Home / Karya Inovatif / Media Mengajar / Pelatihan

Minggu, 24 April 2022 - 15:42 WIB

Diklat Gratis 32JP Menulis Buku Ber-ISBN Untuk Menambah Angka Kredit

Dibaca 1,083 kali

Tahukah anda bahwa ada banyak cara untuk menerbitkan buku ber-ISBN? Siapapun bisa melakukannya. Namun, ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi saat menerbitkan buku dengan menggunakan ISBN.

Salah satunya adalah kamu harus memiliki setidaknya 1 naskah yang sudah siap untuk diterbitkan. Jika kamu belum memilikinya, mungkin kamu harus memulai menulis dari sekarang.

Menerbitkan buku dengan menggunakan ISBN bukanlah tugas yang mudah. Metode penerbitan buku biasa juga sangat berbeda. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menemukan penerbit yang tepat. Tujuannya agar dapat mengindeks, membuat daftar, dan mengecek nomor ISBN buku Anda di Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Nah, kali ini ada kesempatan anda untuk belajar dalam menulis buku Ber-ISBN dengan mengikuti Diklat bersertifikat 32JP yang diselenggarakan oleh NaikPangkat.com.

Diklat Gratis Bersertifikat 32JP Tips Mudah Menulis dan Menerbitkan Buku Ber-ISBN

Pada 10-13 Mei 2022, NaikPangkat.com akan menyelenggarakan Diklat 32JP spesial bagi anda yang ingin belajar bersungguh-sungguh menulis Buku Ber-ISBN yang dapat diajukan untuk kenaikan pangkat dengan 3 point angka kredit. Diklat 32JP ini akan diisi oleh pemateri yang berkompeten di dunia kepenulisan yaitu bapak Moh. Haris Suhud,S.S. Maka dari itu, jangan sampai terlewatkan diklat bersertifikaat 32JP yang berjudul “Tips Mudah Menulis dan Menerbitkan Buku Ber-ISBN”.

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran :

  1. Join Channel Telegram (t.me/infowebinarpendidikan)
  2. Join Channel Telegram Naikpangkatcom (https://t.me/naikpangkatdotcom)
  3. Subscribe Channel Youtube Belajar Era Digital (youtube.com/c/BelajarEraDigital)
  4. Share Info Link Artikel ke 3 grup WA/Telegram
  5. Mengisi link pendaftaran: ()
  6. Gabung di grup untuk informasi pelaksanaan diklat:

Pendaftaran akan ditutup 09 Mei 2022, Pukul 23.59 WIB. Maka dari itu segera daftar dan amankan kursi anda untuk menjadi peserta diklat ini.

Cara Menerbitkan Buku Ber-ISBN

Untuk mempermudah penerbitan buku menggunakan ISBN, kami telah menyusun semuanya dalam empat bagian: naskah yang Anda minati, penyuntingan naskah, evaluasi naskah, dan pilihan penerbit.

Berikut beberapa cara menerbitkan buku ber-ISBN :

  1. Meyiapkan naskah buku yang menarik

Langkah awal dalam mengatasi penerbitan buku ber-ISBN adalah dengan membuat naskah yang menarik. Ini sederhana, dan skrip yang menarik atau menarik bagi pembaca lebih mudah diterima daripada skrip yang biasa-biasa saja atau buruk.

Salah satu cara mudah untuk membuat skrip yang menarik adalah dengan menulis apa yang Anda suka. Anda bisa mulai dengan puisi, naskah novel, buku harian, atau cerita pendek. Lebih baik lagi jika Anda mahir dalam materi yang Anda tulis. Dengan cara ini Anda akan membuat teks berkualitas tinggi.

Kemahiran tertulis dalam materi bukanlah persyaratan mutlak. Tidak masalah jika Anda tidak menguasai materi sepenuhnya. Jika Anda tidak tahu harus menulis apa, periksa dulu. Ketika naskah selesai, minta orang yang menguasai materi untuk meninjaunya.

  1. Dengan melakukan penyuntingan naskah

Penulis seringkali tidak mengetahui bagaimana buku tersebut diterbitkan dalam ISBN ini. Padahal, ini merupakan faktor penting yang perlu Anda lakukan jika ingin menerbitkan buku. Ketika Anda telah selesai menulis sebuah buku, ada baiknya untuk merevisi apa yang telah Anda tulis. Kesalahan tanda baca, kesalahan kata (salah ketik), kesalahan kutipan, dll.

Anda bisa memulainya dengan membaca kalimat demi kata dan kata demi kata. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari berbagai jenis kesalahan ejaan, sadar atau tidak sadar. Ada banyak manfaat yang bisa didapat setelah mengedit naskah sebuah buku. Salah satunya adalah teks apa pun dapat menghindari pencurian kalimat.

Selain itu, ada tips ampuh yang bisa Anda terapkan saat mengedit naskah sebuah buku. Gunakan tips ini untuk memposisikan diri Anda sebagai pembaca. Dengan itu, Anda bebas merevisi buku Anda.

