Home / News

Jumat, 14 Januari 2022 - 13:06 WIB

5 Kunci Keberhasilan Blanded Learning

Dibaca 420 kali

Keberhasilan blanded learning, Blanded learning menjadi metode pembelajaran yang digunakan pada saat ini. Bagaimana agar blanded learning dapat berjalan dengan maksimal? yuk simak informasi berikut ini secara lengkap 5 Kunci keberhasilan blanded learning versi Jared M. Carman.Blanded learning  merupakan cara pembelajaran baru di mana menggabungkan strategi tatap muka di ruang kelas dan pembelajaran jarak jauh atau daring (online). Penerapan pembelajaran campuran merupakan cara inovatif untuk meningkatkan keberhasilan peserta didik dalam pelatihan.Sementara menurut Association for Talent Development, blended learning atau pembelajaran campuran merupakan praktik menggunakan beberapa media dalam satu kurikulum dan menggabungkan pembelajaran formal dan informal, seperti kegiatan belajar di kelas, online, dan pembelajaran langsung di lapangan, serta pembinaan pekerjaan.Berikut ini 5 kunci keberhasilan blanded learning versi Jared M. Carman agar blanded learning dapat berjalan maksimal. Yuk kita simak informasi selengkapnya.

1. Live Event

Guru membuat pembelajaran langsung secara tatap muka dalam waktu dan tempat yang sama, atau waktu yang sama tetapi dengan tempat yang berbeda yaitu melalui Virtual classrom dengan berbantukan flatform video conference yang sudah ada.  Seperti zoom meeting, goolge meet dan lain sebagainya.

2. Self Paced Learning

Guru dapat mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran mandiri kapan saja dan dimana saja, baik dalam bentuk text besed atau multimedia based yang dapat diakses secara online. Guru bisa menyiapkan e-modul atau pembelajaran berbasis video untuk membantu siswa belajar secara mandiri.

3. Collaboration

Guru menciptakan kolaborasi secara baik antara guru dan siswa serta antara siswa melalui media komunikasi yang telah ada. Baik melalui media komunikasi whatsApp, facebook, dan lain sebagainya. Yang tujuannya membangun kolaborasi antar guru dan siswa untuk pembelajaran yang lebih efektif.

4. Asesment

Guru dapat mengukur pencapaian kompetensi siswa dengan mengkombinasikan antara tes yang bersifat tes maupun yang bersifat non tes. Disesuaikan dengan jenis penilaian dan metari yang sedang dipelajari siswa.

5. Performance Support Materials

Guru perlu memastikan materi yang disiapkan dalam bentuk digital dan semua siswa dapat mengaksesnya secara online maupun offline. Materi bisa berupa apa saja yang terpenting siswa dapat mengaksesnya dengan mudah dan mudah menjadi bahan pegangan bagi siswa.Dari Beberapa studi penelitian telah menemukan bahwa blended learning dapat meningkatkan hasil belajar sama dengan atau lebih tinggi dari mahasiswa yang belajar secara konvensional atau sepenuhnya online, meskipun tingkat keberhasilan bervariasi antara disiplin ilmu (Heinze, 2008, p.35)Demikian paparan tentang 5 Kunci keberhasilan Blanded Learning menurut Jared M. Crmen semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta pengetahuan bapak dan ibu guru.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayan Indonesia. 

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah banner-member-tahunan-300x300-1.jpeg
Ingin dibantu mendaftar ? Hubungi 087719662338 (Rahma)




Share :

Baca Juga

News

Berikut daftar 8 Pegawai Honorer Non ASN yang akan Diangkat Menjadi PPPK 2023

News

TERBARU! Kemenpan RB Rilis Formasi CPNS dan PPPK 2023. Ada Guru dan Dosen!

News

5 Instansi dengan Tunjangan PNS Terbesar Di Tahun 2024, Yuk Lamar Sekarang

News

PNS Disentil Guru Honorer: Gaji Rp 300 Ribu, Dibayar 6 Bulan Sekali, Dipotong Lagi!

News

Belum Punya Rumah? Ini Biang Kerok 2 Juta ASN Masih Kontrak
Pendaftaran guru PPPK tahun 2023

News

Kelanjutan dari RUU Sisdiknas : Tunjangan Pasti Diupayakan

News

Akhirnya Guru Akan Mendapatkan THR dan Kenaikan Gaji Guru
photo by kemdikbud.go.id

News

ASN Mendapatkan Penghargaan Dari Pemerintah Berdasarkan UU No.20 Tahun 2023, Ini Penjelasannya