Home / Pelatihan

Minggu, 1 Januari 2023 - 21:03 WIB

Guru Penggerak dan Peran yang Dimilikinya

Dibaca 390 kali

Ilustrasi guru penggerak

Ilustrasi guru penggerak

Guru penggerak adalah guru terbaik yang merasa dirinya terpanggil untuk membantu menciptakan perubahan pendidikan dalam negeri menuju arah yang jauh lebih baik. Hadirnya seorang pengajar penggerak diharapkan dapat membawa suatu perubahan khususnya dalam dunia pendidikan. 

Guru yang dapat menjadi teladan dalam dunia pendidikan sangat diperlukan sehingga pada akhirnya akan mampu menciptakan generasi unggul. Tidak ada sesuatu yang akan sampai pada kata sukses tanpa suatu pergerakan. Istilah tersebut akan sangat cocok untuk menggambarkan tentang guru penggerak.

Jika Anda tertarik menjadi bagian dari pengajar yang membawa perubahan, maka Anda perlu menyimak penjelasan berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Guru Penggerak

Secara sederhana, guru penggerak adalah pionir pendongkrak kemajuan pendidikan Indonesia. Pendidikan menjadi bagian terpenting dalam kehidupan, karena pada hakikatnya pendidikan dapat memberikan manfaat berupa mencerdaskan diri, mengembangkan potensi diri, serta mampu untuk membangun karakter.

Harapannya, adanya pengajar terpilih dapat mendorong tenaga pendidik lainnya untuk dapat menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid. Harapan lainnya, guru penggerak untuk dapat menjadi teladan dan menjadi agen transformasi dalam dunia pendidikan guna menciptakan pelajar yang berpegang teguh pada pancasila.

Anda dapat mengunjungi e-Guru.id, GuruJuara.com, Diklat.co untuk membantu mengembangkan kompetensi diri agar bisa menjadi pengajar penggerak yang mejadi teladan.

Salah satu misi program ini yaitu mengembangkan diri dan kemudian membantu sesama untuk bangkit bersama. Guru penggerak merupakan pengajar terpilih dan sudah berhasil melewati tahapan seleksi ketat. 

Perjalanan menjadi pengajar penggerak dimulai dari seleksi calon pengajar penggerak. Kemudian peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan baru di sekolah maupun komunitas, dan yang terakhir adalah menjadi guru penggerak.

Halaman berikutnya

Peran guru penggerak

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Kuota Hampir Penuh! Yuk Daftar Diklat Gratis Bersertifikat 32JP, Berikut Informasi Lengkapnya
pembelajaran berdiferensiasi

Pelatihan

Keterampilan Wajib Guru di Kurikulum Merdeka
Guru

Pelatihan

Manfaat Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Proses Pembelajaran

News

Segera Daftar! Pelatihan Bersertifikat 40JP : Pemanfaatan Classpoint Untuk Pembelajaran
Guru

Pelatihan

Meningkatkan Keterlibatan Melalui Media Pembelajaran Interaktif
Program Sekolah

Pelatihan

Cara Mengolah Project Profil Pelajar Pancasila
Aplikasi Power Point

Pelatihan

Manfaat AI dalam Proses Pembelajaran
Diskriminasi Pendataan Honorer

Pelatihan

Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning: Mendorong Kreativitas dan Pemecahan Masalah Aktif