Home / Media Mengajar / News

Kamis, 17 Februari 2022 - 20:54 WIB

Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Yang Menarik di Masa Pandemi

Dibaca 576 kali

Media pembelajaran merupakan sarana penyampaian materi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Di masa pandemi, segala sesuatu atau apapun bisa dijadikan media pembelajaran. Pendidikan merupakan jembatan bagi manusia untuk meraih pengetahuan serta sebagai modal dasar dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. pada masa pandemi covid19 ini tantangan pendidikan di era digital menjadi hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Pasalnya, semua aspek kegiatan di masa pandemi ini beralih pada dunia digital, tidak terkecuali aspek pendidikan. Proses pembelajaran di sekolah harus tetap berjalan dalam kondisi apapun. Kondisi di pandemi yang sudah berlangsung lama memaksa guru untuk terus menghasilkan kreativitas agar proses pemberian materi online tetap berjalan lancar sehingga tidak sedikit model, metode, dan media alternatif yang digunakan guru.

Peserta didik, siswa maupun mahasiswa terpaksa bertransformasi dalam menuntut ilmu secara daring. hal ini membuat mereka jenuh dan lebih memilih banyak menghabiskan waktu dalam mengeksplorasi media sosial. Melihat fenomena tersebut, tenaga pendidik harus berpikir dalam membuat inovasi pembelajaran baru untuk peserta didik agar lebih menarik lagi dalam belajar secara daring di masa pandemi. Salah satu Aplikasi yang sedang naik dan populer di masa pandemi ini yaitu aplikasi Tik Tok.

Aplikasi Tik Tok memberikan hiburan video menarik bagi para penikmatnya, Tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki gadget, terkadang anak-anak zaman sekarang pun memiliki gadget. Dalam hal ini, tidak hanya orang dewasa yang menjadi pengguna Tik Tok, tetapi anak-anak juga menjadi salah satu penggunanya. sehingga tidak sadar orang telah menghabiskan waktu dalam menggunakan aplikasi tersebut dibandingkan belajar yang lebih bermanfaat.

Dalam Aplikasi Tik Tok terdapat banyak fitur, musik dan efek yang memberikan tampilan video menjadi lebih menarik dan bagus untuk di tonton. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi tenaga pendidik menjadikan Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana penyampaian materi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Di masa pandemi, segala sesuatu atau apapun bisa dijadikan media pembelajaran.

Dengan menggunakan Tik Tok sebagai media pembelajaran, bisa memberikan manfaatkan sebagai penyampaian materi oleh tenaga pendidik yang dirasa susah dipahami oleh peserta didik, jika menggunakan Tik Tok lebih mudah dipahami dikarenakan orang lebih suka melihat sesuatu dalam bentuk video. ditambah fitur Tik Tok yang banyak dan mengikut trend zaman anak sekarang, menjadikan hal ini tidak membuat peserta didik menjadi bosan. Dengan hal ini dapat dikatakan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Tik Tok sangat menarik untuk diterapkan kepada peserta didik di masa pandemi.

Selain itu bisa juga dijadikan media pembuatan tugas dengan menggunakan aplikasi Tik Tok oleh peserta didik. hal ini berdampak positif untuk berpikir kreatif dan inovasi masing masing setiap individu yang dituangkan lewat video namun di dalamnya masih terdapat pengetahuan pendidikan. meski pada awalnya aplikasi Tik Tok ini dianggap banyak memberikan dampak yang negatif.

Beberapa tahun sebelumnya sempat diblokir oleh pemerintah Indonesia karena dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi pengguna di bawah umur, namun kini bisa digunakan kembali secara bebas. Seiring berjalannya waktu banyak kreator yang kreatif dan edukatif memanfaatkan aplikasi penikmat semua usia ini menjadi sesuatu yang mempunyai dampak yang positif bagi para penggunanya.

Saat ini aplikasi Tik Tok bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk meningkatkan konten pendidikan melalui program #Sama Sama Belajar. positif edukatif, agar Tik Tok bisa dibanjiri postingan yang positif. Adanya media aplikasi Tik Tok membuat siswa maupun mahasiswa melupakan aktivitas di sekitarnya dan lebih fokus menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.

Share :

Baca Juga

News

Setelah Gaji PNS Diumumkan Naik, Gaji PPPK Akan Ikut Naik?
Tunjangan Pegawai Pemerintah

News

Info Magang di Kementerian Pendidikan, Segera Daftar sebelum Ditutup

News

Segera Cek,  ASN Baru & Lama Wajib Verifikasi NIK & KK

News

Wajib Tau! Isi Perjanjian Kerja PPPK: Kontrak, Usia Pensiun, dan Perpanjang

News

Hore! Seleksi CPNS dan PPPK Akan Dibuka 3 Bulan Sekali
photo by kemdikbud.go.id

News

Anggaran Pendidikan dalam RAPBN 2024 Melonjak Naik!  Kebijakan Baru Apa yang Akan Ada di Tahun 2024?

News

Tunjangan Khusus Guru Diperluas, Berikut Syarat, Tahap dan Jadwal Pencairannya

News

Kemdikbud Minta Siswa Jenjang SD-SMA Lakukan Ini, Sebelum 31 Juli