Home / Karya Inovatif / Media Mengajar

Kamis, 24 Februari 2022 - 15:56 WIB

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran di HP

Dibaca 769 kali

Membuat video pembelajaran – Aktivitas belajar yang dilaksanakan secara jarak jauh membuat pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Media yang menarik diperlukan untuk membuat pembelajaran daring tidak membosankan. Media pembelajaran yang cocok untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yaitu video. Dengan video pembelajaran, penyajian materi akan lebih jelas dan pesan akan tersampaikan dengan baik. Video pembelajaran bisa dibuat oleh siapapun dengan mudah menggunakan HP tanpa harus memiliki kemampuan editing.

Cara Membuat Video Pembelajaran

  1. Tentukan tema pembelajaran
    Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat video pembelajaran yaitu menentukan materi yang akan dibuat, supaya mendapat gambaran yang sesuai untuk konsep video. Penentuan materi dapat diambil dari kurikulum/ silabus yang ada, supaya media yang dihasilkan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Salah satu contohnya yaitu materi IPA topik “Organ Pernapasan Mahluk Hidup”
  2. Merancang konsep video
    Setelah tema ditentukan,¬† maka terlihat gambaran untuk membuat konsep video dengan jelas dan terarah. Tentukan konten dan materi apa saja yang akan termuat di dalam video apakah memuat gambar, audio, video rekaman, animasi, dll. Konten disesuaikan dengan jenis materi yang akan disajikan, jika dengan contoh diatas yaitu tentang ” Organ Pernapasan Mahluk Hidup” maka sebaiknya menggunakan animasi untuk menjelaskan proses pernapasan itu terjadi. Selain itu, dalam langkah ini perlu menentukan durasi video yang sesuai, aspek rasio video dan target audiensi.
  3. Menyusun Naskah
    Naskah digunakan untuk pemetaan bagian-bagian video. Naskah dibagi kedalam 3 bagian yaitu:
    1. Bagian pembuka, memuat perkenalan singkat, gambaran umum materi, dan tujuan dari pembelajaran
    2. Bagian isi, memuat materi pokok yang disajikan
    3. Bagian penutup, berisi kesimpulan materi yang termuat dalam video pembelajaran. Anda dapat menambahkan latihan soal berupa quiz, tebak- tebakan, dll.
  4. Proses merekam video/ mencari bahan untuk video
    Merekam video atau mencari bahan dalam untuk konten videonya. Ketika merekam video atau suara usahakan dalam keadaan hening supaya tidak ada suara lain yang masuk dan pastikan pencahayaan cukup. Bahan dapat berupa animasi, audio, gambar, potongan video yang bisa kita dapatkan di internet. Perlu diingat, konten yang diambil dari internet harus mematuhi ketentuan hak cipta.
  5. Edit video
    Langkah terakhir dalam membuat video pembelajaran yaitu edit video untuk menyusun konten-konten yang ada untuk dijadikan sebuah video. Edit video dilakukan dengan panduan konsep supaya lebih mudah dan sistematis. Edit video di HP dilakukan menggunakan aplikasi gratis yang dapat di unduh di playstore/ app store dengan pilihan yang sangat banyak dan relatif mudah.

Tutorial edit video menggunakan aplikasi PowerDirector – Video Editor:

Di artikel ini, akan membahas cara mengedit video penggunakan aplikasi PowerDirector- Video Editor, silahkan dapat mengunduhnya di play store HP milik anda. Sebelum memulai proses editing, anda harus membuka aplikasi PowerDirector kemudian beri izin akses file dari handphone. Selanjutnya beri nama proyek dan rasio video yang akan anda buat.

  1. Menggabungkan video
    Anda dapat memilih beberapa video di menu “Video” . Menambahkan video caranya yaitu klik 2x pada file, dan ulangi lagi untuk menggabungkan dengan file lainnya. Anda bisa menyesuaikan durasi, tinggi rendahnya volume, pangkas video, kecepatan video, dll
  2. Menambahkan suara
    Menambahkan suara melalui menu “Musik”. Secara otomatis file suara yang ada di handphone akan muncul pada menu tersebut. Untuk menambahkan suara, klik tanda “+” . Jika anda menambahkan suara untuk dimasukkan ke dalam video, suara video dapat dihilangkan pada pengaturan suara video.
  3. Menambahkan efek suara
    Aplikasi PowerDirector memberikan fasilitas efek suara bermacam-macam, mulai dari suara manusia & hewan, instrumen musik, suara alam dan suara-suara lucu. Efek suara yang tersedia dapat membuat video pembelajaran¬† lebih interaktif dan menghibur. Cara menambahkan efek suara yaitu melalui menu “Efek Suara”, lalu pilih jenis efek suara
  4. Menambahkan gambar
    Anda dapat menambahkan foto dari file yang tersimpan di handphone, lakukan dengan cara klik menu “foto”, lalu klik 2x pada file.

Tips Membuat Video Pembelajaran

Ketika melakukan perekaman video, disarankan menggunakan perekam suara supaya suara lebih jelas. Hasil rekaman suara dapat digabungkan dengan video pada proses editing video.

Untuk belajar lebih dalam mengenai pembuatan video pembelajaran, anda dapat mengikuti pelatihan “Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif Dengan Virtual Asisten” oleh e-guru.id pada link berikut https://e-guru.id/pelatihan/.

Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat. Selamat berkreasi

 

Penulis: Ema Dwi Pratiwi

Share :

Baca Juga

Edutainment

Guru Wajib Tahu! Tantangan Guru di Era Digital

Media Mengajar

Keberhasilan Pembelajaran: Kriteria dan Indikator

Karya Inovatif

Contoh RPP Literasi dan Numerasi Kelas 1 T1 ST1 P1

Media Mengajar

Segera Daftar Diklat Gratis 40JP: Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan

Karya Inovatif

Cara Mudah Membuat Dan Mengelola LKPD

Media Mengajar

Segera Daftar! Diklat Gratis 32JP Pemanfaatan aplikasi teachmint

Media Mengajar

Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Yang Menarik di Masa Pandemi

Karya Inovatif

Materi Hari Keempat Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer