Home / Karya Inovatif / News / Pelatihan

Jumat, 8 April 2022 - 10:20 WIB

Informasi Menambah Angka Kredit Melalui Diklat 35JP Penulisan Artikel

Dibaca 777 kali

Guru juga memilih jenis tulisan atau artikel sebagai karya tulis untuk memenuhi nilai kredit unsur kegiatan pengembangan keprofesian. Namun, menulis artikel populer ini tidak boleh ditulis sampai menjadi dokumen pribadi. Namun harus disebarluaskan melalui media massa.

Jika seorang guru ingin menaikkan pangkat ke tingkat yang lebih tinggi, ia perlu memperoleh angka kredit dari kegiatan pengembangan profesionalnya. Bagi guru yang tidak terlibat dalam kegiatan pengembangan keprofesian ini, menulis artikel populer dapat menjadi tantangan untuk melangkah ke jenjang berikutnya.

Diklat Menulis Artikel Populer Untuk Naik Pangkat

Pada 09-13 April 2022 pukul 13.00 WIB, NaikPangkat.com akan menyelenggarakan Diklat bersertifikat 35JP yang berjudul “Menulis Artikel Populer Untuk Guru” yang akan diisi oleh pemateri yang berkompeten di bidang penulisan. Pemateri ini merupakan pimpinan Redaksi di NaikPangkat.com. Beliau adalah bapak Moh. Haris Suhud,S.S. Ini bukan pertama kalinya beliau mengisi diklat mengenai penulisan, namun sudah beberapa kali mengisi sebagai pemateri di platform e-Guru.id.

Berkat pemateri bapak Haris Suhud, beberapa alumni peserta yang dididik beliau dapat menerbitkan artikelnya di media massa.

“Alhamdulillah pak haris, karya saya yang pertama dimuat pada media NaikPangkat.com yang berjudul “Menjadi Guru Idaman di Sekolah” telah mendapatkan nilai 2 angka kredit pada pelaksanaan publikasi Ilmiah”. Kata Pak Dedi Supriyadi sebagai alumni peserta Diklat Penulisan Artikel Populer

Maka dari itu, Diklat yang akan dilaksanakan pada 09-13 April 2022 ini akan membantu peserta dalam kenaikan pangkat dengan mengumpulkan angka kredit.

Diklat bersertifikat 35JP yang berjudul “Menulis Artikel Populer Untuk Guru” ini juga memiliki fasilitas dan bonus yang mendukung peserta dalam menambah angka kredit, antara lain :

Fasilitas Pesertaa Diklat :

  •  Sertifikat bernama 35JP
  •  Video rekaman zoom meeting
  •  Salinan Materi pelatihan
  •  Laporan pengembangan diri
  •  Undangan, rekap daftar hadir
  •  Akses zoom meeting
  •  Konsultasi dengan pemateri
  •  Laporan kegiatan diklat

Bonus Spesial :

  •  Free Editor + publish artikel di portal online: naikpangkat.com
  •  Surat keterangan penulis dari naikpangkat.com

Bagaimana? apakah berminat menambah angka kredit dari menulis artikel ?

Untu biaya pendaftaran Diklat ini hanya Rp. 99.000 sudah mendapatkan fasilitas dan dukungan dari pemateri untuk menambah angka kredit. Pendaftaran akan ditutup pada 09 April 2022 pukul 12.00 WIB. Maka dari itu, kesempatan bagus ini jangan sampai terlewatkan.

Untuk Informasi Pendaftarannya, anda bisa klik link berikut : KLIK DISINI

Membuat Artikel Ilmiah Populer Untuk Keperluan Pendidikan

Jika seorang guru ingin menaikkan pangkat ke tingkat yang lebih tinggi, ia perlu memperoleh angka kredit dari kegiatan pengembangan profesionalnya. Bagi guru yang tidak terlibat dalam kegiatan pengembangan keprofesian ini, menulis artikel populer dapat menjadi tantangan untuk melangkah ke jenjang berikutnya.

Biasanya, itu bukan karena Anda tidak ingin melanjutkan pendidikan, tetapi karena kemampuan Anda untuk menulis secara ilmiah. Untuk mengajar profesi yang ingin menantang penulisan akademik dalam kategori penulisan sains populer. Berikut delapan cara membuat artikel ilmiah yang harus Anda lakukan:

  1. Memilih Tema Tulisan

Cara membuat artikel ilmiah pertama Anda harus memilih topik tulisan terlebih dahulu. Topik penulisan dibahas dalam artikel. Pilih topik yang mudah dan dipelajari. Contohnya meliputi kemauan siswa untuk belajar, metode pengajaran, nilai siswa, dan strategi.

  1. Menulis Dengan Kerangka

Akan lebih baik jika saya bisa menguraikan surat itu terlebih dahulu sebelum menulis. Anda perlu menyiapkan kumpulan kalimat penting dengan outline, atau semua yang ingin Anda tulis. Misalnya topik artikel tentang keberhasilan belajar.

  1. Membuat Paragraf Pembuka Dengan Baik

Teks dalam paragraf pembuka memainkan peran yang sangat penting dalam artikel. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian calon pembeli. Demikian pula fungsi paragraf pengantar suatu karya ilmiah.

