Home / News

Minggu, 9 Oktober 2022 - 08:00 WIB

Cara Membuat Perencanaan Berbasis Data di Rapor Pendidikan

Dibaca 2,018 kali

PBD Rapor PendidikanPerencanaan Berbasis Data merupakan salah satu siklus perencanaan yang berkelanjutan dan terintegrasi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui live stream pada media sosialnya dalam kesempatan Silaturahmi Merdeka Belajar dengan topik “Mewujudkan Pendidikan Berkualitas melalui Perencanaan Berbasis Data”.

Dalam kesempatan tersebut, Winner Jihad Akbar yang merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Sekolah Menengah Atas Kemendikbud Ristek menyampaikan bahwa Rapor Pendidikan dapat menjadi acuan untuk identifikasi hingga pembenahan masalah pendidikan.

Program ini juga secara gamblang juga dijadikan sebagai upaya Kemendikbud Ristek untuk meningkatkan mutu pendiidkan dengan memotret proses dan hasil belajar di seluruh satuan pendidikan terkait.

Hasil asesmen dan survei nasional tersebut nantinya akan dituangkan dalam Rapor Pendidikan. Kemudian, terdapat 6 langkah yang bisa dilakukan sekolah atau satuan pendidikan dalam menyukseskan PBD ini, yaitu:

  • Melakukan Analisis Profil Pendidikan.
  • Analisis Akar Masalah.
  • Penyusunan Rumusan Program dan Kegiatan.
  • Input data rumusan program dan kegiatan dalam dokumen Perencanaan dan Penganggaran. Terdiri dari jangka menengah, tahunan, hingga anggaran.
  • Dijadikan Acuan Pelaksanaan Kegiatan
  • Monitoring dan Evaluasi

Perencanaan Berbasis Data ini digunakan untuk mencapai pembelajaran berdasarkan data dan fakta, bukan sekedar bisikan tidak jelas atau abstrak atas sesuatu yang tidak dipahami.

“Keenamnya kembali pada poin pertama yaitu berkaitan dengan analisis profil pendidikan,” ucap Winner seperti dikutip dari kompas.com

Lebih sederhana lagi, langkah-langkah yang sesuai dengan data di Rapor Pendidikan bisa disederhanakan menjadi tiga poin, yaitu:

  1. Identifikasi permasalahan-permasalahan yang ada
  2. Refleksi akar masalah
  3. Pembenahan sesuai dengan akar masalah dengan kegiatan relevan dan masukan di rencana kerja tahunan.

Inilah perwujudan dari PBD yang dimaksud dalam aplikasi Rapor Pendidikan oleh Kemendikbud Ristek. PBD juga sudah dapat diakses oleh pendidik di seluruh Indonesia selama sudah menggunakan akun belajar.id.

Harapannya, PBD ini menjadikan seluruh dokumen perencanaan menjadi ideal dan tentunya sesuai dengan format yang disepakati. Apalagi sudah berfokus pada akar masalah dan direncanakan dengan otomasi maksimal.

Dari segi pembelajaran juga tentunya, Kemendikbud Ristek berharap Perencanaan Berbasis Data ini berdampak pada transformasi pendidikan untuk siswa, menghasilkan lingkungan belajar yang nyaman, aman, dan inklusif. Termasuk diantaranya adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik sesuai dengan prinsip Profil Pelajar Pancasila.

Halaman Selanjutnya

PBD dalam Profil Pelajar Pancasila

Share :

Baca Juga

News

Afirmasi Khusus Guru Non ASN Masa Kerja 10 Tahun, Ini Penjelasan Kemdikbud

News

Kenali 5 Produk Platform Merdeka Mengajar, Bantu Guru Tingkatkan Kompetensi

News

Bersiap Jadwal Pencairan THR PNS Tahun 2024, Beserta Kenaikan Gaji 8% & 12% PNS & Pensiunan Cair Tanggal Ini

Metode Pembelajaran

Inilah Alasan Guru Harus Terus Belajar Walau Sedang Mengajar

News

Pegawai ASN Berkinerja Buruk Dapat Sanksi Berat Pada UU ASN 2023

Kompetensi Guru

Kesempatan Mendapatkan Tunjangan Sertifikasi Terbuka Lebar Bagi Guru, Simak Informasinya Sekarang!

News

Pengisian Pengelolaan Kinerja di Aplikasi PMM Ternyata Ada Pengaruhnya Terhadap Tunjangan Guru!

News

Honorer Terverifikasi BKN Siap Terima NIP Tahun 2024, Bagaimana Nasib Yang Tidak Terdaftar?