Home / Edutainment

Minggu, 14 Agustus 2022 - 10:41 WIB

Cara Sekolah Mendapatkan Penghargaan Adiwiyata

Dibaca 703 kali

Adiwiyata – Mendapat predikat Adiwiyata merupakan hal yang terhormat bagi sekolah di Indonesia. Namun, jika sekolah ini mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata tentunya harus melakukan beberapa hal untuk melakukan perubahan. Yakni peran utamanya yaitu dengan melestarikan lingkungan yang bersih serta bebas limbah.

Sekolah tentunya harus melakukan upaya yang optimal guna terpilihnya sekolah dengan predikat Sekolah Adiwiyata. Program Adiwiyata sudah ada sejak 2015 lalu yang merupakan program dari Dinas Lingkungan Hidup. Ini merupakan komiten pemerintah yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam menjaga lingkungan jalur pendidikan yang akhirnya terselenggara program bergengsi ini. prinsip yang harus ada yakni edukatif, partisipasi dan berkelanjutan.

Jika sekolah yang anda kelola ingin mengikuti program Sekolah Adiwiyata tentunya harus melakukan beberapa hal berikut ini supaya nantinya mendapat predikat sekolah Adiwiyata.

Baca Juga: Guru ASN tetap mendapatkan Tunjangan Cuti, Berikut Detailnya

Mendapat Adiwiyata dengan Cara Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik

Timbulnya sampah plastik merupakan masalah yang sangat rentan serta terjadi dimana-mana. Anda jangan berharap lebih jika sekolah anda akan mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata jika anda tidak dapat mengatasi ini dengan baik. ini merupakan poin yang sangat penting karena sampah plastik dapat merusak lingkungan hidup.

Penanaman Pohon Sekitar Sekolah

Menanam pohon di sekolah merupakan sebuah keharusan untuk menjadikan lingkungan di sekolah menjadi asri dan rindang. Pohon yang ditanam pun tidak harus yang rumit, misalnya tanaman obat, bunga, sayur ataupun tanaman hias. Anda bisa memberikan tugas kepada siswa dengan membawa 1 pohon ke sekolah pada tahun ajaran baru dalam waktu yang telah disepakati secara bersama.

Membuang Sampah pada Tempatnya yang harus Dibiasakan

Upaya yang harus dilakukan berikutnya yakni harus menanamkan kebniasaan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Pihak sekolah harus membuat peraturan yang ketat terkait hal ini. Siswa dan guru yang tidak membuang sampah pada tempatnya tentunya dapat dikenakan sanksi. Namun alangkah baiknya jika semua pihatk yang terlibat di sekolah harus bersama-sama menjaga lingkungan atas kesadaran serta kemauan bersama.

Baca Juga: Karya Inovatif: Kreatif Pembelajaran dan Naik Pangkat Jabatan

Mendaur Ulang Sampah dan Kertas

Terakhir yaitu dengan memilah sampah-sampah yang telah disediakan tempat khusus seperti sampah organik dan non-organik. Sampah yang dapat didaur ulang dan yang tidak dapat di daur ulang harus di pisahkan. Kegiatan mendaur ulang sampah ini harus dilakukan secara berkala oleh siswa yang tidak mengganggu jam pelajaran. Sekolah dapat menghasilkan kerajinan tangan dari sampah yang bisa berupa tas, hiasan dinding serta lain sebagainya.

Selain menjaga lingkungan,keterampilan siswa juga harus di asah dalam bidang seni. Hal ini lebih di utamakan kegiatan yang diperuntukan pada siswa yang mempunyai berbagai minat dan bakat dalam kerajinan tangan. Guru juga harus mengontrol siswa dalam memperhitungkan waktu pada siswa supaya lebih disiplin dalam belajar dikelas dan kegiatan ekstrakulikuler lainnya.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

ilustrasi anak paud

Edutainment

Gunakan Beberapa Strategi Berikut Untuk Melatih Kemandirian Siswa

Edutainment

Fresh Graduate? Simak Supaya Cepat Dapat Kerja!

Edutainment

Cara Membuat Materi Ajar Secara Otomatis Menggunakan Google Brad AI

Edutainment

10 Langkah Membuat Video Animasi untuk Pembelajaran

Edutainment

Beasiswa Belajar Luar Negeri? Cek Kesempatan Terbarunya!

Edutainment

Membuat Ujian Otomatis Menggunakan Aplikasi Google

Edutainment

Wajib Tau! Taspen Cairkan Gaji 13 Pensiunan PNS Juni 2023, Simak Penjelasannya

Edutainment

Aplikasi Praktis Koreksi Lembar Jawab Ujian Peserta Didik Secara Otomatis