Home / News

Selasa, 9 Juli 2024 - 19:32 WIB

Coaching sebagai Strategi Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan di Satuan Pendidikan

Dibaca 195 kali

Agar bisa menjadi kepala yang memberdayakan salah satu strategi efektif yang dapat digunakan adalah coaching.

, menurut International Coaching Federation (ICF), adalah kolaborasi antara coach dan coachee dalam proses membangkitkan pemikiran dan sisi kreatif coachee untuk memaksimalkan potensi diri, baik secara personal maupun pfofesional.

Coaching ini nantinya diharapkan dapat membuka sisi imajinasi, produktivitas, dan kepemimpinan yang belum pernah muncul sebelumnya.

Fokus dari coaching adalah membantu seseorang untuk dan menjadi berdaya, bukan mengajari atau memberikan instruksi secara langsung. Inti dari coaching adalah kemitraan dan percakapan kreatif, yang melibatkan dialog dua arah untuk menggali dan memetakan situasi, dengan tujuan memaksimalkan potensi coachee (yang dibimbing).

Implementasi Coaching dalam Akademik

Sebagai kepala satuan pendidikan, dapat menerapkan coaching dalam supervisi akademik maupun pengelolaan secara umum.

Dalam supervisi akademik, coaching digunakan untuk membawa semangat memberdayakan, bukan mengevaluasi.

Tujuan supervisi akademik adalah untuk memberdayakan dan mengembangkan kompetensi pendidik agar performa mengajarnya meningkat dan mencapai .

Prinsip- dalam supervisi akademik meliputi:

  1. Kemitraan: Kepala satuan pendidikan menempatkan diri sebagai mitra bagi , bukan sebagai atasan yang mengawasi.
  2. Percakapan Kreatif: Dialog dua arah yang membuka ruang bagi pendidik untuk menggali dan memahami situasi mereka secara mendalam.

Contoh Praktik Coaching dalam Pengelolaan Sekolah

Coaching dapat digunakan dalam berbagai situasi sehari-hari di sekolah, seperti menjembatani jarak antara pendidik senior dengan pendidik muda yang baru bergabung. Kepala satuan pendidikan sebagai coach membuka dialog agar setiap pendidik dapat melakukan refleksi mandiri dan berdaya mengatasi kesenjangan yang terjadi. Proses coaching ini memungkinkan setiap untuk berdaya dan terlibat secara aktif dalam proses perubahan.

Baca Juga:  Aturan Terbaru! Berikut Ketentuan Kenaikan Pangkat Guru

Manfaat Coaching dalam Satuan Pendidikan

  1. Suasana Kolaborasi: Coaching menciptakan nuansa kolaborasi yang hangat di satuan pendidikan. Seruan perubahan dan pengembangan diri biasanya disambut dengan antusias oleh semua pihak.
  2. Peningkatan Kemandirian: Pendidik yang berdaya akan melihat delegasi tugas bukan sebagai instruksi, tetapi sebagai area pengembangan diri yang dinanti.
  3. Refleksi dan Pemahaman: Pendidik dan tenaga kependidikan lainnya akan memaknai proses coaching sebagai bagian dari perbaikan diri, bukan semata-mata perintah dari atasan.

Dengan menerapkan coaching sebagai strategi pemberdayaan di sekolah, kepala satuan pendidikan dapat mendorong pendidik dan tenaga kependidikan untuk merefleksikan situasi, membuat rencana perubahan, dan berdaya melakukan perubahan secara mandiri.

Coaching tidak hanya membantu dalam pengembangan individu tetapi juga menciptakan lingkungan sekolah yang lebih kolaboratif dan inklusif.

Sekarang, mulailah melatih kemampuan coaching masing-masing dan rasakan manfaatnya dalam mengembangkan potensi diri dan seluruh warga satuan pendidikan. Selamat berproses!

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pandangan yang lebih jelas mengenai implementasi coaching dalam kepemimpinan di satuan pendidikan.

 

Share :

Baca Juga

News

Gaji Pensiunan PNS Golongan III Sudah Dicairkan, Begini Besarannya!

News

Mengenal Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

News

Pelaksanaan Program PPG dalam Jabatan 2022

News

Segera Mendaftar! Berikut Formasi CPNS Tanpa Syarat Tinggi Badan
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Biaya dan Jadwal UKMPPG Kategori 1 Gelombang 2, Segera Daftar!

News

Seluruh Guru Honorer Akan Diangkat ASN dan PPPK

News

TPG Triwulan 1 dan THR Sudah Cair, Berikut Daerah Yang Sudah Mencairkan

News

Kumpulan Soal Pretest PPG 2022 Guru TK, PAUD, dan RA Sesuai Kisi-kisi Lengkap dengan Jawaban
Download Sertifikat Pendidikan Gratis