Home / Karya Inovatif

Kamis, 17 Februari 2022 - 13:52 WIB

Cara Membuat Profil Sekolah

Dibaca 2,078 kali

Profil Sekolah – Dalam rangka memperkenalkan sekolah kepada masyarakat, keberadaan profil sekolah menjadi sangat penting. Pembuatan ini akan menjadi salah satu strategi sekolah dalam menjangkau dan mendapatkan siswa baru setiap tahunnya.

Untuk itu, perlu dibuat yang menarik, baik itu sekolah dengan tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA maupun SMK, negeri maupun swasta, serta madrasah baik MI, MTs dan MA.

Sebuah lembaga pendidikan memang sudah waktunya memiliki sistem informasi yang berfungsi untuk menyajikan profil sekolahan.

Dalam membuat terdapat beberapa elemen yang wajib disertakan. Elemen tersebut termasuk identitas sekolahan, daftar guru, jumlah murid, dan lain sebagainya. Semua elemen tersebut akan dibahas dalam artikel ini.

Pengertian : Profil sekolah adalah data sekolah berupa nama, alamat, kota, tanggal berdirinya, no kontak, dan lain-lain. Serta dapat memuat sejarah pendirian sekolah dan perkembangannya hingga saat ini.

Informasi lain yang disertakan dapat berupa profil kepala sekolah, guru, murid dan sebagainya termasuk sarpras dan kegiatan sekolah.

Lalu elemen apa saja yang perlu terlampir dalam platform sistem informasi profil sekolah. Berikut ini akan kami paparkan data sekolah apa saja yang perlu disajikan kepada masyarakat umum.

Secara sederhana, format profil sekolah dapat menampilkan informasi sebagai berikut ini:

Identitas Sekolah

Identitas sekolah yang harus disertakan sebaiknya menyebutkan nama sekolahan dengan jelas, alamat, nomor telepon, email, NPSN, dan nama kepala sekolah. Jika dibuat versi webnya maka dapat ditambah dengan gmap lokasi sekolah.

Dengan menampilkan data-data tersebut, maka masyarakat akan lebih mudah untuk menghubungi atau menjangkau instansi sekolah jika membutuhkan informasi lebih lanjut. Terutama bagi calon siswa baru yang ingin mendaftarkan diri.

Dengan demikian, mereka akan mengetahui alamat sekolah kemudian dapat menghubungi pihak sekolah tanpa harus keluar rumah.

Penetapkan letak geografis dengan bantuan Google Maps akan membantu orang yang belum tahu alamat sekolah sehingga dapat melacak dengan mudah menggunakan navigator pada perangkat selulernya masing-masing.

Visi dan Misi Sekolah

Visi dan misi sekolah juga harus dicantumkan. Hal itu akan memudahkan masyarakat dalam mengetahui arah pendidikan di sekolah tersebut. Sehingga calon murid baru bisa mengetahui apakah sekolah tersebut akan cocok atau tidak untuk masa depannya.

Selain itu calon murid baru dan orang tuanya bisa mengetahui apakah sekolah tersebut sesai dengan harapan dan keinginan mereka.

Kurikulum

Penampilan Kurikulum dalam sebuah profil sekolah juga merupakan hal penting. Dengan demikian, masyarakat bisa mengetahui sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah tersebut.

Program-program unggulan yang tidak terdapat di sekolah lainnya juga dapat ditampilkan dalam profil sekolah sebagai pembeda dan nilai lebih bagi sekolah.

Kurikulum juga perlu ditampilkan dalam sebuah profil sekolahan. Dengan begitu, masyarakat bisa tahu model pendidikan yang akan diterapkan di sekolah tersebut. Program-program unggulan yang tidak terdapat di sekolah lainnya juga ditampilkan dalam profil.

Guru dan Staf

Guru dan staf adalah elemen penting dalam sebuah instansi pendidikan. Jajaran guru dan staf inilah yang bertanggung jawab penuh terhadap kesuksesan pendidikan di sekolah. Pencantuman profil guru dan staf akan memberikan gambaran kepada calon peserta didik terhadap kapabilitas para pengajar maupun pengelola sekolah.

Keberadaan guru-guru yang berkualitas akan membuat wali murid tidak ragu ketika akan memilih lembaga pendidikan untuk anaknya. Oleh sebab itu, setiap profil guru juga perlu ditampilkan dalam sebuah profil sekolahan.

Guru-guru yang berkualitas akan membuat wali murid tidak ragu ketika memilih lembaga pendidikan untuk anaknya.

Data Siswa

Profil sekolah berbasis Teknologi Informasi (TI) juga dapat digunakan untuk membangun database siswa dan alumni secara lebih baik.

