Home / Metode Pembelajaran

Rabu, 10 Agustus 2022 - 12:51 WIB

Guru dan Strategi Dalam Literasi Digital

Dibaca 468 kali

Guru – Seiring dengan berkembangnya teknologi yang terjadi pada saat ini yang semakin hari semakin menunjukan perkembangan yang pesat. Perkembangan teknologi ini sering dinamakan sebagai era digital yang sudah menguasai berbagai aspek kehidupan. Terutama yang ada di dunia ini salah satunya yakni dunia pendidikan. Era digital ini telah memberikan stimulus pada siswa dan guru. Hal ini agar bisa dengan cepat beradaptasi dalam segala perubahan dan perkembangan dunia digital.

Literasi merupakan sebuah pengetahuan serta kecakapan seseorang dalam menggunakan berbagia media digital. Alat komunikasi serta jaringan internet yang manusia gunakan dalam menemukan berbagai informasi. Dalam penggunaan informasi ini akan sampai pada titik dimana informasi tersebut bisa bermanfaat untuk setiap orang secara sehat, bijak, cerdas, cermat dan cepat. Hal penting yang harus diketahui yakni harus tetap mematuhi hukum yang berlaku.

Baca Juga: Contoh P5 Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan Pembelajaran

Tips Guru Mudah Mengajarkan Siswa Literasi Digital

Pengertian literasi digital

Pada tahap awal dan mendasar anda harus mulai menjelaskan serta mengenalkan tentang literasi digital kepada setiap siswa. Ketika proses pengenalan tersebut, siswa akan memiliki gambaran pada apa yang akan mereka eksekusi nantinya mengenai literasi digital. Oleh karena itu, proses pengenalan ini akan guru jadikan sebagai langkah awal dalam belajar mengenal literasi digital.

Mengenalkan aplikasi dan website yang nantinya menjadi sumber literasi digital

Dalam literasi digital ada beberapa aplikasi dan website yang telah resmi bekerja sama untuk menyebarkan serta membagikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas kepada semua siswa dan guru yang ada di Indonesia. Salah satu aplikasi yang sering guru gunakan untuk sarana literasi digital yakni aplikasi yang sudah pemerintah rilis serta website yang nantinya juga bisa mengakses berbagai artikel mengenai pendidikan dan terknologi yang berkembang pesat dan tentunya sangat berguna bagi siswa dan orang tua di rumah.

Baca Juga: Cek Informasi Sertifikat! Diklat 40JP Karya Ilmiah Naik Pangkat

Siswa belajar dengan menggunakan aplikasi dan mengakses beberapa website

Setelah anda mengenalkan aplikasi dan website kepada siswa, anda bisa mengajarkan mereka untuk menggunakan aplikasi yang mudah siswa akses. Dengan begitu nantinya mereja akan belajar lebih optimal sampai jenjang yang lebih tinggi.

Penerapan literasi digital ke dalam proses belajar

Siswa akan bisa karena terbiasa pada literasi digital. Jika anda sudah membiasakan siswa untuk mengggunakan literasi digital dalam proses pembelajaran siswa di dalam kelas maka anda tidak akan menghabiskan energi untuk mengajarkan kepada siswa karena mereka sudah terbiasa.

Memberikan tugas kepada siswa yang berkaitan dengan literas digital

Terkahir, anda bisa memberikan tugas kepada siswa yang berkaitan dengan literasi digital. Seperti contoh siswa membuat cerita mengenai pengalaman hidup atau pengalaman ketika mereka libur sekolah kemudian mereka membagikannya kedalam situs blog dan berbagai tugas lainhya yang berkaitan dengan media pembelajaran literasi digital.

Share :

Baca Juga

pembelajaran berdiferensiasi

Edutainment

Tips Untuk Guru Tumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa

Edutainment

Cara Membuat PowerPoint Menggunakan Aplikasi Slidesgo
pembelajaran berdiferensiasi

Metode Pembelajaran

Guru Mengajarkan Tentang Kejujuran
teaching at the right level

Metode Pembelajaran

Mengenal Konsep Teaching At The Right Level Secara Lengkap

Metode Pembelajaran

Inilah Alasan Guru Harus Terus Belajar Walau Sedang Mengajar
teaching at the right level

Metode Pembelajaran

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka

Metode Pembelajaran

Urgensi Pembelajaran Mandiri bagi Siswa di Era Digital
Pendataan Non-ASN daipastikan tidak ada

Metode Pembelajaran

Strategi Guru dalam Mengajar yang Tersusun Rapi dan Menyenangkan Bagi Murid