  1. Menuliskan Gagasan Pokok Secara Jelas

Tulisan ilmiah populer hanya 2,5 sampai 3,5 halaman. Oleh karena itu, tuliskan ide pokok artikel di awal paragraf. Dengan cara ini, pembaca dapat memahami apa yang disampaikan oleh penulis.

  1. Memberikan Ilustrasi Yang Wajar

Apabila pada sebuah blog, ilustrasi yang menarik diperlihatkan berupa gambar maupun dengan foto yang bisa menjadi pendukung ulasan pada artikel postingan.

Akan tetapi dalam tulisan ilmiah popular, berbagai ilustrasi diperlihatkan pada rangkaian kalimat dalam paragraf. Ilustrasi yang dibuat sebaiknya juga yang wajar dan juga logis atau masuk akal.

  1. Mempelajari Cara Dan Gaya Penulisan

Cara membuat artikel ilmiah juga membutuhkan pemahaman tentang topik, judul artikel, dan bagaimana memutuskan bagaimana menulisnya. Dan sebagai pedoman bagi penulis yaitu media cetak mana yang harus dipilih saat mengirimkan artikel.

Setiap media cetak itu memiliki cara serta gaya penyajian yang berbeda. Dengan demikian anda harus mempelajari cara dan gaya penulisan media yang akan anda tuju.

  1. Menutup Artikel Dengan Paragraf Yang Kuat

Dalam membuat artikel tutuplah dengan paragraph yang kuat. Dalam hal ini anda bisa menggunakan kalimat yang berupa sebuah kesimpulan dari pembahasan artikel anda itu.

  1. Menyunting Artikel Dengan Seksama

Langkah selanjutnya adalah mengedit artikel yang berhasil dibuat. Periksa kembali seluruh kata, dan juga periksa kalimat dan paragraf yang ada. Hal yang sama berlaku untuk ejaan dan tanda baca. Proses pengeditan membuat artikel berkualitas tinggi dan mudah dibaca.

Cara Mengubah Artikel Ilmiah Menjadi Artikel Populer

Untuk kalangan akademisi, menulis artikel ilmiah merupakan sesuatu yang sudah mereka kuasai. Namun, karya tulis ilmiah seringkali sulit dipahami oleh non-ahli. Jadi, jika Anda ingin banyak orang membaca dan memahami artikel Anda, Anda perlu mengubahnya menjadi artikel populer.

Artikel populer merupakan tulisan berisi rangkuman artikel ilmiah yang disampaikan dengan bahasa yang ringan. Tujuannya adalah untuk menambah jumlah pembaca. Perubahan model penulisan ini tentu saja bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca yang juga mencakup orang awam, tidak hanya dari kalangan akademisi.

Berikut adalah 5 tips menulis artikel populer yang baik :

  • Buat Judul Semenarik Mungkin

Judul adalah bagian pertama dari teks yang ditampilkan kepada pembaca. Oleh karena itu, buatlah judul semenarik mungkin. Pastikan judulnya pendek dan gunakan teks aktif agar lebih menarik.

  • Perhatikan Panjang Tulisan

Jangan membuat item populer terlalu lama. Catat poin-poin terpenting dari penelitian yang Anda lakukan, seperti latar belakang, metode, dan hasil penelitian. Panjang artikel yang ideal adalah sekitar 600.700 kata.

  • Gunakan Bahasa Yang Ringan

Tujuan menulis artikel populer adalah untuk mempresentasikan hasil penelitian Anda kepada pembaca biasa. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan harus ringan, lugas, tidak teknis, dan sederhana. Hal ini dilakukan agar pembaca benar-benar memahami esensi dari apa yang sedang ditulis.

  • Tulis Lead Yang Singkat, Padat Dan Menarik

Cukup sulit mengubah pendahuluan penelitian menjadi lead atau pembuka tulisan yang menarik perhatian pembaca. Hal ini karena lead adalah salah satu faktor penentu apakah pembaca akan lanjut membaca sampai akhir. Lead harus ditulis dengan singkat namun padat. Biasanya, lead mencakup pokok tulisan dan ditulis dalam 2-3 kalimat saja.

  • Perhatikan Aktualitas

Salah satu teks yang mengundang banyak pembaca adalah teks itu sendiri. Tidak heran jika banyak orang menulis tentang topik hangat. Untuk menarik pembaca, artikel yang ditulis harus berkaitan dengan permasalahan yang berkembang di masyarakat.

Semua tips cara penulisan di atas akan dipaparkan oleh pembicara atau instruktur Diklat. Maka dari itu, jangan sampai terlewat diklat menulis artikel ini.

Formulir Pendaftaran : KLIK DISINI

 

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

Penulis : Andika Putra

Share :

Baca Juga

News

Penjelasan Guru Honorer yang Tak Ada Peluang Jadi PPPK 2024 Tanpa Tes
Ilustrasi Panduan Meneributkan Buku ber ISBN

Pelatihan

Keunggulan Menu Berbagi Bukti Karya di PMM

Edutainment

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas

News

Kabar Gembira Untuk Guru, Kepala dan Pengawas Sekolah Dari Kemdikbud

News

Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mensukseskan Kurikulum Merdeka

News

Agar Penilaian Kinerja Memperoleh Predikat Baik di PMM Perhatikan Variabel Ini

News

Semua Guru Akan Sertifikasi Tanpa Tes Hingga 2026, Begini Mekanismenya

News

Hore! PNS dan Honorer Peroleh Uang Lembur, Berikut Besarannya