Home / Media Mengajar / News / Pelatihan / Seminar

Kamis, 7 April 2022 - 05:09 WIB

Implementasi Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio

Dibaca 4,062 kali

Aplikasi Camtasia Studio adalah salah perangkat lunak yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation yang saat ini sudah ada dalam versi 8.4. Camtasia digunakan unutk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop computer. Perangkat lunak ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan elearning yaitu dengan membuat video tutorial atau pelatihan dan membuat video presentasi dikenal dengan istilah screencast.

Webinar 4JP Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio

Pada 08 April 2022 pukul 13.30 WIB, Guru Juara akan menyelenggarakan Webinar 4JP yang berjudul Implementasi Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio yang akan diisi oleh pemateri yang berkompeten di bidang pembuatan video pembelajaran yaitu Bapak Abdul Rohman, S.Pd., M.Kom. Guru Juara menyelenggaarakan webinar ini tentu memiliki tujuan dan manfaat untuk peserta (pendidik) dan juga untuk peserta didik. Tujuan dan manfaatnya yaitu :

Tujuan Kegiatan

  1. Memberikan pengetahuan dan keterampilanan membuat media video pembelajaran
  2. Membuat Media Video Pembelajaran yang menarik Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio

Manfaat Kegiatan

  1. Memudahkan guru/pendidik untuk membuat media video pembelajaran
  2. Meningkat motivasi belajar siswa

Selain tujuan dan manfaat di atas, Webinar ini juga menyediakan fasilitas dan bonus yang tentunya dapat dimanfaatkan peserta dalam proses pembuatan video pembelajaran. dalam webinar ini peserta dibedakan menjadi 2, yaitu peserta FREE atau peserta VIP. tentu keduanya memiliki alur pendaftaran, fasilitas dan bonus yang berbeda. Adapun fasilitas dan bonusnya yaitu :

Alur Pendaftaran Peserta FREE

  1. Bagikan info Diklat ini ke 3 Grup Pendidik
  2. Gabung Channel Telegram Guru Juara: https://t.me/gurujuara
  3. Subscribe Channel Youtube Guru Juara: https://www.youtube.com/c/GuruJuara
  4. Follow Instagram Guru Juara: https://www.instagram.com/gurujuara.official/

Screenshot ke 4 Syarat di atas untuk bukti, dan mengisi formulir pendaftaran di bawah ini: https://bit.ly/VideoPembelajaranCamtasiaStudio

Fasilitas dan Bonus Peserta FREE

  1. e-Sertifikat 4 JP tanpa nama
  2. Laporan Pengembangan Diri
  3. Seminar KIT (File Materi, Undangan, Rekap Daftar Hadir)

=========

Berikut pendaftaran dan fasilitas untuk peserta VIP :

Alur Pendaftaran Peserta VIP

  1. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 29.000,
  2. Berikut Nomor Rek. 0101 0107 3749 500 BRI (ANDIKA PUTRA PUTU TAMA)
  3. Mengisi Form Pendaftaran peserta VIP : https://bit.ly/VIPVideoPembelajaranCamtasiaStudio
  4. Konfirmasi Peserta VIP kehttps://wa.me/6285803538569

Fasilitas dan Bonus Peserta VIP

  • E-Sertifikat 4 JP Bernama
  • Laporan Pengembangan Diri
  • Seminar KIT (File Materi, Undangan, Rekap Daftar Hadir)
  • Prioritas Masuk Zoom
  • Aplikasi Camtasia
  • Video Tutorial instalasi camtasia
  • Konsultasi Implementasi Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio

Bagaimana ? apakah berminat menjadi peserta FREE atau VIP ?

Maka dari itu, Segera daftar sebelum Pendaftaran ditutup. Pendaftaran akan ditutup 08 April 2022 pukul 12.00 WIB. 

Tips Mudah dalam Penggunaan Camtasia Studio

Tips sebelum memulai merekam pelatihan maupun presentasi dapat mempersiapkan hal-hal berikut ini:

  1. Rancang terlebih dulu storyboard atau alur video yana akan dibuat agar terarah dan terorganisir.
  2. Siapkan naskah video.
  3. Siapkan media penunjang lainnya seperti microphone, bahan presentasi, dan webcam bila diperlukan.
  4. Camtasia merekam semua kegiatan yang ada di desktop komputer jadi ada baikknya sebelum memulai
    bersihkan desktop dari aplikasi yang tidak diperlukan. Karena apabila tidak, ini akan memperlambat
    proses merekam.

