Home / News

Minggu, 24 September 2023 - 19:34 WIB

Bersiap! Kemenag Akan Umumkan Hasil Uji Pengetahuan PPG 2023

Dibaca 3,521 kali

Akhirnya, kabar tentang hasil Uji Pengetahuan PPG 2023 segera diterbitkan, dan Kementerian Agama (Kemenag) berencana mengumumkannya pada awal bulan Oktober yang akan datang.

Jadi, kapan persisnya pengumuman hasil Uji Pengetahuan PPG 2023 ini akan dilakukan? Mari kita simak penjelasannya yang dilansir dari situs resmi kemenag.go.id.

Kementerian Agama, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, hampir menyelesaikan proses penilaian hasil Uji Pengetahuan Pendidikan Profesi Guru 2023.

Menurut Ahmad Zainul Hamdi, yang menjabat sebagai Direktur Perguruan Tinggi Islam (Diktis) di Ditjen Pendidikan Islam, hasil UP PPG akan diumumkan dalam waktu dekat, yaitu awal bulan Oktober 2023.

Sebelumnya, ujian ini telah diadakan secara online dan pusatnya ada di 10 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang berbeda.

Uji Pengetahuan PPG tahun ini diadakan pada tanggal 9 September 2023 lalu yang diikuti oleh total sebanyak 16.717 guru. Proses ujian ini dilaksanakan dalam format daring dan dilakukan secara serentak di 10 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang berbeda.

Jumlah peserta Uji Pengetahuan PPG mencapai sekitar 7.660 guru madrasah, 8.087 guru PAI di Sekolah, 385 guru Bimas Kristen, 566 guru Bimas Katolik, 16 guru Bimas Hindu, dan 3 guru Bimas Buddha.

Ahmad Zainul Hamdi menekankan bahwa proses pengecekan hasil UP PPG hampir rampung dan diharapkan bisa diumumkan pada awal Oktober 2023.

Dia juga menyoroti komitmen Kemenag dalam menjalankan program Pendidikan Profesi Guru ini dengan standar profesionalisme dan akuntabilitas yang tinggi.

Uji Pengetahuan PPG memainkan peran penting dalam meningkatkan kapasitas guru dan mengevaluasi pemahaman pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan kompetensi peserta PPG secara menyeluruh.

Program ini juga menyambut guru-guru dengan kebutuhan khusus, dengan menyediakan mekanisme yang memperhatikan guru tunanetra.

Saat ini, pihak berwenang sedang mengevaluasi setiap soal UP PPG untuk memastikan reliabilitas dan validitasnya, terutama bagi guru-guru dengan kebutuhan khusus, Eks PLPG, dan Retaker. Evaluasi ini terus ditingkatkan untuk perbaikan di masa depan.

Pertanyaan tentang Ujian Praktik Pengalaman Lapangan (UP PPG) dianggap telah memperhitungkan dengan baik aspek penilaian yang adil, terutama untuk guru-guru yang memiliki kebutuhan khusus, peserta Eks Program Layanan Pembelajaran dan Pembimbingan Gur (PLPG), dan peserta Retaker.

Sementara itu, Mustofa Fahmi, Sekretaris Panitia Nasional PPG Kementerian Agama, melaporkan bahwa soal Uji Pengetahuan PPG Periode I Tahun 2023 telah dinilai dengan baik.

Halaman Selanjutnya

Meskipun masih ada beberapa kekurangan, seperti penggunaan bahasa

Share :

Baca Juga

News

Menjadi Pertimbangan Penilaian Kepala Sekolah, Ini 21 Daftar Tugas Tambahan Yang Berlaku!

News

Gratis Biaya Kuliah, Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News

Info Terupdate! Tanggal Seleksi Akademik Berubah Jadi tanggal Segini, Berikut Informasinya

News

Wajib Tau! Berikut Daftar Gaji PNS Golongan I-IV 2023
Cara daftar Beasiswa Unggulan

News

TPG Triwulan II Sebentar Lagi Cair, Guru Wajib Perhatikan Ini
perbedaan best practice dengan ptk

News

4 Hal Yang Buat Masa Kontrak PPPK Dilakukan Perpanjangan

News

Skema Baru Tunjangan Kinerja PNS, Simak Rumus Perhitungannya

News

Nyatanya Pengelolaan Kinejra di PMM Tidak Merepotkan Guru, Namun Ada Beberapa Keuntungannya Bagi Guru