Home / Pelatihan

Kamis, 4 Agustus 2022 - 12:48 WIB

Guru Penggerak di Indonesia

Dibaca 139 kali

Guru Penggerak – Dalam program guru penggerak, tentunya guru dapat memiliki peluang untuk meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran yang langsung berpusat pada siswa. Selama program pelaksanaan berlangsung, guru nantinya akan langsung mendapat bimbingan oleh instruktur, fasilitator dan pengajar praktik profesional.

Sebagaimana yang telah diberitakan, guru penggerak dirancang untuk nantinya bisa mencetak sebanyak banyaknya agen transformasi dalam ekosistem pendidikan. Program guru penggerak pada angkatan terdahulu, Kemendikbud membuka peluang hingga 2.800 peserta. Pada angkatan tersebut tentunya memberikan beberapa kesan yang serius untuk nantinya pelaksanaan program guru ini.

Baca Juga: Contoh P5 Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan Pembelajaran

Manfaat Program Guru Penggerak

Dalam proses untuk menjadi guru penggerak tentunya menorehkan berbagai manfaat yang positif bagi setiap guru. Di bawah ini ada beberapa manfaat program guru ini bagi siswa. Yaitu :

  • Pengembangan kompetensi dan lokakarya secara bersama-sama

Pendidikan guru ini berlangsung selama 9 bulan lamanya. Pengembangan dalam lokakarya bersama ini meliputi berbagai pelatihan seperti  pelatihan daring, lokakarya, konferensi serta pendampingan selama 9 bulan bagi calon guru secara gratis. Saat pelaksanaan berlangsung, guru masih tetap menjalankan tugasnya sebagai guru yakni mengajar siswanya di sekolah.

  • Meningkatkan kompetensi yang menjadi pemimpin pembelajaran yang berpacu pada siswa

Guru tentunya sangat memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan berbagai performa mengajarnya untuk menjadi guru yang sebenar-benarnya yang dapat berpusat pada siswa. Maka dari itu, guru harus menjadi seorang panutan bagi siswa yang nantinya dapat memberikan motivasi kepada siswa sehingga dapat menguatkan kemampuan untuk memberdayakan siswa.

Baca Juga: Cek Informasi Sertifikat! Diklat 40JP Karya Ilmiah Naik Pangkat

  • Memiliki pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, tersturktur dan menyenangkan

Manfaat selanjutnya yaitu guru mendapatkan banyak pengalaman dari mengikuti program guru ini serta pengalaman belajar mandiri dan kelompok, terbimbing, tersturktur dan menyenangkan. melakukan pembelajaran dapat berlangsung kapan saja. Namun, guru harus memiliki konsistensi yang tinggi sehingga sesuatu yang nantinya akan berjalan dengan lancar.

  • Pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lainnya yang sama-sama lolos seleksi program guru

Manfaat selanjutnya yaitu guru harus bertemu dengan guru-guru lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini karena pendaftar calon guru ini berasal dari berbagai wilayah yang terbagi dari berbagai penjuru negeri. Oleh sebab itu para calon guru ini harus dapat bertukar informasi, pengalaman dan ilmu yang mereka mililki selama pelatihan berlansgung.

  • Pengalaman mendapatkan bimbingan dari pengajaran praktik atau pendampingan pendidikan guru

Pengajar praktik atau pendamping bagi pelatihan guru ini berasal dari pengawas sekolah yang tentunya sudah terseleksi dan harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ada dari Kemendikbud. Tugasnya yakni dapat mencatat berbagai perkembangan peserta selama pendidikan guru penggerak secara online serta memberikan beberapa motivasi pada peserta dalam menjalankan pendampingan tersebut.

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Manfaat AI dalam Proses Pembelajaran

Pelatihan

Keunggulan Animasi Pembelajaran dengan PowerPoint

Pelatihan

Konsep Model Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kolaborasi dan Pencapaian Siswa

Karya Inovatif

Materi hari pertama Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

Pelatihan

Memahami Proses Asesmen dalam Kurikulum Merdeka

Pelatihan

Penerapan Artificial Intelligence dalam Asesmen Pembelajaran

Pelatihan

Pengertian Public Speaking for Teacher

News

Cara Membuat Animasi Pembelajaran dengan PowerPoint