Home / Metode Pembelajaran

Jumat, 16 September 2022 - 01:57 WIB

5 Fakta Menarik Metode Pembelajaran MIKIR yang Efektif Bangkitkan Semangat Belajar Anak

Dibaca 977 kali

Metode Pembelajaran MIKIR – Sampai hari ini di kalangan masyarakat masih banyak yang salah persepsi tentang kegiatan belajar mengajar. Banyak kalangan meyakini kegiatan tersebut adalah transfer ilmu, sehingga kepasifan tecipta dan murid hanya terbiasa mendengarkan ceramah guru.

Untuk melawan kebiasaan tersebut simak asyiknya pembelajaran dengan metode MIKIR.

Metode pembelajaran mengalami, interaksi, komunikasi dan refleksi (MIKIR) diciptakan oleh Tanoto Foundation. Bagi guru di MI Muhammadiyah Patikraja, Banyumas, Jawa Tengah, Metode pembelajaran MIKIR sangat tepat untuk digunakan pada anak zaman sekarang.

Hal Ini diungkapkan oleh Kepala Sekolah MI Muhammdiyah Patikraja, Indra Gunawan, pasalnya dengan metode pembelajaran MIKIR anak-anak akan mendapat pengalaman langsung. Keunggulan ini dapat bangkitkan daya ingat mereka untuk terus menghafal sebuah materi.

Indra Gunawan menceritakan metode ini pernah diterapkan di sekolahnya. Tepatnya pada Selasa (13/9/2022) siswa tingkat 2 dan tingkat 3 lakukan perjalanan dengan kereta api dari Purwokerto menuju Cilacap.

Simpelnya momen tersebut membuat anak dapat mengalami sendiri naik kereta sembari beinteraksi dan berkomunikasi dengan yang lain.

Dalam satu rangkaian perjalanan anak dapat secara langsung mempraktikan belajar mandiri, percaya diri, budaya antri, budaya tanggung jawab, berkomunikasi, bekerja sama dan belajar tertib.

Menurutnya metode pembelajaran MIKIR bukan sebatas pengetahuan mengenai moda transportasi tetapi mereka dapat memetik cara beritika yang baik.

Terbukti metode pembelajaran mikir menjadikan murid tidak hanya pasif mendengar ceramah guru. Untuk mengenal lebih jauh tentang metode pembelajaran MIKIR, wartagur.id telah merangkam 5 fakta menariknya.

Halaman Selanjutnya

Tanoto Foundation

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Mengenal Metode Resitasi dan Tujuannya dalam Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Berikut Penjelasan yang Guru Bisa Pahami Tentang Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif

Metode Pembelajaran

3 Metode Mengajar yang Wajib Dicoba di Era Kurikulum Merdeka

Metode Pembelajaran

Guru dan Strategi Dalam Literasi Digital
Ilustrasi Panduan Meneributkan Buku ber ISBN

Media Mengajar

Cara Jitu Sukses Membuat Aksi Nyata di PMM

Metode Pembelajaran

3 Jenis Metode Pembelajaran yang Wajib Diketahui Guru

Metode Pembelajaran

Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Kurikulum Merdeka Untuk Tahun Ajaran Baru

Karya Inovatif

Tatap Muka Terbatas Anti Boring Dengan Google Workspace For Edu