Home / Media Mengajar

Selasa, 15 November 2022 - 11:05 WIB

Daftar Media Pembelajaran Interaktif yang Mungkin Belum Anda Tahu

Dibaca 342 kali

Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting. Hal ini perlu dimanfaatkan agar pembelajarna di era digital lebih efektif.

Dunia pendidikan tentu akan selalu mengalami beragam perkembangan baik dari aspek kurikulumnya, teknik pembelajaran bahkan sampai strategi pembelajaran agar konten dapat tersampaikan dengan baik.

Di era teknologi hari ini, ada beberapa para pakar ilmuwan yang senantiasa berusaha untuk membuat dan menciptakan beragam inovasi. Salah satunya yakni dengan mewujudkan beragam variasai media pembelajaran interaktif untuk menguatkan konten pembelajaran.

Adapun beberapa jenis media yang sudah diciptakan dan menjadi pijakan dalam dunia pendidikan diantaranya yakni terdiri dari beberapa model.

Ada yang berwujud seperti e-learning dan juga produk real life yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Berikut jenis media pembelajaran interaktif yang bisa digunakan sebagai pelengkap pembelajaran :

1.    Moodle

Moodle merupakan sebuah model platform e-learning yang menggunakan basis mysql dan php dan sudah terkenal di khalayak umum. Moodle sendiri mengklaim sebagai platform yang akan membantu para peserta didik untuk pembelajaran.

Apalagi di era pandemi kemarin, kehadiran Moodle akan sangat membantu. Beberapa fitur di dalamnya yakni ada workshop, survei, chat forum maupun beberapa contoh model presentasi. Moodle memang bukan buatan asli Indonesia.

Sehingga bahasa fitur yang digunakan adalah bahasa Inggris. Maka dari itu penting bagi anda untuk bisa mengarahkan peserta didik bila belum memahami dengan jelas berbagai perintah dan fitur di dalamnya.

2.    Pijar Mahir

Platform e-learning lain yang bisa digunakan yakni pijar mahir. Pijar Mahir merupakan model platform yang dibuat oleh anak bangsa dan di bawah wadah Telkom Indonesia.

Platform ini sudah memiliki sertifikasi online dan telah berkontribusi banyak pada peserta didik untuk memberikan bantuan dan kemudahan dalam mengakses berbagai model belajar, terutama belajar daring.

3.   Fisika Net

Kemudian anda juga bisa mengarahkan peserta didik untuk belajar mandiri secara online dengan mengakses FisikaNet. FisikaNet Lipi Output adalah platform yang khusus membahas teori dan materi Fisika.

Nantinya para peserta didik maupun guru mapel dapat mempelajari banyak hal mulai dari alat dan bahan eksperimen belajar fisika.

Guru juga bisa menggunakan ruang diskusi untuk bisa membuat forum dengan para peserta didik. tau bahkan mengikuti forum dari sekolah lain yang sifatnya terbuka dan dapat diikuti.

Halaman Selanjutnya

4. Kelas Kita…

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Rapor Pendidikan Resmi Diluncurkan Oleh Kemendikbudristek

Karya Inovatif

Pembelajaran Abad 21: Pengertian, Model, dan Konsep 4C

Karya Inovatif

Pembelajaran Kooperatif, Model dan Jenis

Karya Inovatif

Program Akselerasi, Manfaat dan Kelebihannya

Karya Inovatif

Contoh RPP Literasi dan Numerasi Kelas 1 T1 ST1 P1

Karya Inovatif

Motivasi Belajar Siswa, Cara dan Jenis Meningkatkannya
tatap muka terbatas

Karya Inovatif

Tatap Muka Terbatas Anti Boring Dengan Google Workspace For Edu

Edutainment

Cara Membuat PowerPoint Menggunakan Aplikasi Slidesgo