Menjadi seorang pengajar tentu saja tidak hanya berkaitan dengan melihat perkembangan akademik siswa. Ada beberapa yang pelru dipertimbangkan seperti bagaimana perkembangan emosional dan kecerdasan spiritualnya. Oleh sebab itu, seorang guru wajib menenal tentang ragam kecerdasan majemuk yang terdapat dalam diri peserta didik.
Selain itu, terkadang masih ada sebagian guru yang merasa bahwa ketika siswa tidak bisa mengerjakan, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa siswa terkategorikan slow learner.
Padahal, sebagaimana pernyataan para pakar pendidikan, semua siswa itu cerdas. Pembedanya hanyalah bakat dan bagaimana soerang guru melihat potensi besar yang dimiliki siswa. Lantas bagaimana seorang guru mengetahuinya?
Setiap insan yang cinta akan dunia pendidikan pasti sebagian besar sudah mengetahui bila kecerdasan itu beragam. Hal ini sebagaimana pernyataan yang dicetuskan oleh Howard Gardner. Ia merupakan seorang profesor dari Universitas Harvard dimana megemukakan sebuah teori dalam buku yang berjudul Frames of Mind = The Theory of Multiple Intelligences.
Ia menyatakan bahwa setiap insan dapat memiliki 8 kecerdasan yang berbeda. Adapun penjelasannya yakni sebagai berikut:
1. Kecerdasan Verbal
Kecerdasan majemuk pertama yakni kecerdasan verbal. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan berbahasa siswa. Biasanya merek akan cenderung menjadi pembicara yang aktif dan kritis menanggapi.
2. Kecerdasan Matematis – Logis
Kecerdasan selanjutnya yakni berkaitan dengan cara siswa dalam mengolah angka, logika serta perhitungan matematika. Biasanya mereka akan cenderung menyenangi dunia eksak.
Untuk merangsang agar kecerdasannya semakin meningkat, anda dapat menunjuk mereka untuk lebih sering mengerjakan tugas perhitungan serta model soal logika.
3. Kecerdasan Visual – Spasial
Kecerdasan lainnya yakni kecerdasan yang berkaitan dengan pemikiran imajinasi siswa siswa tersebut lebih menyukai pembelajaran serta aktivitas yang berhubungan dengan ruang serta penggunaan warna yang memikat.
Untuk merangsangnya anda dapat membuat konten pembelajaran dengan template yang menarik. Selain itu, anda juga dapat meminta siswa untuk menggambar pada soal bila diperlukan.
4. Kecerdasan Kinestetik – Jasmani
Kemudian ada juga kecerdasan yang berkaitan dengan daya kemampuan siswa untuk melakukan dan menciptakan pola gerak. Mereka akan lebih menyenangi tugas yang berkaitan dengan aktivitas fisik sebagaimana berlari maupun melakukan olahraga. Anda pun dapat menyarankan mereka untuk mengikuti klub menari untuk meningkatkan kecerdasannya.
5. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan lainnya yakni berkaitan dengan kemampuan siswa untuk menggunakan musik. Sebagian dari mereka mampu untuk mengenali melodi, irama bahkan menciptakan lagu. Anda dapat menyarankan mereka untuk bisa mengikuti klub musik ataupun memfasilitasi mereka dengan apa yang disukai.
6. Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan lainnya yakni berkaitan dengan kemampuan siswa dalam memahami kondisi dirinya. Mereka mengetahui apa yang menjadi motivasi, kekuatan bahkan kelemahan yang mereka miliki. Anda dapat mengarahkan siswa tersebut untuk senantiasa membuat rencana serta belajar membuat keputusan.
Halaman Selanjutnya