Home / News

Rabu, 15 Mei 2024 - 15:03 WIB

Beasiswa Kemenag untuk Lulusan Madrasah Aliyah ke Maroko, Begini Cara Daftarnya

Dibaca 28 kali

Kementerian Agama kembali membuka lowongan beasiswa untuk siswa lulusan Madrasah Aliyah atau yang sederajat ke beberapa universitas yang ada di negara Maroko. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Agama.

Pendaftaran beasiswa tersebut akan dibuka mulai tanggal 13-20 Mei 2024. Ketika kabar ini dirilis masih ada cukup waktu untuk mendaftar program tersebut.

Bagi yang berminat cara mendaftarnya sangat mudah, tinggal mengunduh aplikasi yang disediakan oleh Kemenag yaitu melalui aplikasi Pusaka Kemenag yang dapat didownload melalui Google Play atau PlayStore, demikian dikutip dari laman resmi Kementerian Agama.

Program studi ke Maroko ini merupakan program tahunan yang diberikan untuk Indonesia melalui Kementerian Agama. Dan untuk tahun ini diberikan kuota sebanyak 50 mahasiswa.

Bagi Anda atau siswa lulusan Madrasah Aliyah atau yang sederajat dapat mengikuti program tersebut. Diharapkan agar segera mendaftar agar tidak kehabisan kuota. Nantinya seleksi atau tes akan dilakukan di Konsorsium Pusat Bahasa PTKI Negeri.

Terdapat beberapa proses seleksi yang akan dilewati oleh calon peserta beasiswa tersebut. yang pertama adalah seleksi dokumen. Kemudian verifikasi dokumen dan hasilnya akan dilakukan pada tanggal 21 Mei 2024 yang akan datang.

Untuk melakukan pendaftaran akan dipungut biaya yang kemungkinan besar tidak akan memberatkan calon peserta. Jumlahnya dapat dilihat di aplikasi Pusaka Kemenag yang sudah didownload.

Kemudian memasuki tahap tes terdapat dua tahapan. Yang pertama adalah tes kemampuan bahasa Arab melalui sistem CBT Online. Di mana tes ini bisa dilakukan secara online dari rumah masing-masing peserta. Tes ini akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2024.

Hasilnya akan disampaikan pada 4 Juni 2024 yang juga dapat dipantau melalui aplikasi Pusaka Kemenag.

Bagi yang lolos akan mengikuti seleksi kedua yaitu wawancara. Tahap kedua ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Juni 2024. Informasi lebih lanjut tentang wawancara ini akan disampaikan di kemudian hari.

Yang pasti, seluruh proses seleksi akan dilaksanakan secara transparan dan dipastikan tidak akan ada kecurangan dalam penerimaannya.

Dan hasil akhir secara keseluruhan akan diumumkan pada 13 Juni 2024 mendatang.

Halaman Berikutnya

Berikut ini adalah daftar kampus untuk lokasi PTKIN….

Share :

Baca Juga

News

Triwulan 2 Cair! Berikut Informasi Tunjangan Sertifikasi Guru yang Cair Bulan Juli 2023

News

Ini Dia Aturan Baru Tahun 2024 Usia PNS dan PPPK

News

Ternyata Segini Besaran TPP Pemda dan Pemprov Di Tahun 2024!

News

Wajib Dilakukan! Guru Penerima Tunjangan Sertifikasi Lakukan Ini Agar Cair

News

SAH! Gaji PNS Naik 8 Persen dan Pensiunan 12 Persen
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Informasi Terbaru Seputar PPG Dalam Jabatan 2023

News

Alasan Seorang Guru Wajib Meng-upgrade Diri Dalam Mengajar

Kesiswaan

Mengenal Model Pembelajaran STAD