Pengertian Dari Vidio Pembelajaran

Video pembelajaran adalah media yang dirancang secara sistematis dengan mengacu pada kurikulum yang sesuai, dan dalam perkembangannya menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan siswa untuk mengerjakan bahan ajar dengan cara yang lebih sederhana dan menarik.

Proses pendidikan dan pembelajaran modern ini terus mengalami kemajuan. Kehadiran teknologi yang mendorong kebutuhan manusia juga meningkatkan kualitas dan efektivitas pendidikan. Salah satu yang paling menonjol adalah keberadaan video edukasi.

Sebab itu, proses mengajar butuh media penunjang belajar ini. Anda bisa menaikkan kualitas pemahaman murid secara lebih cepat. Jika Anda ingin menciptakan sendiri video pembelajaran, maka buatlah yg lebih interaktif & menarik. Berikut ini merupakan tips supaya video pembelajaran lebih interaktif & menarik :

  1. Menggunakan Animasi

Bagi Anda yang dapat membuat animasi, Anda harus menggunakannya untuk membuat video pembelajaran yang menarik. Tetapi jika Anda tidak bisa melakukan itu? Anda dapat bertanya kepada teman Anda atau menggunakan layanan animator. Animasi sangat menarik bagi semua orang di mana saja. Karena ada elemen dan hiburan estetika, mereka akan lebih bersemangat untuk mendengarkan materi. Ingatlah untuk memprioritaskan kualitas pesan yang ingin Anda sampaikan.

  1. Gunakan Teknik Storytelling

Berbeda dengan metode ceramah, storytelling mudah dicerna. Bukan hanya siswa sekolah dasar seperti dia. Siswa SMP hingga SMA juga lebih cepat mencerna dengan pola mendongeng. Hal ini dikarenakan konsep pembelajaran dalam bentuk materi audiovisual dapat melibatkan emosional audience.

Jika Anda tidak dapat menerapkan opsi pertama karena keterbatasan staf dan anggaran, ubah dan ganti berbicara di depan umum. Anda dapat mengekspresikan diri Anda dalam video atau menggunakan suara Anda hanya jika Anda tidak dapat melihatnya di kamera. Mendengarkan suara Anda dalam video akan memberikan siswa pengalaman belajar yang berbeda.

  1. Ajak Siswa Untuk Berinteraksi

Video interaktif merupakan materi audiovisual yang mengajak siswa untuk berinteraksi. Anda bisa membuat mereka melakukan sesuatu jika videonya komunikatif, hanya dengan menonton mereka. Biasanya rahasia untuk mengungkapkan pola ini adalah dengan mengajukan pertanyaan dan menunjukkan bagaimana menyelesaikannya.

Misalnya, dalam matematika, Anda mengajukan pertanyaan pemanasan. Selingan bermain ala sulap dengan angka-angka dapat menarik perhatian mereka. Tanpa disuruh pun siswa akan berusaha mencari jawaban. Mereka juga mengikuti instruksi yang Anda berikan dengan antusias.

  1. Menggunakan Visual Yang Menarik

Kekuatan video terletak pada representasi visualnya. Visual yang tidak menarik mematikan fokus siswa. Hindari menempatkan terlalu banyak teks dalam video Anda. Ketika layar video pendidikan penuh dengan teks, tidak ada bedanya dengan membaca buku teks. Jangan biarkan mereka tertidur karena tampilan yang membosankan.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam gambar yang ditampilkan di layar ini adalah penggunaan warna. Pencahayaan dan detail gambar juga sangat penting. Jika gambarnya gelap atau buram, itu bisa menyulitkan penonton. Oleh karena itu, disarankan untuk terus berlatih proses produksi dan pengeditan video. Saat ini, keterampilan ini tidak hanya dibutuhkan oleh pembuat konten dan media. Pendidik juga akan mendapat manfaat jika mereka memilikinya.

  1. Atur Suara Secara Optimal

Selain konten visual, konten audio juga harus berkualitas tinggi. Video merupakan perpaduan antara gambar dan audio. Jika ada masalah dengan salah satunya, maka proses pengiriman akan terganggu dan bahkan berakibat fatal. Nilai maksimal saat teknik voting juga didukung dengan suara yang jelas dan langsung.

