Home / Metode Pembelajaran

Selasa, 9 Agustus 2022 - 13:23 WIB

Guru Mengajarkan Tentang Kejujuran

Dibaca 442 kali

Guru – Memiliki sifat jujur pada diri manusia tidak dibentuk dengan instan. Maka dari itu ketika anak masih usia dini harus terbiasa untuk memiliki perilaku jujur tersebut. Tentulah ini menjadi sebuah kewajiban bagi guru untuk terus mengasahnya dan bertanggung jawab selaku orang tua di sekolah.

Memiliki perilaku jujur tidak bergantung hanya pada ucapan saja namun juga harus didasari dengan niat dan tingkah laku. Nantinya ketiga aspek tersebut akan sempurna apabila orang di sekitarnya ikut mendukung satu sama lain. Selaku guru, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan di sekolah untuk menanamkan perilaku jujur pada siswa.

Baca Juga: Info PPPK: Jadwal, Seleksi, dan Pelaksanaan 2022

Guru Menjadi Panutan Dalam Setiap Perbuatan

Menjadi seorang guru selain memberikan materi kepada siswa di dalam kelas juga harus menjadi panutan untuk siswa dalam berperilaku. Untuk menumbuhkan sikap yang jujur tentunya guru harus memulai hal tersebut. Mulailah dari hal yang sederhana yang seringkali dianggap sepele oleh banyak orang.

Contohnya yaitu dengan meminta maaf saat anda melakukan kesalahan seperti telat masuk kelas dan izin masuk kelas karena ada kepentingan yang tidak bisa anda tinggalkan. Guru juga manusia yang tidak luput dari kesalahan. Jika guru mengakui dan meminta maaf atas kesalahannya, maka siswa nantinya akan meniru sikap anda yang jujur.

Membiasakan Siswa Berkata Jujur

Selain menjadi panutan siswa, guru juga harus membiasakan berbagai aktivitas yang melibatkan berbagai kejujuran untuk siswa. Ketika awal materi akan guru berikan, biasakan guru harus menayakan kabar dan pastikan siswa memang dalam keadaan baik. Dengan bertanya seperti itu tentunya siswa sudah ada di tahap kejujuran yang ada serta yang mereka katakan tersebut bukanlah merupakan kesalahan.

Baca Juga:  Komunikasi Guru dalam Kelas

Baca Juga: Syarat dan Tata Cara Kenaikan Pangkat Guru PNS

Mengenalkan Tokoh Yang Tidak Suka Akan Kebohongan

Menggunakan metode story telling itu penting dalam proses pembelajaran. Ini akan menjadi metode yang efektif saat anda ingin memperkenalkan suatu nilai kebaikan seseorang kepada siswa dalam hal kejujuran. Anda harus menceritakan kisah para tokoh terkenal yang tidak suka adanya kebohongan.

Perjalanan kehidupan mereka tidak adanya kecurangan yang menjadi inspirasi bagi para siswa. Dan juga berikan penjelasan sederhana tentang pesan yang terkandung dalam cerita tersebut supaya siswa akan mudah memahami serta cara menyampaikannya dengan pembawaan yang semenarik mungkin.

Bermain Role Play

Dalam tengah pelajaran anda harus menyelipkan kegiatan permainan role play, anda harus mencari tahu terlebih dahulu cara bermain peran yang sederhana antar siswa. Cari dialog yang menceritakan mengenai pentingnya mempunyai perilaku jujur. Tidak harus dengan cerita yang berbelit-belit namun harus dengan obrolan yang santai saat bermain atau misalnya mereka memberikan peran ketika membeli suatu barang.

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Mengenal 2 Model Pembelajaran Aktif di Era Kurikulum Merdeka

Metode Pembelajaran

3 Metode Mengajar yang Wajib Dicoba di Era Kurikulum Merdeka

Metode Pembelajaran

3 Tips Gaya Pembelajaran Era Digital

Metode Pembelajaran

4 Cara Mengajari Siswa Agar Mudah Menghafal Pelajaran secara Efektif

Metode Pembelajaran

Tujuan Model Pembelajaran Saintifik dalam Mendidik Siswa 

Metode Pembelajaran

Mengenal Konsep Six Thinking Hats untuk Wujudkan Peserta Didik Berkualitas

Metode Pembelajaran

Mengenal Konsep Teaching At The Right Level Secara Lengkap

Metode Pembelajaran

4 Tips Mengajar Pelajaran Sastra Berdasarkan Kurikulum Merdeka
Download Sertifikat Pendidikan Gratis