Home / News

Jumat, 15 September 2023 - 19:36 WIB

Anggaran Kemdikbud Tahun 2024 Naik, Tunjangan Guru Ikut Naik

Dibaca 6,042 kali

Alokasi anggaran untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun mendatang akan mengalami peningkatan menjadi Rp98,9 triliun, lalu apakah tunjangan guru juga akan ikut naik?

Telah diketahui peningkatan ini telah disepakati oleh Komisi X DPR RI setelah sebelumnya, pada tanggal 7 September, anggaran yang ditetapkan sebesar Rp97,7 triliun.

Nadiem Makarim selaku Menteri Kemendikbudristek, menjelaskan bahwa peningkatan anggaran sebesar Rp1,2 triliun ini merupakan hasil dari pembahasan dengan Badan Anggaran DPR RI. Terdapat tiga tujuan utama dari penambahan anggaran Kemendikbudristek ini.

Pertama, peningkatan tersebut akan digunakan untuk meningkatkan tunjangan profesi guru (TPG) dan tunjangan khusus guru (TKG) non-PNS sebesar Rp454 miliar. Selanjutnya, untuk tunjangan profesi dosen dan tunjangan kehormatan guru besar non-PNS akan meningkat sebesar Rp210 miliar.

Selain itu, peningkatan anggaran juga akan mencakup staf internal Kemendikbudristek melalui peningkatan gaji pokok dan tunjangan PNS sebesar Rp620 miliar.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, menjelaskan bahwa peningkatan anggaran ini akan memengaruhi beberapa program. Pertama, anggaran program kualitas pengajaran dan pembelajaran akan meningkat dari Rp15,8 triliun menjadi Rp16,2 triliun, yang mencakup tunjangan untuk para pendidik.

Kedua, anggaran program pendidikan tinggi akan meningkat dari Rp38,57 triliun menjadi Rp38,78 triliun, termasuk pemberian tunjangan dosen dan guru besar. Ketiga, anggaran program dukungan manajemen akan naik dari Rp20,23 triliun menjadi Rp20,85 triliun, yang mencakup peningkatan gaji dan tunjangan pegawai Kemendikbudristek.

Suharti juga menyatakan bahwa tambahan tunjangan guru berupa TPG dan TKG non-PNS tidak akan diberikan kepada semua guru, melainkan hanya kepada mereka yang sudah lulus inpassing, dengan target sekitar 160 ribu orang.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf, menganggap bahwa peningkatan anggaran dari Badan Anggaran terjadi karena ada rencana peningkatan gaji hampir seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun depan. Namun, ia menyambut baik peningkatan ini, terutama terkait dengan tunjangan guru.

Selain itu, pada tanggal 11 September 2023, Komisi X DPR RI mengungkapkan bahwa tunjangan guru ASN dengan status PNS dan PPPK akan mengalami peningkatan pada tahun 2024 berdasarkan keputusan Kemendikbudristek, dan ini mendapat apresiasi dari Komisi X DPR RI.

Selain itu Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, menyebutkan bahwa keputusan Kemendikbudristek untuk menaikkan atau menambah tunjangan guru PNS dan PPPK merupakan langkah yang positif.

Halaman Selanjutnya

Diketahui bahwa tunjangan guru PNS dan PPPK yang mengalami kenaikan atau

Share :

Baca Juga

News

Catat! Undang-Undang ASN Baru Disahkan, Apa Isinya?

News

Ditransfer Langsung ke Guru! Kemendikbud Resmikan Tunjangan Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2023

News

Sangat Mudah! Berikut Cara Mendapat NUPTK Secara Resmi, Cek Syarat dan Ketentuan Berikut

News

PP Pengangkatan Honorer Menjadi ASN Diresmikan Desember, Simak Selengkapnya

News

Materi Hari Pertama Diklat 40JP Dampak Kurikulum Merdeka

Kesiswaan

Jenis – Jenis Bakat Siswa Yang Guru Perlu Tahu

News

Penting Diketahui! Usulan DPR Ini Membuat Honorer dan PPPK Bahagia, Cek Infonya

News

Siap-Siap! Gaji PNS Naik dan Tukin Miliki Skema Baru