Home / News

Kamis, 15 Desember 2022 - 18:28 WIB

Cara Mengoptimalkan Teknologi dalam Pembelajaran Era Kurikulum Merdeka

Dibaca 265 kali

Mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran di era Kurikulum Merdeka perlu dilakukan oleh guru. Dengan begitu, maka pembelajaran akan lebih optimal.

Pembelajaran Kurikulum Merdeka sendiri sudah mulai digalakan. Menjelang pembelajaran periode 2022/2023, beberapa sekolah sudah melazimi penerapan P5 bahkan sampai penggunaan masifnya teknologi sebagai dampak dari pemaknaan Kurikulum Merdeka.

Sejatinya, kurikulum tersebut mengajarkan pada lembaga dan sekolah untuk dapat memerdekakan tenaga kependidikan utamanya guru dan siswa. Salah satu hal yang menjadi dampak positif dari penerapan Kurikulum Merdeka yakni masifnya penggunaan teknologi.

Hal ini penting mengingat teknologi bukanlah kebutuhan tersier melainkan hal sekunder yang dapat menjadi pendukung dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan era modern. Maka untuk mewujudkan hal tersebut, tak heran bila dalam persyaratan Kurikulum Merdeka, pembelajaran informatika perlu diadakan.

Hal ini agar siswa mendapat bekal yang cukup untuk penggunaan teknologi secara bijak. Bayangkan saja, canggihnya teknologi memang dinilai baik. Hanya saja, bila tidak menumbuhkan filter alami dalam diri siswa, tentu akan berakibat buruk. Segala informasi tak penting dan bernilai keburukan malah bisa menjadi hal yang menodai pemikiran calon generasi peradaban.

Peran IT Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran

Beberapa tahun terakhir, kehadiran IT berperan penting dalam mendukung kegiatan pembelajaran baik yang ada di sekolah maupun bila siswa ingin melakukan pembelajaran mandiri dimanapun. Bahkan saking masifnya, beberapa sekolah dan lembaga pendidikan sudah mulai menggunakan AI alias kecerdasan buatan.

AI tersebut membantu penyajian materi pembelajaran, penyusunan asesmen dan pemberian umpan balik pembelajaran. Adapun beberapa contoh dari penerapan kecerdasan buatan dalam pendidikan misalnya seperti mentor virtual, voice assistant, smart content, presentation translator, personalized learning, global courses sertaautomatic assessment.

Cara Memanfaatkan IT dalam Pembelajaran Era Merdeka

Adapun beberapa cara mengotimalkan teknologi dalam pembelajaran dalam mendukung pembelajaran dapat diterapkan seperti berikut :

1.   Menghadirkan Pembelajaran dengan Aktualisasi VR

Salah satu pemanfaatannya yakni dengan menghadirkan pembelajaran yang bersinergi dengan konsep VR. Pembelajaran tersebut tentu belum terjadi secara masif di Indonesia. Hanya saja, konsep Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) sudah mulai banyak dibahas dan diteliti oleh para pakar. Tidak hanya pendidikan saja, berbagai bidang misalnya konstruksi, hiburan serta perangkat simulasi juga dapat menggunakan konsep VR / AR. Selain menarik, siswa akan lebih mudah menyerap pembelajaran sebab sesuai dengan era teknologi yang sedang dipelajari.

Halaman Selanjutnya

2.   Mendukung Fenomena Gamifikasi….

Share :

Baca Juga

News

Update Progres Penetapan NIP CPNS dan PPPK 2023
Tugas dan Fungsi Guru

News

Terbaru! Beasiswa Kartini 2023 Masih Dibuka Hingga Akhir Bulan, Begini Cara Daftar dan Syaratnya
perbedaan best practice dengan ptk

News

Sebentar Lagi Pengumuman PPPK Guru 2022!
Kementrian Agama Tanggapi Informasi Jadwal PPPK yang berdear

News

Kemenag Tanggapi Informasi Jadwal PPPK 2022

News

Wajib Bersiap Pemberkasan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 1 Untuk Semua Guru Sertifikasi TK,SD,SMP,SMA

News

Mulai 2024 TPG Akan Dicairkan Langsung Ke Rekening Guru? Simak Selengkapnya

News

Besaran Gaji dan Tunjangan Pensiunan PNS Setelah Naik 12 Persen

News

Guru Honorer Harus Memperhatikan Syarat Gaji Ini Untuk Jadi PPPK