Home / Metode Pembelajaran

Rabu, 19 Oktober 2022 - 16:40 WIB

Cara Menerapkan Hypnoteaching dalam Kelas yang Merdeka

Dibaca 204 kali

Cara menerapkan hypnoteaching perlu diketahui oleh guru. Sebab, dekat dengan para siswa, merupakan salah satu kemampuan yang harus senantiasa diasah oleh para guru. Sebab hal tersebut menjadi salah satu kunci untuk mewujudkan kelas merdeka yang ideal.

Kelas merdeka merupakan perpaduan dari wujud idealitas dari suasana pembelajaran, ketercapaian siswa pada pembelajaran serta strategi yang dilakukan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Lantas bagaimana mengimplementasikan hypnoteaching?

Untuk cara menerapkan hypnoteaching, anda perlu mengetahui beberapa hal. Adapun ragamnya yakni :

Mengenal Teknik Leading

Leading merupakan salah satu teknik untuk bisa mengarahkan siswa melakukan beberapa hal berdasarkan potensi yang mereka miliki. Misal, guru menghendaki agar siswa yang kesulitan belajar matematika lebih banyak mengerjakan latihan soal terkait.

Tentu, pada awalnya, permintaan sang guru tak mungkin langsung diiyakan oleh siswa. Bisa jadi, mereka masih punya segudang alasan. Maka dari itu, teknik persuasi perlu dilakukan terlebih dahulu kepada para siswa.

Setelah dirasa siswa sudah dipersuasi dengan benar, maka penting bagi anda untuk menyusun strategi serta menyiapkan beberapa program bagi siswa agar mereka mau untuk mengikuti arahan anda.

Sebisa mungkin anda harus mengusahakan bahwa penerapan leading dilakukan dengan suasana yang tenang dan rileks.

Jangan sampai para siswa merasa di bawah tekanan. Kondisi tersebut malah akan memunculkan permasalahan baru bahkan anda bisa kehilangan kepercayaan dari para siswa. Berdasar para pakar psikologi, jika siswa berada dalam keadaan rileks dan tenang kondisi tersebut biasa disebut posisi Alpha.

Maksud dari posisi Alpha yakni para siswa dalam keadaan santai dan dapat diberikan sugesti – sugesti positif pada saat mendapatkan penjelasan materi dari para guru.

Menggunakan Sugesti Positif

Memberikan sugesti positif merupakan tindakan follow up leading. Hal ini dilakukan manakala guru telah mendapatkan kepercayaan oleh para siswa.

Pemberian sugesti bisa lakukan guna membangun semangat juang dalam diri masing – masing siswa. Terutama agar para siswa bisa lebih termotivasi untuk senantiasa belajar dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Usahakan anda menggunakan kalimat positif dan menginspirasi agar lebih mudah diterima oleh alam bawah sadar sang siswa.

Halaman Selanjutnya

Manfaat Menerapkan Hypnoteaching…

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Ulasan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Penting untuk Diketahui

Metode Pembelajaran

Guru Mengajarkan Keterampilan Diluar Pelajaran

Metode Pembelajaran

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka

Metode Pembelajaran

Guru Mengajarkan Tentang Kejujuran

Metode Pembelajaran

Urgensi Pembelajaran Mandiri bagi Siswa di Era Digital

Metode Pembelajaran

3 Jenis Metode Pembelajaran yang Wajib Diketahui Guru

Media Mengajar

Computational Thinking dan Kaitannya dengan Pendidikan

Metode Pembelajaran

4 Tahapan Meningkatkan Ranah Psikomotor Siswa