Home / News

Rabu, 18 Januari 2023 - 19:28 WIB

7 Peran Guru Profesional untuk Melahirkan Generasi Terdidik

Dibaca 202 kali

Guru merupakan salah satu pemeran utama untuk mewujudkan pendidikan dan melahirkan generasi terdidik. Hal ini dapat terjadi jika guru tersebut dapat bersikap profesional dengan tugasnya sehingga dapat dikatakan sebagai guru profesional.

Guru profesional merupakan seseorang yang menempati peran penting untuk dapat membantu siswa dalam mewujudkan cita – cita serta potensi semaksimal mungkin agar siswa menjadi pribadi yang matang dan utuh. Lantas, seperti apa langkah untuk menjadi seorang guru yang profesional?

Peran Guru dalam Pendidikan

Untuk mewujudkan pendidikan yang gemilang, seorang guru tentu perlu memahami peran yang harus dilakukan. Adapun beberapa diantaranya yakni sebagai berikut :

Pertama, guru memiliki peran sebagai sumber rujukan utama para siswa selama berada di sekolah. Oleh karena itu, idealnya para guru dapat memahami serta menguasai ilmu pengetahuan terlebih konten yang sudah diajarkan.

Kedua, guru memiliki peran untuk mengarahkan dan mengajarkan pada siswa terkait proses belajar dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu, mereka pun memiliki tugas untuk dapat mengarahkan siswa agar dapat mempersiapkan kehidupan masa depan melalui perencanana secara berkelanjutan.

Ketiga, guru memiliki peran untuk memberikan keteladanan berupa sikap disiplin, kerja keras serta tanggung jawab atas segala aktivitas yang telah dilakukan.

Keempat, guru perlu memahami bahwa perannya bukan menjadi seseorang yang mendominasi kelas, melainkan sebagai pembimbing serta fasilitator siswa manakala membutuhkan sesuatu untuk dipelajari dan perlu segera dipecahkan permasalahannya.

Kelima,  guru memiliki peran penting yakni sebagai motivator dimana mampu memberikan dorongan pada siswa untuk berfikir dan berani melakukan pemikiran secara filosofis pada pengamalan kehidupannya sehingga siswa dapat mengekspresikan pemikirannya. Selain itu, guru perlu untuk membangkitkan minat belajar yang ada pada diri siswa. Jika memiliki minat belajar, maka mereka akan terdorong untuk menyelesaikan pembelajaran. Beberapa cara untuk meningkatkan minat belajar misal dengan memberikan reward, stars maupun menyesuaikan konten belajar dengan zaman siswa. Terkadang, siswa kurang berminat dengan belajar sebab gurunya tidak mengajarkan topik yang relevan dengan fenomena sekitar sehingga siswa merasa kesulitan untuk membayangkannya sendiri. Alangkah lebih baik bila disandingkan dengan video pembelajaran.

Memberikan pujian kepada siswa juga merupakan salah satu motivasi tersirat agar siswa selalu ingin berjuang menyelesaikan apa yang sedang dipelajari.

Halaman Selanjutnya

Keenam, guru memiliki peranan penting sebagai pengelola….

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Guru Idaman dan Panutan Para Siswa, Tips dan Trik

News

Terbitkan Aturan Baru soal Implementasi Kurikulum Merdeka, Simak Penjelasannya Berikut Ini !

News

2 Masalah Pendidikan Paling Fundamental Saat Ini

News

Usul Kontrak Kerja PPPK Bakal Dihapus, Berikut Pembagian Gaji Terbaru

News

SELAMAT Besaran Gaji Pertama PPPK & Jadwal Pembayaran Gaji Pertama PPPK di Tahun 2024

News

BKN Beri Penjelasan TMT & SPMT PNS & PPPK Berbeda Setiap Daerah, Ada Pengaruhnya Dengan Gaji
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

Kompetensi Guru

Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Bersiap Jangan Lewatkan Hingga Tanggal 13 Juli 2023

News

Guru dan Kepsek Harus Tahu, Terdapaat SE Baru Platform Merdeka Mengajar