Home / Metode Pembelajaran

Minggu, 7 Agustus 2022 - 12:36 WIB

Guru Mengajarkan Keterampilan Diluar Pelajaran

Dibaca 377 kali

Guru – Peran utama dari seorang guru yakni memberikan berbagai pengajaran atau materi akademik kepada setiap siswanya. Namun, di sisi lain ada beberapa tanggung jawab yang lain untuk melatih keterampilan hidup yang belum terasah pada mereka. Mempunyai skill yang baik nantinya akan siswa butuhkan untuk menjalani berbagai lika-liku kehidupan yang harus siswa latih sejak dini.

Sebagai individu yang tentunya akan terus tumbuh dan berkembang akan ada masa setiap anak harus menghadapi berbagai kehidupannya sendiri. Karena ada masanya mereka akan jauh dan lepas dari pengawasan orang tua maupun guru.

Jika nanti anak sudah siap untuk mandiri. Maka harus guru tanamkan beberapa keterampilan hidup selama mereka sudah melaksanakan pendidikan dasar. Diantaranya adalah:

Baca Juga: Komunikasi Guru dalam Kelas 

Guru Mengajarkan Siswa Membuat Keputusan Sendiri

Ketika berada di rumah biasanya setiap anak selalu melakukan rutinitas tanpa memberi keputusan secara mandiri. Misal ketika mandi tidak membawa handuk sendiri, memakai baju  dan makan. Tentunya guru harus melibatkan anak untuk membuat sebuah keputusan bersama.

Caranya yaitu dengan menanyakan kepada anak jika ingin mengusulkan menu sarapan yang mereka inginkan dan juga ingin memakai baju apa dan modelnya yang seperti apa. Dengan tahap pendidikan pun anak harus memilih sekolahnya sendiri dan lakukan berbagai survey supaya anak bisa memilih.

Befikir secara kritis

Keterampilan selanjutnya yakni memiliki pola pikir yang kritis. Skill ini nantinya dapat siswa asah setiap harinya melalui tahap dan proses pembelajaran. Sebagai guru anda tentunya harus memberikan berbagai contoh mengenai sikap kritis kepada mereka. Sikap tersebut nantinya bisa memberikan pertanyaan secara berkala kepada mereka.

Berhubungan baik

Baca JugaContoh P5 Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan Pembelajaran 

Memiliki hubungan komunikasi yang baik akan memberikan stimulus kepada anak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik di lingkungannya. Skill ini tentunya bisa memudahkan anak untuk menjalin kehidupan sosial dengan banyak orang serta bisa menunjang karirnya. Oleh karena itu memiliki latihan skill berkomunikasi dengan siswa akan memberikan kegiatan berkomuniasi yang baik di sekolah.

Keuangan yang terstuktur

Sebagai guru anda tidak ada habisnya dituntut untuk selalu dan lebih kreatif. Contohnya adalah anda bisa membuat program barang impian di skeolah. Program ini dapat mengajak siswa untuk meraih targetannya sejak dini. Kemudian mereka diminita unrruk menuliskan beberapa barang yang mereka impikan lalu dibeli dengan uang sendiri dan mencantumkan harganya. Kemudian setelah terkumpul sediakan kotak dan masukan ke kotak masing-masing yang telah dibuat nantinya mereka akan mengumpulkan uangnya untuk membeli beberapa barang impian mereka sendiri.

Mengatur waktu

Terakhir yaitu dengan cara guru memberikan tugas kepada siswa untuk disiplin di dalam kelas dan mengerjakan tugas dan lainnya. Memberikan sanksi kepada siswa yang tidak taat peraturan merupakan hal yang wajar asal memberikan hukuman tersebut harus bersikap konstruktif. Jadi meskipun mereka dihukum tapi masih melakukan hal yang produktif.

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Inilah Alasan Guru Harus Terus Belajar Walau Sedang Mengajar

Metode Pembelajaran

Menerapkan Konsep SOLE dalam Pembelajaran

Metode Pembelajaran

3 Tips Gaya Pembelajaran Era Digital

Metode Pembelajaran

3 Jenis Metode Pembelajaran yang Wajib Diketahui Guru

Media Mengajar

Computational Thinking dan Kaitannya dengan Pendidikan

Metode Pembelajaran

Mengenal 2 Model Pembelajaran Aktif di Era Kurikulum Merdeka

Media Mengajar

Mengenal Model Pembelajaran Problem Solving

Metode Pembelajaran

4 Tips Mengajar Pelajaran Sastra Berdasarkan Kurikulum Merdeka