Home / News

Senin, 20 November 2023 - 08:50 WIB

Apakah Anda Termasuk? Tenaga Honorer dengan 3 Ciri Berikut Tidak Diberi Kesempatan Jadi PPPK

Dibaca 718 kali

Tenaga honorer adalah tenaga kerja yang diangkat oleh pejabat berwenang di lingkungan instansi pemerintahan untuk mengatasi persoalan kekurangan sumber daya manusia (SDM). Pekerja ini biasanya memiliki beban kerja hampir sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun tidak mendapatkan hak dan kesejahteraan yang layak, seperti gaji, tunjangan, jaminan sosial, dan jaminan pensiun. Oleh karena itu, banyak pekerja honorer yang berharap untuk bisa diangkat menjadi PNS atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

3 Ciri Tenaga Honorer yang Tidak Punya Kesempatan Menjadi PPPK

Tidak semua

dapat mengikuti seleksi CPNS atau PPPK yang akan dilaksanakan oleh pemerintah pada tahun 2023. Berikut ini adalah 3 ciri pekerja honorer yang tidak akan di berikan kesempatan untuk menjadi PPPK.

1.      Mencapai Batas Usia Pensiun

Usia minimum untuk menjadi CPNS atau PPPK adalah 20 tahun dan usia maksimum adalah 1 tahun sebelum batas usia pada jabatan tertentu. Batas usia pensiun untuk PNS atau PPPK adalah 58 tahun untuk golongan I dan II, 60 tahun untuk golongan III, dan 65 tahun untuk golongan IV.

Jadi, tenaga honorer yang sudah mencapai batas usia pensiun tidak akan diberi kesempatan untuk menjadi CPNS atau PPPK. Alasan pemerintah menghapus pekerja honorer yang sudah mencapai batas usia pensiun adalah untuk mempercepat proses rekrutmen pegawai baru. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mendorong pekerja honorer agar lebih bertanggung jawab dan aktif dalam menjalankan tugasnya.

2.      Terlibat Dalam Pelanggaran Disiplin

Kriteria lain yang harus dipenuhi oleh pekerja honorer agar dapat diangkat menjadi CPNS atau PPPK adalah integritas dan loyalitas terhadap negara dan pemerintah. Pekerja honorer yang terlibat dalam pelanggaran disiplin, seperti korupsi, kolusi, nepotisme, penyalahgunaan wewenang, atau tindak pidana lainnya, tidak akan diberi kesempatan untuk menjadi CPNS atau PPPK.

Alasan pemerintah menghapus pekerja honorer yang terlibat dalam pelanggaran disiplin adalah untuk menjaga kualitas dan profesionalisme SDM di sektor publik. Pemerintah tidak ingin ada pegawai yang merugikan kepentingan negara dan masyarakat karena perilaku tidak terpujinya. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk memberikan efek jera dan menegakkan hukum bagi para pelaku.

Halaman Selanjutnya

Tidak Mendapatkan Honorarium dari APBN atau APBD…

Share :

Baca Juga

News

Pantas Telat Cair! Ini Dia Pelaku Tunjangan Sertifikasi Guru Telat Cair

News

Unduh Sertifikat Worskhop 32JP Editing Video Profesional Guru Youtuber
Cara daftar Beasiswa Unggulan

News

7 Syarat Pensiunan PNS Untuk Mendapatkan Dana Pensiun 2023
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Kabar Bahagia! Akhir Tahun 2023, Menteri Sri Mulyani Bagi- Bagi Insentif, Beli Rumah Bisa Menjadi Lebih Murah!

News

Cek Sekarang! Tambahan Uang Saku PNS oleh Kemenkeu

News

Kabar Gembira! Seleksi CASN Dibuka Kembali 2024, Kebutuhan Formasi 1,3 Juta

Kompetensi Guru

Kesempatan Mendapatkan Tunjangan Sertifikasi Terbuka Lebar Bagi Guru, Simak Informasinya Sekarang!
tunjangan profesi guru

News

Penyebab Daerah Anda Belum Pencairan Tunjangan Sertifikasi Triwulan 2 dan Update Daerah Yang Telah Pencairan