Home / Media Mengajar

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 10:27 WIB

Guru Menyusun RPP yang Mudah

Dibaca 432 kali

Guru – Ketika guru akan melaksanakan aktivitas belajar, biasanya anda melakukan penyusunan rencana untuk pembelajaran di dalam kelas. Dengan adanya penyusunan rencana pembelajaran maka proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan juga akan terstruktur. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan menyusun rencana pembelajaran berserta beberapa tips dalam menyusun rencana pembelajaran tersebut sehingga akan berjalan dengan baik.

Proses pembelajaran yakni proses yang telah direncanakan dan disusun sedemikian rupa untuk mencapai beberapa hasil yang maksimal sehingga sesuai dengan tujuan utama. Perencanaan tersebut akan berkaitan dengan hal yang nantinya dapat dilakukan saat melakukan kegiatan pembelajaran.

Baca Juga: Bimbingan Rohani pada Anak Sejak Dini

Manfaat Guru Menyusun Rencana Pembelajaran

Sebagai acuan kegiatan pembelajaran

Alasan utama dalam manfaat menyusun recana pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan menjadikanya sebagai acuan untuk kegiatan pembelajaran. Dalam rencana pembelajaran ini dapat memberikan sebuah petunjuk atau arahan pembelajaran. Guru dan siswa dapat terarah dalam melakukan berbagai kegiatan pembelajaran.

Tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik

Rencana pelaksanaan pembelajaran ini sangat penting dibuat oleh guru yang mempunyai tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Jika rencana pembelajaran tidak ada maka tujuan yang diinginkan pun otomatis tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Kualitas dari rencana pelaksanaan pembelajaran dapat menentukan berbagai tingkatan untuk sebuah keberhasuilan dalam pembelajaran. Dengan adanya pembelajaran ini dapat mengurangi terjadinya penyimoangan dalam capaian tujuan pembelajaran.

Baca Juga: Jenis Pelamar yang Akan Dipermudah Dalam Seleksi PPPK

Tips Menyusun Rencana Pembelajaran

Setelah membahas mengenai manfaat tujuan pembelajaran, guru juga harus mengetahaui penyusunan rencana pembelajaran denegan baik dan benar. Diantaranya adalah :

Pembelajaran yang terencana

Dengan adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) membuat guru untuk merancang cara serta metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dengan adanya susunan rencana pembelajaran maka sistem pembelajaran akan lebih terencana dengan jelas dan memiliki aturan. Waktu yang dibutuhkan untuk memberikan aturan pembelajaran juga sudah diatur. Materi yang akan disampaikan akan dilakukan dengan timeline yang sudah dibuat juga oleh guru.

Penyampaian materi yang mudah dipahami

Adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat mempermudah langkah guru untuk bisa memprediksi kapan materi akan dimulai dan selesai serta jumlah pertemuan untuk menyelesaikan beberapa materi. Pengajar akan lebih mudah untuk membuat sebuah refleksi dalam pembelajarannya. Guru dapat melihat apa yang harus dilakukan ketika kelas kurang efektif dan tidak adanya ketertarikan.

Target dan tujuan yang ditentukan

Terakhir yakni menentukan target dan tujuan. Membuat perencanaan sama artinya dengan menentukan target dan tujuan dalam melakukan berbagai hal. Membuat rencana pembelajaran artinya guru juga harus menentukan target dan tujuan dalam mengajarnya selama setahun. Ketika membuat rencana pembelajaran, tugas guru tentunya harus merumuskan tujuan pembelajaran serta materi pembelajaran.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Edutainment

Metode Resitasi. Pengertian, Tujuan, Jenis dan Langkah

Media Mengajar

Cara Berkontribusi Dalam Menyusun Perangkat Ajar Di Platform Merdeka Mengajar

Media Mengajar

Macam-macam Sumber Belajar untuk Siswa

Media Mengajar

Rumah Belajar, Aplikasi Pendukung Pembelajaran Online

Kesiswaan

Penanaman Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar

Karya Inovatif

Menjadi Guru Kreatif Dengan Memaksimalkan Media Pembelajaran

Edutainment

Rapor Pendidikan Indonesia : Laporan Hasil Asesmen Nasional

Media Mengajar

Guru Wajib Tahu! Cara Aktivasi Akun Pembelajaran Belajar.id