Home / News

Sabtu, 3 Desember 2022 - 12:13 WIB

5 Hal yang Harus Diwujudkan dalam Pendidikan Karakter Siswa

Dibaca 308 kali

Pendidikan Karakter merupakan salah satu amanat dalam sistem pendidikan di Indonesia, apapun kurikulum yang diterapkan.  Terdapat berberapa aspek dalam diri siswa yang harus diwujudkan dalam proses pendidikan karakter tersebut, di antaranya adalah nilai religius, nasional, mandiri dan lain sebagainya.

Idealnya, mendidik bukanlah suatu hal yang mudah sebab ada banyak hal yang dipersiapkan. Sebagian guru seringkali hanya berfokus pada persiapan untuk membentuk serta meningkatkan aspek intelektualitas peserta didik saja. Padahal, peserta didik juga perlu dilatih aspek kepribadiannya.

Maka dari itu, di tahun 2016 silam, pemerintah telah mengupayakan beragam gerakan untuk mewujudkan adanya penguatan pendidikan karakter dalam diri peserta didik.

Penguatan pendidikan karakter tersebut tentu tidak terlepas dari adanya ragam nilai pendidikan karaktet yang terejahwantakan dalam program PPK alias program Penguatan Pendidikan Karakter.

Adapun ragam nilai yang ada dalam program Penguatan Pendidikan Karakter yakni sebagai berikut :

1.    Nilai Religius

Nilai pertama yang perlu diwujudkan dalam diri peserta didik yakni berkaitan dengan nilai religius.

Nilai religius maknanya seputar keyakinan seseorang terhadap ajaran agama yang dianut para peserta didik. Peningkatan keimanan tersebut akan berpengaruh dalam keseluruhan aktivitas peserta didik.

Jika seorang peserta didik memiliki tingkat spiritualitas yang tinggi, maka peserta didik tersebut juga memiliki semangat dan daya juang yang tinggi pula.

2.    Nilai Nasionalis

Nilai selanjutnya yakni berupa nilai nasionalis. Nilai ini berkaitan dengan cara seorang peserta didik dalam menunjukkan apresiasi pada budaya bangsa yang tidak bertentangan dengan aspek spiritualitasnya.

Pun akan timbul dalam diri peserta didik keinginan untuk bisa senantiasa menjaga lingkungan yang ditempati baik itu satuan pendidikan maupun tempatnya tinggal.

Selain itu, peserta didik tersebut juga akan lebih bertanggung jawab serta menaati hukum maupun peraturan baik yang dibuat bersama atau berupa peraturan umum.

Sikap nasionalis juga akan ditunjukkan dalam sikap peserta didik yang dapat memahami adanya keragaman budaya, agama dan suku bangsa.

3.    Nilai Integritas

Selanjutnya, nilai integritas. Nilai ini berkaitan dengan sikap dan karakter peserta didik untuk bisa belajar bertanggung jawab dengan segala perkataan maupun perbuatan yang telah dilakukan.

Pun mereka memiliki konsistensi dalam berbagai tindakan yang dilakukan dan tentunya berdasar kajian dan pemikiran yang matang.

Peserta didik yang menerapkan nilai integritas akan belajar untuk bisa menghargai martabat dari para individu sekaligus dapat menunjukkan berbagai keteladanan yang ada.

Halaman Selanjutnya

4.    Nilai Mandiri…

Share :

Baca Juga

News

Bermasalah dengan Hasil Seleksi PPPK Guru 2022, Dipersilakan Menghubungi Kontak Ini

News

Aturan Resmi Pemutihan TPG 2023 dan Jadwal Pencairan Tunjangan Guru

News

Mengenal Model Pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)

News

Kemdikbud dan KemenPAN RB Rencanakan Insentif Spesial bagi Guru Dearah di Tahun 2024, Simak Selengkapnya!

News

Sejumlah Daerah Siap Umumkan Penetapan SK PPPK 2023, Cek Daerahmu

News

Batas Hanya Sampai 6 November 2023, Guru Semua Jenjang Harus Tahu Agenda Ini!

News

8 Jenis Kecerdasan Majemuk Siswa yang Harus Diketahui Guru

News

Potensi Lolos Seleksi Besar, 10 Formasi CPNS Ini Sepi Peminat