Jika memungkinkan, Anda dapat menggunakan layanan Talent Voice Over (VO) untuk menambahkan audio ke video tutorial Anda menggunakan sumber daya produksi Anda. Tetapi jika Anda membutuhkan sesuatu yang lebih sederhana dan sesuai anggaran Anda, rekam audio Anda di lokasi yang tenang dan pastikan Anda memiliki artikulasi yang jelas.

  1. Buatlah Suasana Yang Serius Namun Santai

Lalu tips berikutnya adalah berkenaan dengan konsep video yang sesuai dengan audiensnya. Untuk siswa SD, lebih baik dikemas dalam nuansa hiburan. Meskipun demikian, materi di dalamnya tetap harus berbobot. Tambahkan sound effect yang dapat mendukung terhadap penciptaan suasana santai ini.

  1. Materi Singkat Dan Padat

Melihat platform pendidikan digital, video yang mereka sajikan sangat “nendang”. Dalam arti lain, materi yang diberikan dalam bentuk materi audiovisual diringkas dengan cara ini, tetapi masih dicerna secara keseluruhan. Poin-poin penting dari topik diskusi menjadi lebih spesifik. Kemudian hal yang sama perlu diterapkan untuk mencapai hasil belajar mengajar yang efektif.

Mencoba menyediakan materi dengan menggunakan metode terbaik tidak serta merta dapat dilakukan. Butuh waktu dan usaha yang serius. Membuat video pendidikan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita. Juga, jika Anda dapat membuat saluran YouTube yang memperkenalkan media pembelajaran secara tepat sasaran.

Manfaat Dari Vidio Pembelajaran

Persoalan pembelajaran tersebut banyak terjadi pada proses pembelajaran daring. Selama proses pembelajaran daring banyak kendala yang di temukan. Terutama dalam penyampaian materi pada proses pembelajaran dan penyampaian tugas peserta didik yang harus diselesaikan secara mandiri.

Saat mengkomunikasikan materi dalam proses pembelajaran dari rumah, media yang digunakan kurang menarik bagi siswa, banyak siswa yang tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru, dan hasil belajar yang dicapai siswa. dipekerjakan. Kendala tersebut biasanya terjadi karena guru memberikan tugas hanya dari buku teks dan hanya melalui PPT. Kurangnya pemahaman siswa tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa kurang baik dan banyak siswa yang tidak melaporkan hasil percobaan.

Berawal dari permasalahan tersebut, guru ingin memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswanya. Salah satu kemungkinannya adalah penggunaan media video pendidikan. Beberapa manfaat pembelajaran menggunakan video dalam pembelajaran daring antara lain :

  • Meningkatkan motivasi belajar siswa
  • Menjadikan siswa senang untuk belajar.
  • Pengganti guru dalam memberikan penjelasan materi.
  • Meningkatkan hasil belajar siswa

Adapun kekurangannya antara lain :

  • Tidak bisa menggantikan peran guru secara keseluruhan
  • Data/kuota yang digunakan besar

Dengan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring dengan media video tersebut, setidaknya telah mewakili guru dalam memberikan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa di masa Pandemi Covid-19 ini.

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

 

Penulis : Andika Putra

Share :

Baca Juga

News

Pensiunan PNS Tidak Perlu Antre Lagi Ambil Uang Pensiunan

News

Sederet Daftar 51 Instansi yang Tidak Mengajukan Formasi CPNS dan PPPK
cara menentukan kktp dalam kurikulum merdeka

News

Apakah Guru Honorer Sekolah Bisa Di Panggil Untuk PPG Dalam Jabatan? Berikut Informasinya

News

Ada Informasi Menarik Untuk Guru Sertifikasi Dan Non Sertifikasi

News

Cara Mengisi Rencana Aksi, Realisasi, Bukti Dukung Per Bulan & Triwulanan SKP Di Ekinerja BKN 2023
Nadiem Makarim - Mendikbud

News

Guru dan Kepsek Wajib Tahu! Kebijakan Terbaru Kemdikbud 2024

News

5 Pernyataan BKN tentang Penentuan Kelulusan PPPK Guru 2023 P1, P2, P3, P4

News

Tunjangan Kinerja PNS & PPPK Kemenag Tahun 2024 Akan Naik Jadi 80%, Ini Rinciannya!