Home / PNS

Jumat, 27 Januari 2023 - 22:45 WIB

5 Keuntungan Menjadi Pegawai Negeri Sipil, Apa Saja?

Dibaca 798 kali

Pegawai Negeri Sipil atau PNS adalah salah satu profesi yang idaman warga Indonesia. PNS dinilai sebagai profesi paling stabil dan aman. Singkatnya, PNS adalah profesi minim resiko, baik dari jenjang karir maupun pendapatannya. Lantas, apa saja keuntungan menjadi pegawai negeri sipil? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Keuntungan Menjadi Pegawai Negeri Sipil

1. Penghasilan yang tetap

Keunggulan yang satu ini bisa jadi alasan utama berbagai kalangan berkeinginan menjadi PNS. Berbeda dari karyawan swasta yang penghasilannya bergantung pada situasi serta kondisi industri serta performa perusahaan, penghasilan PNS cenderung lebih stabil dan minim risiko.

Selain itu, PNS juga mendapatkan berbagai hak seperti tunjangan dan hak lainnya. PNS bersertifikat profesi diberi hak untuk mendapatkan tunjangan profesi. Di samping itu, ada juga tunjangan kinerja untuk PNS dengan nominal menyesuaikan tingkat dan golongan.

2. Terbebas dari PHK

Keuntungan menjadi pegawai negeri sipil lainnya yaitu terbebas dari ancaman PKH. Pasalnya, ASN menjadi salah satu pekerjaan yang akan terus dibutuhkan untuk melayani masyarakat terlepas dari situasi ekonomi apapun. Dari hal tersebut, PNS sangat kecil kemungkinannya untuk terkena PHK. Walaupun ada beberapa kasus sebuah instansi dibubarkan, PNS yang bekerja di dalamnya akan dipindahkan ke instansi lain yang membutuhkan.

Meskipun terbebas dari kemungkinan PHK, PNS tetap harus mengikuti aturan-aturan tertentu yang berlaku. Apabila seorang PNS melanggar aturan atau melakukan tindak pidana maka dapat berimbas pada pencabutan jabatan PNS tersebut.

Halaman Selanjutnya

3. Jenjang karir yang jelas

Share :

Baca Juga

News

Perbedaan Guru Honorer, Guru PPPK, dan Guru PNS

News

Tambahan penghasilan untuk Guru yang belum Memiliki Sertifikat Pendidik
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Bagaimana Kebijakan Pemberian THR Dan Gaji ke 13 Guru PNS dan PPPK di Tahun 2024 ?, Ini Penjelasan Kemenkeu!

News

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) Penting Bagi Karir Guru

News

Guru Penggerak Angkatan 6 2022, dibuka 8000 Kuota

News

Diganti Skema Gaji Tunggal! Berikut Sederet Tunjangan PNS Tahun 2024 Yang Akan Dihapus Pemerintah

News

Pemerintah Berencana Cairkan TPG 2023 Hingga Rp 20 Juta

News

Cair Mulai Maret! Kenaikan Tunjangan Sertifikasi Guru