Home / Media Mengajar

Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:54 WIB

Aplikasi Power Point untuk Menunjang Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif

Dibaca 558 kali

Aplikasi Power Point Aplikasi Power Point menjadi salah satu alternatif untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik. Contohnya adalah ketika sebuah pembelajaran yang membutuhkan visualisasi. Power Point merupakan media pembelajaran yang sangat membantu ketika memberikan pelajaran di kelas ataupun online.

Aplikasi yang satu ini dapat membuat paparan atau presentasi dalam bentuk slide ke slide yang dapat ditampilkan secara lebih efektif serta profesional. Aplikasi Power Point sangat bermanfaat bagi guru untuk menyampaikan materi pemebelajaran kepada peserta didik dan akan memepermudah guru sehingga materi yang disampaikan akan dengan leluasa disampaikan.

Menggunakan Aplikasi Power Point Sebagai Alat untuk Pembelajaran

Dalam aplikasi Power Point itu banyak menyediakan banyak tema yang dapat digunakan sebagai background atau latar slide presentasi. Tema ini tersedia secara gratis sampai premium yang berbayar. Sebagai seorang guru, tentunya anda dapat berkreasi dengan membuat slide semenarik mungkin dengan memberikan beberapa fitur aslinya.

Guru bisa membuat konten secara terstruktur yang akan disediakan dengan baik sesuai dengan narasi dan visual. Untuk menarik perhatian peserta didik, seorang guru tentunya harus dituntut kreatif sepeti dalam harmonisasi warna yang akan menarik perhatian sehingga tampilan slide menjadi enak untuk dilihat.

Tujuan harmonisasi tersebut untuk peserta didik bisa lebih fokus dalam melihat presentasi atau pemaparan dari guru. Guru pun dapat menggunakan berbagai media tambahan untuk membuat presentasi di Power Point. Seperti contoh, guru dapat membubuhkan foto atau video sehingga selama porses pembelajaran akan lebih menarik.

Fungsi Power Point dalam Pembuatan Materi Pelajaran

Dengan adanya foto dan video, kesan yang diberikan dalam proses prsentasi akan memberikan informasi yang lebih jelas dan detal kepada peserta didik. Fungsi dari Power Point adalah untuk membuat dan mengatur berbagai slide lalu membuat prsentasi yang menarik karena didukung oleh tampilan template, aninimasi, video audio, gambar bahkan gambar 3D yang dapat memudahkan dalam presetasi.

Manfaat dari power point adalah dapat memudahkan presentator khususnya bagi seorang pengajar (guru) dalam mempresentasikan informasi yang akan disampaikan secara teliti dan mudah dipahami. Materi yang akan dipresentasikan pun akan terlihan rapi karena disusun dengan baik yang berisikan point-point dan pokok materi yang pentingnya dapat dipresntasikan dengan lebih menarik.

Power point sebagai media pembelajaran, memliki fungsi untuk menarik minat dan perhatian peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik.  Karena, dengan adanya media power point proses belajar mengajar dapat merangsang pola pembelajaran peserta didik sehingga harapan dari proses pembuatan pembelajaran peserta didik dapat tercapai dengan hasil yang maksimal.

Demikian pemaparan aplikasi Power Point yang bisa bermanfaat besar untuk guru sebagai pengajar di Sekolah ataupun online.

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Mengenal Learning Loss dan Cara Mengatasinya

Media Mengajar

5 Aplikasi Media Pembelajaran Terbaik untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru

Edutainment

Menggunakan Kahoot untuk Penilaian Formatif Siswa, Panduan Lengkap beserta contohnya

Media Mengajar

Keterampilan Dasar yang Harus dimiliki Oleh Guru

Media Mengajar

Mengenal Media Podcast untuk Pembelajaran

Karya Inovatif

Sekolah Inklusi, Urgentsi dan Kelebihannya

Media Mengajar

Discovery Learning, Bisakah Diterapkan pada Pembelajaran Jarak Jauh?
kekurangan kurikulum merdeka

Media Mengajar

Pembelajaran Asyik dengan Model Cooperative Learning