Home / Metode Pembelajaran

Rabu, 3 Agustus 2022 - 12:36 WIB

Guru Pemula Perhatikan Ini Sebelum Mengajar

Dibaca 119 kali

Guru Pemula – Guru dituntut harus bisa multitasking di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Guru tidak hanya harus mempunyai keahilan dalam bidang formal saja tapi keahlian non formal pun harus guru latih. Menjadi seorang guru bukan sekedar diam di depan kelas dan menerangkan berbagai materi kepada siswa

Guru pemula itu harus bisa menjuruskan siswanya untuk menjadi seseorang yang memiliki sifat dan perilaku yang positif serta mempuyai jiwa yang tanggung dan peduli kepada sesama. Jika dibicarakan ini terlihat sebagai hal yang mudah untuk dilakukan. Namun ini merupakan hal yang cukup sulit untuk guru pemula yang masih memiliki jam terbang sedikit.

Baca Juga: Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mensukseskan Kurikulum Merdeka

Di dalam kelas terdapat siswa yang mempunyai karakter yang beragam itu juga merupakan hal yang menyulitkan bagi guru pemula. Terkdang rasa gugup datang dengan sendirinya apalagi jaman sekarang banyak siswa yang kritis sehingga akan menguji kesabaran guru yang belum terbiasa akan hal itu.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan guru pemula agar pembelajaran bisa berlangsung dengan baik. Berikut caranya:

Guru Pemula perlu Menguasai berbagai materi

Sebelum memulai pelajaran, guru harus mempelajari materinya terlebih dahulu. Siapkan beberapa bahan praktik yang nantinya akan disampaikan kepada murid supaya mudah untuk dipahami secara materi. Seperti dalam pelajaran biologi. Tidak ada salahnya jika guru menyiapkan alat peraga supaya siswa lebih memahami materi.

Seperti contoh guru membawa replika rangka tubuh manusia. Ini akan membuat siswa lebih memperhatikan dan juga akan membuat guru lebih percaya diri saat menerangkannya dan siswa pun mengerti dan akan lebih serius mendengarkan.

Baca Juga: Mengenal Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Memperdalam karakter setiap anak

Ketika guru pemula mendapatkan jadwal di sebuah kelas, guru tersebut harus mempelajari terlebih dahulu karakter dari siswa di kelas yang bersangkutan. Apakah di kelas tersebut terdiri dari anak kecil yang cenderung akan manja atau sebaliknya. Keduanya tentu memiliki karakter yang berbeda sehingga guru memerlukan pendekatan yang berbeda juga.

Guru Pemula Bisa Memperkenalkan diri secara asik

Jika itu merupakan hari pertama anda mengajar tentunya anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu. Biasanya siswa lebih menyukai sesi seperti ini dimana mereka lebih mengenal guru yang akan mengajari mereka berbagia hal di kelas. Anda cukup memberi tahu siswa nama lengkap, hobi dan tempat tinggal.

Biasanya tempat tinggal siswa ada yang sama dengan guru atau bisa searah mereka tentunya akan sangat antusias. Anda harus menciptakan suasana yang hangat sehingga kedepannya suasana di dalam kelas akan terasa hangat dan menyenangkan.

Selalu berpenampilan rapih

Sebagai seorang guru tentunya harus memperhatikan penampilan. Apalagi guru harus rapih, bersih bahkan wangi. Itu kan menjadikan contoh bagi siswa untuk selalu berpakaian rapih dan di dalam kelas pun anda tidak terkesan “berantakan”. Bahkan tidak sedikit siswa yang menjadikan guru tersebut menjadi idola.

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

pembelajaran berdiferensiasi

Metode Pembelajaran

Guru Mengajarkan Tentang Kejujuran
tatap muka terbatas

Karya Inovatif

Tatap Muka Terbatas Anti Boring Dengan Google Workspace For Edu
strategi mengoptimalkan pelaksanaan p5

Metode Pembelajaran

5 Fakta Menarik Metode Pembelajaran MIKIR yang Efektif Bangkitkan Semangat Belajar Anak

Metode Pembelajaran

Tujuan Model Pembelajaran Saintifik dalam Mendidik Siswa 
teaching at the right level

Metode Pembelajaran

Mengenal Konsep Teaching At The Right Level Secara Lengkap

Metode Pembelajaran

4 Tahapan Meningkatkan Ranah Psikomotor Siswa

Metode Pembelajaran

4 Cara Mengajari Siswa Agar Mudah Menghafal Pelajaran secara Efektif
Tunjangan Pegawai Pemerintah

Media Mengajar

Computational Thinking dan Kaitannya dengan Pendidikan