Data siswa ini juga perlu ditampilkan karena akan menjadi bukti bahwa sekolah yang bersangkutan telah menjalankan dengan sukses kegiatan pendidikannya di sekolah sekaligus menjadi tanda dipercayanya sekolah kepada banyak siswa. Dapat menampilkan siswa yang berprestasi agar menjadi daya tarik bagi calon siswa baru.Dan siswa yang berprestasi juga perlu ditampilkan agar menjadi daya tarik bagi calon siswa baru.

Bangunan Sekolah atau Sarana dan Prasarana Sekolah

Penampilan Sarana dan Prasarana pada profil sekolah dapat menjadi pertimbangan tersendiri. Sebab keberadaan sarana sekolah yang memadahi dapat menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat untuk mendaftarkan putra atau putri mereka.

Visual bangunan sekolah terkadang juga penting untuk ditampilkan. Sebab bangunan sekolahan yang bagus bisa menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat.

Selain pembuatan profil sekolah secara mandiri, pada aplikasi dapodik juga tersedia data. Data profil sekolah pada aplikasi dapodik ini dapat diperbarui dan diunduh oleh sekolah, sehingga profil sekolah di dapodik merupakan profil yang up to date.

Profil Sekolah di Dapodik

Edit Profil Sekolah di Dapodik

Untuk cara edit di aplikasi dapodik, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Identitas Sekolah

Perubahan pada identitas sekolah dapat dilakukan pada halaman web http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id menggunakan akun yang telah didaftarkan melalui halaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id. Untuk melakukan perubahan ini bisa berkoordinasi dengan dinas pendidikan Provinsi, Kota, maupun Kabupaten, sebab khusus untuk beberapa perubahan, hanya bisa dilakukan oleh dinas pendidikan terkait.

Lokasi Sekolah

Pada aplikasi versi 2020 terdapat beberapa perubahan. Khususnya pada bagian pengisian titik koordinat sekolah, yang sebelumnya dilakukan pada aplikasi itu sendiri menjadi perubahan pada halaman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id yang sudah didaftarkan pada halaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

Data Administrasi Sekolah

Untuk menampilkan pilihan Kebutuhan Khusus dilayani harus menginputkan terlebih dahulu Program Inklusi yang berada di Data Rinci Sekolah dan tekan tombol F5. Untuk perubahan SK pendirian sekolah dan SK Izin operasional sekolah dilakukan pada laman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

No Rekening BOS

Pada bagian Nomor Rekening BOS pastikan sudah mencantumkan No Rekening yang benar dan masih aktif. Sebab hal ini akan dipakai untuk penyaluran Dana BOS, maka penting untuk memastikan pengisian dengan benar.

Kontak Sekolah

Sekolah diwajibkan mencantumkan informasi yang valid terkait dengan No. Telpon dan alamat email yang digunakan. Karena hal tersebut berkaitan dengan pendistribusian informasi yang biasa diberikan apakah akan melalui saluran telpon ataupun email.

Unduh profil sekolah di dapodik

Adapun cara download di dapodik dapat dilakukan dengan 2 cara. Berikut ini langkah-langkah mengunduh profil sekolah:

Download profil sekolah dengan aplikasi dapodik secara offline

Cara ini dapat anda lakukan tanpa menggunakan jaringan internet. Berikut ini langkah-langkah mendownload di dapodik:

  1. Buka aplikasi dapodik
  2. Klik menu Pusat Unduhan
  3. Pilih Manajemen lalu klik Unduh pada menu pilihan profil sekolah
  4. Selesai

Download profil sekolah dengan apliasi dapodik secara online

Untuk cara yang kedua, anda hanya dapat melakukannya jika terhubung dengan jaringan internet. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Misal admin akan mendownload profil SDN Karangpucung 03. Buka www.google.com. lalu ketikkan “data pokok SDN Karangpucung 03”. Catatan: anda dapat mengganti pencarian dengan nama sekolah lain seperti SDN, SMPN, SMKN dan lain-lain sesuai kebutuhan.
  2. Setelah muncul hasil pencarian google seperti gambar di atas, silahkan klik judul “Data Pokok SDN Karangpucung 03” pada tampilan google.
  3. Tunggu hingga halaman baru tertampil, lalu silahkan klik Unduh Profil seperti gambar di atas.
  4. Selesai

Sekian dari penulis semoga tulisan ini bermanfaat untuk semua pihak.

 

 

Penulis : Galih Pambudi

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Materi Hari Kelima Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

Karya Inovatif

Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Karya Inovatif

Jenis Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru

Karya Inovatif

Daftar Workshop gratis! E-learning Video Pembelajaran dengan OBS Studio
tatap muka terbatas

Karya Inovatif

Tatap Muka Terbatas Anti Boring Dengan Google Workspace For Edu

Karya Inovatif

Cara Mudah Membuat Dan Mengelola LKPD

Karya Inovatif

Materi hari ketiga Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

Karya Inovatif

Materi Hari Keempat Diklat 40JP Dampak Kurikulum Merdeka