Home / News

Selasa, 9 Juli 2024 - 14:48 WIB

Download Petunjuk Teknis Pencegahan Kekerasan Anak di Sekolah

Dibaca 69 kali

Kekerasan terhadap anak di lingkungan adalah masalah serius yang memerlukan perhatian khusus. Kekerasan ini bisa berbentuk fisik, psikologis, maupun seksual, dan dampaknya sangat merugikan bagi .

Upaya pencegahan dan penanganan kekerasan ini telah diatur dalam berbagai regulasi dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Artikel ini akan membahas urgensi pencegahan kekerasan anak di sekolah serta petunjuk teknis yang diberikan oleh pemerintah.

Regulasi dan Kebijakan Pencegahan Kekerasan

  1. Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 49/M/2023
    • Petunjuk teknis ini mengatur tata cara pelaksanaan pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan . Regulasi ini memberikan panduan yang jelas bagi sekolah dalam mencegah dan menangani kasus kekerasan. Lihat selengkapnya di sini.
  2. Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2021
    • Peraturan ini khusus mengatur tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan . Ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman di semua jenjang pendidikan. Lihat selengkapnya di sini.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2023
    • Peraturan ini mencakup pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan secara umum. Ini memberikan kerangka kerja bagi sekolah untuk melaksanakan kebijakan pencegahan kekerasan. Lihat selengkapnya di sini.
  4. Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014
    • UU ini merupakan perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang . UU ini menegaskan hak anak untuk mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. Lihat selengkapnya di sini.

Strategi Pencegahan Kekerasan di Sekolah

Kekerasan di sekolah tidak hanya berdampak negatif pada korban, tetapi juga pada lingkungan belajar secara keseluruhan. Anak-anak yang mengalami kekerasan cenderung mengalami gangguan emosional, prestasi akademis yang menurun, dan kehilangan rasa percaya diri. Selain itu, kekerasan dapat menciptakan lingkungan yang tidak aman, menghambat belajar-mengajar, dan menimbulkan rasa takut di antara siswa lainnya.

Baca Juga:  Semua Guru Wajib Ikut! Pendaftaran Terakhir Tanggal 16 September 2023

Berdasarkan Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 49/M/2023, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil oleh sekolah dalam mencegah dan menangani kekerasan:

  1. Sosialisasi dan
    • Mengadakan sosialisasi dan pelatihan bagi pendidik, , dan siswa mengenai bentuk-bentuk kekerasan dan cara mencegahnya.
  2. Mekanisme Pelaporan
    • Membuat mekanisme pelaporan kekerasan yang mudah diakses oleh siswa, pendidik, dan orang tua. Laporan kekerasan harus ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat.
  3. Pendampingan dan Konseling
    • Menyediakan layanan pendampingan dan konseling bagi korban kekerasan untuk membantu pemulihan fisik dan psikologis mereka.
  4. Kolaborasi dengan Pihak Eksternal
    • Bekerjasama dengan lembaga terkait seperti Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan kepolisian untuk menangani kasus kekerasan yang serius.
  5. Peningkatan Pengawasan
    • Meningkatkan pengawasan di lingkungan sekolah untuk mencegah terjadinya kekerasan. Pengawasan ini dapat dilakukan melalui patroli keamanan, pemasangan CCTV, dan peningkatan dalam mengawasi siswa.

Kekerasan terhadap anak di lingkungan sekolah adalah masalah serius yang memerlukan tindakan nyata dan proaktif dari semua pihak. Dengan adanya regulasi dan kebijakan yang jelas, diharapkan sekolah dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi siswa.

Implementasi petunjuk teknis yang efektif seperti yang telah disertakan di atas adalah langkah awal menuju pencegahan dan penanganan kekerasan yang lebih baik. Pemerintah, sekolah, orang tua, dan masyarakat harus bekerja sama untuk memastikan anak-anak mendapatkan perlindungan yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan belajar dengan baik.

Share :

Baca Juga

News

Bantuan Pokja Guru Madrasah Akan Cair Oktober 2022

News

Intip Model SK, GAJI, Nip Dan Kontrak Kerja PPPK 2023

News

Sederet Kesalahan yang Bisa Menyebabkan Ter-Blacklist PPG dalam Jabatan 2024

News

Guru Penggerak Angkatan 6 2022, dibuka 8000 Kuota

News

Segera Dibuka, Berikut Jadwal dan Regulasi Baru PPG Daljab 2024

News

Terbaru! Aturan Gaji dan Pemecatan PNS dan PPPK

News

Wajib Bersiap Pemberkasan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 1 Untuk Semua Guru Sertifikasi TK,SD,SMP,SMA

News

Berikut Informasi Lengkap, Santunan Beasiswa anak dari Taspen untuk PNS dan PPPK
Download Sertifikat Pendidikan Gratis