Home / Kesiswaan

Kamis, 11 Agustus 2022 - 07:43 WIB

Bimbingan Rohani pada Anak Sejak Dini

Dibaca 381 kali

Bimbingan Rohani – Ketika anak sudah lahir ke dunia dan sudah beranjak usia dini banyak sekali ilmu yang harus diperoleh salah satunya yakni dengan mendalami ilmu agama. Apalagi saat ini banyak sekali beberapa masalah hidup yang tidak kunjung ada ujung permasalahannya.

Sebagai orang dewasa, kita saja sering kali ingin menyerah dengan permasalahan hidup yang ada serta selalu mengalami putus asa yang begitu dalam. Berbagai permasalahan yang dialami oleh setiap orang selalu berkaitan dengan percaya dirinya yang mengakibatkan seolah-olah dirinya tidak memiliki siapa-siapa.

Umumnya untuk bimbingan rohani akan didapatkan dari keluarga untuk pertama kalinya. Dalam penerapan tersebut bimbingan rohani tidak harus dilakukan secara formal dan tertata. Anda bisa melakukan sambil berbincang dengan keluarga yang sedang berkumpul.

Perbincangan yang biasanya terjadi saat bimbingan rohani yakni berupa sebuah renungan dengan membaca ayat suci yang berada di dalam kitab suci agama nya. Kemudian jika anggota keluarga yang sedang berkumpul akan saling melakukan diskusi dengan berbagi informasi mengenai pemahaman yang telah mereka miliki.

Baca Juga: Public Speaking for Teachers: Jadi Guru Zaman Now!

Manfaat Melakukan Bimbingan Rohani pada Anak

Menumbuhkan pribadi yang baik pada anak

Tidak ada agama yang menyesatkan seseorang. Karena umumnya setiap agama pasti selalu mengajarkan dan menanamkan kebaikan. Dengan adanya mempelajari ilmu agama serta rajin mengukuti bimbingan rohani secara otomatis kepribadian dari seseorang akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga:  Program Sekolah yang Harus Diketahui oleh Orang Tua Murid

Seperti contoh, sopan santun yang lebih tertata dan menghargai serta menghormati orang yang lebih tua dan tidak memandang rendah orang yang ada di bawah kita. Nantinya seseorang kan lebih bersikap lebih baik dan berfikir, seseorang tersebut akan menjadi pemaaf dan tidak menaruh dendam pada siapapun.

Menghindari dosa

Jika seseorang keimanannya mulai goyah berarti ada setan yang sedang muncul lalu akan memicu keraguan serta membisikan kepada setiap manusia untuk selalu berbuat dosa serta melakukan kelakuan jahat. Jika anak telah diajarkan serta melakukan bimbingan rohani sejak dini, maka mereka akan terhidar dari segala dosa.

Ketika anak selalu mengikuti bimbingan rohani maka mereka dengan sendirinya akan tahu larangan apa saja yang dapat menjatuhkan mereka ke dalam jurang dosa. Karena perbuatan dosa hanya akan mengarahkan mereka ke dalam rasa penyesalan yang akan berujung pada kesesatan dan menuju ke neraka.

Baca Juga: Guru Wajib Tahu Apa Itu PAK, Berikut Detailnya

Selalu mengingat dan mengandalkan Tuhan

Manusia selalu merasa lupa jika sudah berurusan dnegan yang namanya ibadah. melakukan ibadah bukan hanya pergi ke tempat suci saja namun juga seperti melakukan doa serta menghabiskan waktu untuk membaca kitab suci dan melakukan bimbingan rohani dengan temannya. Sehingga bisa disimpulkan bahsa waat ini mausia sudah memiliki berbagai batasan yang cukup jauh dengan Tuhan. Hal ini juga antinya dapat diterka dari seseorang dalam meningkatkan perbuatan dan tindakan.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Tata Cara Membuat Profil Sekolah yang Menarik

Kesiswaan

LKPD: Tujuan, Fungsi, dan Prosedur Penyusunannya

Kesiswaan

SEGERA! Cek dan Daftar BLT Anak Sekolah 2022

Kesiswaan

Peran Guru Mengatasi Bullying yang Terjadi di Sekolah

Kesiswaan

Bagaimana Optimalisasi Peran Sekolah Inklusi? Begini Caranya!

Kesiswaan

Catat! Aturan Baru Seragam Sekolah Berdasarkan Permendikbud

Kesiswaan

Efektivitas Penggunaan Komik sebagai Media Pembelajaran

Kesiswaan

Karakter Siswa Eligible untuk Lolos SNMPTN
Download Sertifikat Pendidikan Gratis