Home / News

Rabu, 18 Januari 2023 - 19:28 WIB

7 Peran Guru Profesional untuk Melahirkan Generasi Terdidik

Dibaca 228 kali

Guru merupakan salah satu pemeran utama untuk mewujudkan pendidikan dan melahirkan generasi terdidik. Hal ini dapat terjadi jika guru tersebut dapat bersikap profesional dengan tugasnya sehingga dapat dikatakan sebagai guru profesional.

Guru profesional merupakan seseorang yang menempati peran penting untuk dapat membantu siswa dalam mewujudkan cita – cita serta potensi semaksimal mungkin agar siswa menjadi pribadi yang matang dan utuh. Lantas, seperti apa langkah untuk menjadi seorang guru yang profesional?

Peran Guru dalam Pendidikan

Untuk mewujudkan pendidikan yang gemilang, seorang guru tentu perlu memahami peran yang harus dilakukan. Adapun beberapa diantaranya yakni sebagai berikut :

Pertama, guru memiliki peran sebagai sumber rujukan utama para siswa selama berada di sekolah. Oleh karena itu, idealnya para guru dapat memahami serta menguasai ilmu pengetahuan terlebih konten yang sudah diajarkan.

Kedua, guru memiliki peran untuk mengarahkan dan mengajarkan pada siswa terkait proses belajar dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu, mereka pun memiliki tugas untuk dapat mengarahkan siswa agar dapat mempersiapkan kehidupan masa depan melalui perencanana secara berkelanjutan.

Ketiga, guru memiliki peran untuk memberikan keteladanan berupa sikap disiplin, kerja keras serta tanggung jawab atas segala aktivitas yang telah dilakukan.

Keempat, guru perlu memahami bahwa perannya bukan menjadi seseorang yang mendominasi kelas, melainkan sebagai pembimbing serta fasilitator siswa manakala membutuhkan sesuatu untuk dipelajari dan perlu segera dipecahkan permasalahannya.

Kelima,  guru memiliki peran penting yakni sebagai motivator dimana mampu memberikan dorongan pada siswa untuk berfikir dan berani melakukan pemikiran secara filosofis pada pengamalan kehidupannya sehingga siswa dapat mengekspresikan pemikirannya. Selain itu, guru perlu untuk membangkitkan minat belajar yang ada pada diri siswa. Jika memiliki minat belajar, maka mereka akan terdorong untuk menyelesaikan pembelajaran. Beberapa cara untuk meningkatkan minat belajar misal dengan memberikan reward, stars maupun menyesuaikan konten belajar dengan zaman siswa. Terkadang, siswa kurang berminat dengan belajar sebab gurunya tidak mengajarkan topik yang relevan dengan fenomena sekitar sehingga siswa merasa kesulitan untuk membayangkannya sendiri. Alangkah lebih baik bila disandingkan dengan video pembelajaran.

Memberikan pujian kepada siswa juga merupakan salah satu motivasi tersirat agar siswa selalu ingin berjuang menyelesaikan apa yang sedang dipelajari.

Halaman Selanjutnya

Keenam, guru memiliki peranan penting sebagai pengelola….

Share :

Baca Juga

News

SKP Guru dan Kepsek 2024 Terbaru, Guru dan Kepsek Harus Perhatikan ini

News

Ini Alasannya, Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 3 Tahun 2023 Tidak Dibayar Full Pemerintah!

News

Cek Segera! Kriteria Tenaga Honorer Yang Masuk dan Tidak Pada CPNS 2023

News

Mengenal Program Kelas Akselerasi dalam Sistem Pendidikan di Indonesia
photo by kemdikbud.go.id

News

32 Poin Penjelasan KEMDIKBUD kepada Guru & TENDIK Honorer

News

Diserahkan Agustus! Berikut Informasi SK PPPK Kemenag Yang Diserahkan Serentak Agustus 2023

News

Peluang Menjanjikan! Berikut Daftar Formasi Guru Mata Pelajaran Terbanyak Untuk PPPK 2024

News

Penting! Kemdikbud Keluarkan Peraturan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah