Home / News

Senin, 21 Februari 2022 - 11:56 WIB

Ingin Membuat Profil Sekolah Menarik? Simak Caranya

Dibaca 1,487 kali

Profil sekolah menarik merupakan salah satu strategi sekolah untuk memperkenalkan sekolah kepada masyarakat. Dalam pembuatan profil sekolah harus memberikan informasi dengan benar dan valid tentang sekolah tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting sebuah sekolah memiliki profil yang menarik dan tertulis dengan rinci, jelas dan mudah dipahami. Tujuannya agar masyarakat dan orang tua murid lebih tertarik bersekolah disekolahan tersebut.

Profil sekolah berisi tentang informasi tentang identitas sekolah, dan memuat fakta – fakta seperti alamat sekolah, jenis sekolah, peta sekolah, fasilitas sekolah, dan sebagainya. Sebelum membuat profil sekolah, ada beberapa fungsi dari profil sekolah, yaitu :

  • Gambaran Kualitas Pendidikan di Sekolah

Sekolah dapat memuat profilnya dengan menyertakan kinerja dari siswa mereka, termasuk tentang nilai hingga tingkat kelulusan mereka. Selain itu juga tentang proyek, magang serta pencapaian akademik siswa. Memuat identitas tersebut dapat menggambarkan tentang kualitas pendidikan yang dicapai sekolah tersebut.

  • Informasi yang bermanfaat untuk pembaca atau masyarakat

Dengan adanya informasi yang sangat akurat dan rinci, orang tua atau masyarakat akan tertarik untuk menyekolahkan anaknya disekolahan tersebut.

  • Identifikasi awal untuk orangtua murid

Seperti yang sudah dibahas di sebelumnya, pembuatan profil sekolah bisa membantu orang tua untuk memutuskan apakah sekolah tersebut cocok untuk anaknya bisa bersekolah. Membaca profil sekolah akan memberikan gambaran tentang bagaimana sekolah tersebut menjalankan sebuah sistem pendidikan.

 

Berikut isi dari profil sekolah menarik yang baik :

  1. Identitas Sekolah, pada profil sekolah harus mencantumkan nama sekolah dengan jelas, Nama Kepala Sekolah, Alamat, NPSN, No telepon, email dan alamat website sekolah.
  2. Visi Misi, Sekolah juga harus mencatumkan visi dan misi sekolah kepada masyarakat agar sekolah dipercaya masyarakat. Dengan visi misi yang bagus tentunya orang bisa menilai sekolah tersebut berkualitas atau tidak.
  3. Letak Geografis, sekolah juga harus menampilkan dan memberikan pejelasan yang valid dan benar terkait dengan letak geografis sekolah. Mungkin untuk saat ini dengan bantuan Google Maps masyarakat secara detail bisa mengetahui posisi dan letak sekolah.
  4. Kurikulum, dalam profil sekolah baik sekolah negeri atau swasta akan menerapkan kurikulum yang disarankan pemerintah dengan modifikasi dari sekolah masing-masing. Terkait ini juga harus ditampilkan dalam profil sebagai bentuk pengembangan dan ciri khas sekolah.
  5. Guru dan Staf, dengan memiliki guru dengan kemampuan yang sesuai sekolah akan mampu meningkatkan kualitasnya. Staf atau tenaga pendidikan non guru juga sangat penting bagi kemajuan sekolah.
  6. Data Siswa, jumlah siswa dan prestasi siswa yang membanggakan.
  7. Bangunan Sekolah, setelah lokasi sekolah bangunan sekolah juga akan menentukan kualitas sekolah. Dengan bangunan yang bagus dan ramah terhadap anak tentunya akan membuat nyaman siswa belajar.
  8. Sarana dan Prasarana Sekolah, dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai, maka sekolah tersebut semakin berkualitas dan maju.
  9. Alumni Berprestasi, cantumkan sejumlah alumni berprestasi yang lulus dari sekolah. Selipkan testimoni dari alumni murid tersebut tentang bagaimana mereka dulu pernah belajar di sekolah. Sertakan juga dimana sekarang mereka berkarya dan prestasi yang mereka raih ketika di sekolah.

 

Cara membuat Profil Sekolah Yang Menarik

Selain membuat profil secara mandiri, pembuatan profil sekolah bisa melalui aplikasi dapodik, pada aplikasi dapodik juga tersedia data profil sekolah. Data profil sekolah pada aplikasi dapodik ini dapat diperbarui dan diunduh oleh sekolah, sehingga profil sekolah di dapodik merupakan profil yang up to date.

Untuk mengedit profil sekolah melalui dapodik, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Identitas Sekolah

Melakukan perubahan pada identitas sekolah dapat dilakukan pada halaman web http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id menggunakan akun yang telah didaftarkan melalui halaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id. Untuk melakukan perubahan ini bisa berkoordinasi dengan dinas pendidikan Provinsi, Kota, maupun Kabupaten, karena ada beberapa perubahan yang hanya bisa dilakukan oleh dinas pendidikan terkait.

2. Lokasi Sekolah

Pada aplikasi versi 2020 terdapat beberapa perubahan yang terjadi di aplikasi dapodik. Khususnya pada bagian pengisian titik koordinat sekolah, yang sebelumnya dilakukan pada aplikasi itu menjadi perubahan pada halaman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id yang sudah didaftarkan pada halaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

3. Data Administrasi Sekolah

Untuk menampilkan pilihan Kebutuhan Khusus dilayani harus menginputkan terlebih dahulu Program Inklusi yang berada di Data Rinci Sekolah dan tekan tombol F5. Untuk perubahan SK pendirian sekolah dan SK Izin operasional sekolah dilakukan pada laman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

4. No Rekening Bos

Pada bagian Nomor Rekening BOS pastikan sudah mencantumkan No Rekening yang benar dan masih aktif. Sebab hal ini akan dipakai untuk penyaluran Dana BOS, maka penting untuk memastikan pengisian dengan benar.

5. Kontak Sekolahan

Sekolah diwajibkan mencantumkan informasi yang valid terkait dengan No. Telepon dan alamat email yang digunakan. Karena hal itu berkaitan dengan pendistribusian informasi yang biasa diberikan kepada masyarakat, apakah akan melalui saluran telpon ataupun email.

 

Cara mengunduh profil sekolah di dapodik

Adapun cara download di dapodik dapat dilakukan dengan 2 cara. Berikut ini langkah-langkah mengunduh profil sekolah:

1. Download profil sekolah dengan aplikasi dapodik secara offline

Cara ini dapat anda lakukan tanpa menggunakan jaringan internet. Berikut ini langkah-langkah untuk mendownload di aplikasi dapodik:

Buka aplikasi dapodik – Klik menu Pusat Unduhan – Pilih Manajemen – lalu klik Unduh pada menu pilihan profil sekolah – Selesai

 

2. Download profil sekolah dengan apliasi dapodik secara online

Untuk cara yang kedua, anda hanya dapat melakukannya jika terhubung dengan jaringan internet. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Jika admin akan mendownload profil SMP N 1 Sapuran. Buka www.google.com. lalu ketik “data pokok SMP N 1 Sapuran”. Catatan: anda dapat mengganti pencarian dengan nama sekolah lain seperti SDN, SMPN, SMKN dan lain-lain sesuai kebutuhan.
  • Setelah muncul hasil pencarian google seperti gambar di atas, silahkan klik judul “Data Pokok SMP N 1 Sapuran” pada tampilan google.
  • Tunggu hingga halaman baru tertampil, lalu silahkan klik Unduh Profil seperti gambar di atas.
  • Selesai

 

Selain melalui aplikasi dapodik, pembuatan profil sekolah dapat dilakukan dengan membuat website sekolah. Sekolah anda dapat membuat web profil sekolah gratis dengan Layanan Website Sekolah dari MySCH.id hanya dalam 5 langkah yang mudah:

  • Pilih paket website sekolah di https://www.mysch.id/buat/website-sekolah/
  • Tentukan nama domain website sekolah anda, misal smaharapanbangsa.sch.id
  • Isi data website sekolah yang berupa profil sekolah anda
  • Pilih tema website yang sesuai dengan karakter sekolah anda

 

Demo web profil sekolah anda dapat dilihat pada alamat url smaharapanbangsa.mysch.id. Dengan menggunakan layanan MySCH.id, website profil sekolah anda otomatis akan menampilkan informasi dengan lengkap, dan valid sesuai data yang anda input. Termasuk dalam menampilkan profil kepala sekolah yang ideal beserta sambutan kepala sekolah pada website. Dengan profil sekolah menggunakan website ini membuat profil sekolah terlihat lebih menarik.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan dapat memudahkan untuk guru dan sekolah membuat profil sekolah.

Share :

Baca Juga

News

Simak! Juknis Baru Pencairan Tunjangan Profesi Guru Kemdikbud dan Kemenag
Kesejahteraan Guru Madrasah

News

Kemenag Upayakan Kompetensi Digital dan Kesejahteraan Guru Madrasah

News

Taspen Berikan Asuransi Khusus Pensiunan PNS, Segini Nilainya

News

Informasi Pembaharuan Peraturan SK Izin Operasional Satuan Pendidikan
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Bapak/Ibu Guru Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 23 Januari 2024

News

Hore! PNS dan Honorer Peroleh Uang Lembur, Berikut Besarannya

News

Mengenal Ragam Permasalahan Pendidikan Indonesia
keuntungan menjadi pegawai negeri sipil

News

Selamat! 3.043 Guru Honorer Berikut Langsung Diangkat PPPK, Cek Sekarang