Home / News / Pengembangan Guru

Sabtu, 18 Maret 2023 - 05:28 WIB

Cegah Andalkan Google, Kemenag Minta Guru PAI Tingkatkan Kompetensi

Dibaca 347 kali

sumber foto: Kemenag

sumber foto: Kemenag

 

Banyak siswa ketika mencari informasi mengandalkan mesin pencari Google. Hal tersebut dapat bermasalah jika berkaitan dengan pembelajaran agama, sebab tidak semua sumber yang ada di internet dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kementerian Agama melalui Direktur Pendidikan Agama Islam Kemenag Amrullah memberikan pesan kepada para guru PAI di tingkat SMA dan SMK untuk terus meningkatkan kapasitas. Selain itu, para guru PAI juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman.

Guru PAI sendiri dianggap sangat penting dalam mendampingi belajar siswa karena kehadirannya tidak bisa digantikan oleh mesin maupun kemajuan teknologi. Oleh karena itu, para guru perlu terus meningkatkan profesionalitas dan kapasitas diri agar dapat memberikan pendampingan belajar yang lebih baik.

“Para guru PAI harus meningkatkan penguatan dan kapasitas diri, karena guru PAI kehadirannya tidak bisa digantikan oleh mesin maupun kemajuan teknologi,” ujarnya.

Pesan tersebut disampaikan dalam sebuah orientasi untuk para guru PAI tingkat SMA/SMK yang dihadiri dari 12 Provinsi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas dan profesionalitas guru PAI.

Selama orientasi, para guru mendapatkan sejumlah materi lain yang tak kalah penting bagi guru di era digital, antara lain tentang pemanfaatan Google Workspace for Edu untuk menunjang efektifitas pembelajaran PAI SMA dan SMK.

Para peserta dalam kegiatan tersebut juga mendapat materi praktik penyusunan modul pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka serta pelatihan menginsersi muatan Moderasi Beragama pada Kurikulum Merdeka.

Selain itu, para guru juga mendapat materi tentang cara mengintegrasikan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dari Dosen Flinder University Australia.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat PAI Adib Abdushomad menyatakan bahwa saat ini memang semakin mudah dan gampang untuk mencari sumber ilmu pengetahuan secara online. Namun, guru harus tetap menjadi rujukan utama siswa.

Perkembangan teknologi akhir-akhir ini memang sangat menakjubkan. Oleh sebab itu, para guru harus tetap update atas informasi dan perkembangan yang terjadi.

Menjadi seorang guru yang baik dan profesional memang bukan tugas yang mudah. Guru harus memahami perkembangan zaman dan teknologi yang terus berubah. Oleh karena itu, meningkatkan kapasitas diri adalah hal yang sangat penting bagi seorang guru.

Berlanjut di Halaman Berikutnya

Seiring dengan perkembangan teknologi….

Share :

Baca Juga

Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Bagaimana Kebijakan Pemberian THR Dan Gaji ke 13 Guru PNS dan PPPK di Tahun 2024 ?, Ini Penjelasan Kemenkeu!

News

Cek Kebenarannya! Pemerintah Ubah Jadwal Pencairan TPG Triwulan 1 Tahun 2024

News

Penting! Kemdikbud Resmi Rilis Rapor Pendidikan 2024

News

Honorer Dihapus! RUU ASN Akan Buka Peluang Tenaga Part Time, Berikut Penjelasannya

News

Segera Lengkapi SKPSB berikut, Supaya Tunjangan Profesi Guru TPG Bisa Segera Diproses dan Dicairkan

News

Apakah Gaji PNS Bakal Naik 9 Juta Rupiah?

News

Waspada! Pelanggaran Ini dapat Jerat PNS Dipecat Tidak Hormat

News

Gratis!!! Seminar Nasional Peran Guru Penggerak dalam Eksistensi Kurikulum Merdeka