkolaborasi dan Berkontribusi Menyusun Perangkat Ajar

Kesiswaan

Prinsip Asesmen yang Adil dalam Dunia Pendidikan

Kesiswaan

Mengenali Akreditasi Perguruan Tinggi dan Tips Menggapai Kampus Impian

Edutainment

Klarifikasi Kemendikbudristek Perbedaan Bantuan BPI dengan KIP Kuliah

Kesiswaan

Cara Mengatasi Victim Mentality Syndrome pada Peserta Didik

Kesiswaan

Jenis – Jenis Bakat Siswa Yang Guru Perlu Tahu

Kesiswaan

Program Sekolah yang Harus Diketahui oleh Orang Tua Murid