Home / News

Senin, 23 Oktober 2023 - 11:23 WIB

Guru Harus Tahu! Ini Penyebab Tunjangan Sertifikasi Guru Menjadi Terlambat Pencairan

Dibaca 1,509 kali

Seringkali yang terjadi dilapoangan bahwa adanya keterlambatan penciaran tunjangan dibandingkan dengan timeline yang sudah ada di dalam juknis yang berlaku. Sebenarnya apa penyebab keterlambatan pencairan tunjangan sertifikasi ini.

Tentu sebenarnya hal ini merugikan bagi . Lantas, kenapa masih ada pencairan yang tersendat? Mari kita simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Tunjangan Profesi adalah tunjangan yang diberikan kepada guru yang memiliki sertifikat sebagai penghargaan atas profesionalitas mereka. Pencairan tunjangan dilakukan dalam 4 tahap atau bisa disebut per triwulan. 

Proses pencairan melibatkan serangkaian tahap yang mencakup pengusulan dan validasi data. Tahap awalnya adalah pengisian data guru oleh operator melalui aplikasi Data Pokok Kependidikan (), yang berfungsi sebagai wadah besar untuk menghimpun semua informasi tentang pendidik. 

Dapodik ini merupakan alat yang digunakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan (Ditjen GTK) untuk mengelola Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (SIMTUN) dan merangkul data-data yang nantinya akan digunakan dalam proses penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi ().

Proses yang melibatkan berbagai langkah ini, mulai dari pengajuan data, penarikan data secara berkala, hingga validasi yang dilakukan oleh dinas , merupakan faktor yang sangat mempengaruhi seberapa cepat SKTP dapat diterbitkan, dan oleh karena itu, berdampak pada seberapa cepat tunjangan dapat diberikan kepada para guru.

Baca Juga:  Pengumuman! Ini Tanggal Resmi Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 3 2023

Penyebab Tunjangan Sertifikasi Guru Menjadi Terlambat Pencairan

Namun, penyebab terlambatnya pencairan Tunjangan tidak dapat selalu diatribusikan kepada satu pihak saja. Kita perlu memahami bahwa jika semua pihak melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, maka pencairan tunjangan ini dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, proses pemberkasan yang dilakukan oleh instansi pengelola keuangan di daerah juga memainkan peran penting dalam memperlambat pencairan tunjangan. Proses ini disesuaikan dengan situasi di lapangan, dan seringkali memakan waktu karena melibatkan validasi serta pengumpulan berkas guru yang akan divalidasi.

Halaman selanjutnya,

Laporan pertanggungjawaban keuangan…

Share :

Baca Juga

News

PNS Akan Menerima Tunjangan Daya Tahan Tubuh, Segini Besarnya

News

Ada Kabar Baik Dari KemenPAN-RB Untuk Pegawai Honorer

News

Ini Dia Syarat Pencairan TPP Guru Sertifikasi TK, SD, SMP dan SMA

News

Kateogri Guru yang Tidak Mendapat Tunjangan Jelang Idul Adha

News

Unduh Kalender Pendidikan Jawa Barat 2024/2025

News

Catat! Ini Dia Bocoran Materi Ujian CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK 2023

News

Lengkap! Jadwal, Syarat dan Berkas Dokumen dalam Pendaftaran CPNS 2023

News

Simak! Beberapa Syarat Bisa Lolos Passing Grade Seleksi PPPK Guru Tahun 2023
Download Sertifikat Pendidikan Gratis