Home / News

Kamis, 8 Desember 2022 - 18:49 WIB

8 Jenis Kecerdasan Majemuk Siswa yang Harus Diketahui Guru

Dibaca 642 kali

Menjadi seorang tentu saja tidak hanya berkaitan dengan melihat perkembangan akademik . Ada beberapa yang pelru dipertimbangkan seperti bagaimana perkembangan emosional dan kecerdasan spiritualnya. Oleh sebab itu, seorang wajib menenal tentang ragam kecerdasan majemuk yang terdapat dalam diri .

Selain itu, terkadang masih ada sebagian guru yang merasa bahwa ketika siswa tidak bisa mengerjakan, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa siswa terkategorikan ­slow learner.

Padahal, sebagaimana pernyataan para pakar , semua siswa itu cerdas. Pembedanya hanyalah bakat dan bagaimana soerang guru melihat potensi besar yang dimiliki siswa. Lantas bagaimana seorang guru mengetahuinya?

Setiap insan yang cinta akan dunia pendidikan pasti sebagian besar sudah mengetahui bila kecerdasan itu beragam. Hal ini sebagaimana pernyataan yang dicetuskan oleh Howard Gardner. Ia merupakan seorang profesor dari Harvard dimana megemukakan sebuah teori dalam buku yang berjudul Frames of Mind = The Theory of Multiple Intelligences.

Ia menyatakan bahwa setiap insan dapat memiliki 8 kecerdasan yang berbeda. Adapun penjelasannya yakni sebagai berikut:

1.    Kecerdasan Verbal

Kecerdasan majemuk pertama yakni kecerdasan verbal. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan berbahasa siswa. Biasanya merek akan cenderung menjadi pembicara yang aktif dan kritis menanggapi.

2.    Kecerdasan Matematis – Logis

Kecerdasan selanjutnya yakni berkaitan dengan cara siswa dalam mengolah angka, logika serta perhitungan . Biasanya mereka akan cenderung menyenangi dunia eksak.

Baca Juga:  Kemendikbud Rombak Aturan Jadwal Pencairan Sertifikasi 2024, Perhatikan Perubahannya!

Untuk merangsang agar kecerdasannya semakin meningkat, anda dapat menunjuk mereka untuk lebih sering mengerjakan tugas perhitungan serta model soal logika.

3.    Kecerdasan Visual – Spasial

Kecerdasan lainnya yakni kecerdasan yang berkaitan dengan pemikiran imajinasi siswa siswa tersebut lebih menyukai serta aktivitas yang berhubungan dengan ruang serta penggunaan warna yang memikat.

Untuk merangsangnya anda dapat membuat pembelajaran dengan template yang menarik. Selain itu, anda juga dapat meminta siswa untuk menggambar pada soal bila diperlukan.

4.    Kecerdasan Kinestetik – Jasmani

Kemudian ada juga kecerdasan yang berkaitan dengan daya kemampuan siswa untuk melakukan dan menciptakan pola gerak. Mereka akan lebih menyenangi tugas yang berkaitan dengan aktivitas fisik sebagaimana berlari maupun melakukan olahraga. Anda pun dapat menyarankan mereka untuk mengikuti klub menari untuk meningkatkan kecerdasannya.

5.    Kecerdasan Musikal

Kecerdasan lainnya yakni berkaitan dengan kemampuan siswa untuk menggunakan musik. Sebagian dari mereka mampu untuk mengenali melodi, irama bahkan menciptakan lagu. Anda dapat menyarankan mereka untuk bisa mengikuti klub musik ataupun memfasilitasi mereka dengan apa yang disukai.

6.    Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan lainnya yakni berkaitan dengan kemampuan siswa dalam memahami kondisi dirinya. Mereka mengetahui apa yang menjadi motivasi, kekuatan bahkan kelemahan yang mereka miliki. Anda dapat mengarahkan siswa tersebut untuk senantiasa membuat rencana serta membuat keputusan.

Halaman Selanjutnya

7.    Kecerdasan interpersonal…

Share :

Baca Juga

News

Berikut Jumlah Jam Mengajar Dapodik Pada Kurikulum Merdeka

News

REGULASI TERBARU PPG DALAM JABATAN 2024, ADA AFIRMASI KHUSUS GURU USIA TUA DAN PENGABDIAN LAMA

News

Memahami Program Akreditasi Perguruan Tinggi

News

Ingat! Peraturan Gaji Pensiunan Berlaku saat PP Gaji PNS 2024

News

Pensiunan PNS Dapat THR Dua Kali Lipat Sampai 4,4 Juta

News

Alhamdulillah, Tunjangan Tambahan Bagi Guru Akhirnya Resmi Dicairkan Bulan Juni 2024

News

Yuk Simak Perbedaan Komponen Silabus dan RPP, Berikut Penjelasannya!
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

RESMI Terbit Perpres Kenaikan Gaji PNS 2024, Cek Rincian Tabel Kenaikan Gaji PNS 2024 & Jadwal Rapel
Download Sertifikat Pendidikan Gratis