Home / Kesiswaan / News

Kamis, 24 Maret 2022 - 20:12 WIB

Bagaimana Optimalisasi Peran Sekolah Inklusi? Begini Caranya!

Dibaca 1,113 kali

Sekolah inklusi – Ada beberapa sistem pendukung yang diperlukan guna memperlancar model pendidikan inklusif :

  1. Sekolah ramah (welcoming school) dan Guru yang ramah (welcoming teacher)

Sekolah yang ramah terhadap anak merupakan sekolah yang mana semua anak memiliki hak untuk belajar mengembangkan semua potensi yang dimilikinya secara optimal di dalam lingkungan yang nyaman dan terbuka.

Menjadi “ramah” apabila keterlibatan dan partisipasi semua pihak dalam pembelajaran tercipta secara alami dengan baik. Sekolah bukan hanya tempat anak belajar, tetapi guru pun juga ikut belajar dari keberagaman anak didiknya.

Lingkungan pembelajaran yang ramah berarti: a) Anak dan guru belajar bersama sebagai suatu . b) Menempatkan anak sebagai pusat pembelajaran, c) Mendorong partisipasi aktif anak dalam belajar, dan d) guru memiliki minat untuk memberikan layanan pendidikan yang terbaik.

  1. Pusat Sumber Daya (Resources Center)

Pelayanan pembelajaran pada sekolah dan guru ramah akan berjalan semakin mulus apabila didukung oleh pusat sumber (resources center) yang dapat membantu memberikan bantuan teknis kepada sekolah inklusif.

Tugas dan fungsi pusat sumber adalah menyediakan guru pendidikan kebutuhan khusus yang profesional yang disebut sebagai guru kunjung (iteneran teacher).

Tugas guru kunjung membantu reguler dalam membantu melakukan dan merancang pembelajaran serta memberikan layanan pendidikan kepada . Selain itu resources center mempunyai tugas menyediakan alat/ yang diperlukan anak berkebutuhan khusus.

  1. Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana pendidikan inklusif adalah perangkat keras maupun perangkat lunak yang dipergunakan untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan pendidikan inklusif pada satuan pendidikan tertentu.

Nyatanya semua sarana dan prasarana pendidikan pada satuan pendidikan tertentu dapat dipergunakan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif, tetapi untuk mengoptimalkan proses pembelajaran perlu dilengkapi aksesibilitas bagi kelancaran mobilisasi anak berkebutuhan khusus.

  1. Dukungan Orangtua
Baca Juga:  5 Peran Guru BK di Sekolah yang Penting untuk Diketahui

Dukungan orangtua dan kerjasama dengan sekolah sangat diperlukan dalam melayani kebutuhan belajar anak di sekolah dalam upaya optimalisasi potensi anak, kerjasama yang erat antara orangtua dan guru dapat menghasilkan terbaik dalam melayani kebutuhan belajar anak di sekolah.

Keterlibatan orangtua secara aktif terhadap pendidikan anak di sekolah, sangat penting dalam kaitannya dengan negosiasi dalam mencari solusi berkenaan dengan pendidikan anak, baik di sekolah maupun di rumah.

Lalu, Kompetensi seperti apa yang harus dimiliki sebagai seorang pendidik ?

  1. a) Memahami visi, misi dan tujuan pendidikan inklusif, b) Memahami dan terampil mengenali karakteristik anak, c) Mampu dan terampil melaksanakan asesmen, diagnosis dan evaluasi bidang pendidikan dan pengajaran, d) Memahami, menguasai isi materi, dan terampil praktik mengajar, e) Memahami dan terampil menyusun perencanaan dan pengelolaan pembelajaran, f) terampil dalam pengelolaan perilaku dan interaksi sosial siswa, dan g) Mampu mengadakan komunikasi dan kemitraan kolaborasi.

Dan, Bagaimana Cara Pelaksanaannya

Kita bisa melakukannya dengan kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM). Kegiatan ini mempunyai 5 target yang dapat kita terapkan, yaitu:

Mengajak kedua mitra sebagai fasilitator dan motivator sekolah- lainnya sehingga

  • Guru dapat mengetahui tingkat kebutuhan ABK terutama di bidang penanganan kesehatan
  • Setelah mengikuti pelatihan, setiap peserta (guru) dapat memahami bagaimana menjadi guru yang ramah (welcoming teacher) di sekolah inklusi
  • Guru dapat melakukan deteksi awal terhadap tumbuh kembang anak didiknya
  • Guru dapat merancang pembelajaran
  • lebih mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan .

Jadi, kesemua target di atas pada akhirnya akan meningkatkan peran Sekolah Inklusi dalam memberikan layanan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

 

Sumber informasi :

https://media.neliti.com/media/publications/53047-ID-optimalisasi-peran-sekolah-inklusi.pdf

Share :

Baca Juga

News

8 Kode Info GTK Untuk Tunjangan Sertifikasi

News

Isi DRH Selesai, Berikut Waktu Penyerahan SK PPPK Dan Ketentuan Gajian Pertamanya

News

Penting! Kemdikbud Resmi Rilis Rapor Pendidikan 2024

News

Penting untuk Guru Sertifikasi,  Memeriksa Data di Dapodik untuk Pencairan TPG 2024

News

Cara Mudah Cek Data Guru Honorer di Database BKN  2024

News

Semua Guru Sertifikasi TK,SD,SMP,SMA Usia 50 Tahun Keatas Pasti Full Senyum Dengan Kebijakan Baru

News

Guru Sertifikasi Wajib Tahu 8 Kode Info GTK 2023

News

RESMI Surat Edaran Penempatan PPPK, Penentuan TMT Mulai Bekerja dan Masa Perjanjian Kerja PPPK 2023
Download Sertifikat Pendidikan Gratis