  1. Meminta Pihak Expert Untuk Menilai Naskah Buku

Mintalah masukan dari pihak yang benar-benar ahli dalam materi yang kamu tulis. Jika mereka memberikan masukan yang cukup baik, kamu bisa menambahkannya dalam tulisanmu.

Menurut kami, langkah ini memang sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan ini, kamu bisa mendapatkan banyak respon dan masukan untuk tulisanmu.

Terlepas dari respon yang positif atau negatif, Anda bisa mendapatkan jawaban jujur ​​dari orang-orang yang nantinya akan menjadi pembaca buku Anda. Setelah Anda memahaminya, Anda mungkin dapat menjelaskan cara menerbitkan buku menggunakan ISBN.

  1. Memilih penerbit dengan tepat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda perlu berhati-hati dalam memilih penerbit yang tepat. Selain itu, penerbit harus dapat dipercaya baik dari segi nomor ISBN maupun kualitas penerbitannya.

Jadi, kamu tidak boleh melakukan cara menerbitkan buku ber ISBN dengan sembarangan kepada pihak penerbit. Untuk referensinya, silahkan cari saja di internet.

Yang Harus Disiapkan Untuk Menerbitkan Buku Ber ISBN

Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan saat ingin mengajukan pengurusan ISBN. Berikut beberapa hal yang wajib disediakan :

  • Akta Pendirian Lini Penerbitan
  • Surat Pernyataan dengan materai Rp.6000
  • Melengkapi Mou (Memorandum of Understanding)

Selain itu, kamu juga harus melakukan scan pada ketiga berkas yang sudah kamu siapkan tersebut. Jika sudah, kamu bisa mengunggah setiap berkas tersebut saat kamu selesai melakukan pendaftaan online.

Semua berkas ini nantinya berguna untuk memverifikasi nomor ISBN secara resmi di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang mana bisa kamu gunakan untuk mencetak buku satuan.

Buka situs Perpusnas

  • Pertama-tama, silahkan masuk ke situs resmi perpurnas.go.id
  • Pilih Menu Daftar Online
  • Setelah itu, unggah akte pendirian beserta surat pernyataan dengan format PDF
  • Sebelumnya, kamu harus sudah menyiapkan surat pernyataan tersebut dengan Materai Rp6.000

Jika sudah terisi semua, silahkan klik Next.

Mengisi semua data penerbit

Setelah klik next, kamu harus mengisi beberapa data yang sudah tersedia. Data tersebut meliputi :

  • Nama Penerbit
  • Username
  • Password
  • Alamat
  • Nama Admin
  • Email
  • Nomor Telepon

Setelah semuanya terisi, silahkan klik Next.

Proses Verifikasi

Setelah akun Anda berhasil didaftarkan, langkah selanjutnya adalah proses verifikasi dan verifikasi akun Anda. Pihak yang terhubung mengirim pesan ke alamat email yang diberikan sebelumnya.

Silahkan buka emailmu dan lakukan proses verifikasi tautan dengan cara klik link berwarna biru pada pesan yang sudah dikirim oleh pihak terkait. Dan Selamat, proses verifikasi akun sudah berhasil dilakukan.

Log In Dan Mengisi Data Buku

Jika sudah selesai mengikuti proses verifikasi akun, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

  • Masuk ke website perpurnas.go.id
  • Login dengan Username dan Password yang sudah kamu buat
  • Lengkapi data buku yang diberikan seperti Judul, Tahun Terbit, Jumlah Halaman, Jenis Buku, Kategori, Tinggi Buku dan Media.
  • Terakhir, pilih kolom Kirim(Unggah File)

Setelah pengiriman selesai, Anda akan menerima informasi tentang apakah pencetakan dalam huruf tunggal dan besar dapat diterima. Tes ini memakan waktu sekitar 2 minggu atau lebih. Jika berhasil, maka ISBN kamu akan diterbitkan.

Nah, itulah ulasan dari penulis mengenai cara menerbitkan dan menulis buku ber-ISBN ISBN. Yang perlu Anda perhatikan adalah memilih penerbit yang benar-benar tepat dan dapat diandalkan.

Download e-Book Gratis dari Guru Juara silahkan akses link berikut : GuruJuara.com

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

Penulis : Andika Putra

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Cek Sertifikat dan Fasilitas Workshop 32JP Youtuber Media Pembelajaran

Media Mengajar

Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning)

Pelatihan

Cara Membuat Kelas Interaktif dengan Media Pembelajaran Inovatif
Ilustrasi Panduan Meneributkan Buku ber ISBN

Pelatihan

Esensi Membuat Bukti Karya dalam Pendidikan

Pelatihan

Cara Menggunakan Video Presentasi untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di PowerPoint

Media Mengajar

Tips Cara Mencari dan Mengunduh Perangkat Ajar (Modul Ajar dan Buku Teks) di Platform Merdeka Mengajar Secara Cepat dan Efisien!

Karya Inovatif

4 Jenis Inovasi Pendidikan

Karya Inovatif

Pembelajaran Menarik Menggunakan Video Pembelajaran Interaktif