Home / News

Rabu, 23 Februari 2022 - 17:18 WIB

Ingin Mengenal Lebih Jauh Siswa Eligible?

Dibaca 950 kali

 

Mengenal siswa eligible – Apa itu siswa eligible?

Teman-teman mungkin bertanya-tanya sebetulnya apa itu eligible?

Eligible  /ˈel.ɪ.dʒə.bəl/ adalah kata sifat yang diserap dari bahasa Inggris. Arti eligible dalam bahasa Indonesia adalah memiliki kualitas yang diperlukan atau memenuhi kondisi/syarat yang diperlukan. Kita dapat menyimpulkan bahwa siswa yang dikategorikan sebagai siswa eligible adalah yang memenuhi kriteria untuk mengikuti SNMPTN 2022. Diketahui, pendaftaran SNMPTN 2022 dimulai dari tanggal 14 Februari hingga 28 Februari 2022 dan diumumkan pada 29 Maret 2022. SNMPTN merupakan jalur seleksi yang harus jalur penerimaan mahasiswa baru ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia tanpa melakukan tes tertulis.

Apakah siswa eligible pasti lolos SNMPTN?

Siswa eligible layak mendaftar SNMPTN, namun kelulusan SNMPTN nantinya juga dipengaruhi berbagai faktor. Maka dari itu, siswa eligible belum tentu lolos jalur SNMPTN. Sebab para peserta SNMPTN nantinya akan bersaing dengan peserta lain.

Berikut ini berbagai faktor yang dapat mempengaruhi lolos tidaknya siswa dalam jalur SNMPTN 2022

  1. Nilai Rapor

Jelas bahwa nilai rapor menjadi faktor penting yang bisa menentukan lolos tidaknya siswa pada tahapan SNMPTN.  Untuk siswa jurusan IPA, mata pelajaran yang penting diperhatikan adalah: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika dan Biologi.

Kemudian untuk siswa jurusan IPS, mata pelajaran yang penting diperhatikan adalah: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi.

  1. Sertifikat

Salah satu berkas yang dikirim dalam seleksi SNMPTN adalah sertifikat. Nilai rata-rata rapor yang dimiliki sangat menentukan kelulusan SNMPTN.

Selain nilai rapor, sertifikat yang dimiliki pendaftar SNMPTN ini juga akan bisa menyumbang poin yang bisa menjadi faktor penentu kelulusan SNMPTN.

Adapun kriteria sertifikat yang biasanya menjadi bahan pertimbangan atau poin adalah kredibilitas pihak penyelenggara hingga lingkup penyelenggaraan. Selain itu, kategori juara dalam sertifikat yang dimiliki juga bisa menjadi faktor yang memengaruhi.

Selain itu, nilai kestabilan rapor juga menjadi salah satu faktor yang menentukan.

Ada proses seleksi atas berbagai data atau berkas yang dimiliki oleh siswa peserta SNMPTN.

Dan apa aja sih keuntungan menjadi siswa eligible pada jalur SNMPTN 2022. Tentu saja merupakan suatu kebanggaan apabila siswa eligible dapat lolos SNMPTN 2022.

Berikut keuntungan lolos SNMPTN 2022:

  1. Bebas biaya pendaftaran

Keuntungan mengikuti jalur SNMPTN adalah bebas biaya pendaftaran karena telah ditanggung oleh pemerintah pada subsidi biaya anggaran. Seleksi ini dapat meringankan beban peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga dengan ekonomi yang kurang mampu.

  1. Tidak perlu tes lagi jika lolos SNMPTN

Siswa tidak akan melakukan tes masuk ke perguruan tinggi lagi setelah lolos SNMPTN. Artinya, siswa akan langsung melakukan registrasi ke perguruan tinggi yang telah menerimanya.

  1. Mendapatkan subsidi pemerintah

Bagi siswa yang lolos SNMPTN akan mendapatkan subsidi atau potongan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan masuk ke golongan UKT 1 atau UKT 2.

  1. Memiliki banyak waktu luang

Setelah lolos SNMPTN, siswa dapat memiliki banyak waktu luang sebelum secara resmi melaksanakan perkuliahan. Siswa dapat memanfaatkannya untuk pergi merayakan kelulusan, mengerjakan hobi, mempersiapkan persyaratan dan registrasi mahasiswa maupun mempelajari seluk beluk kampus sebelum memulai perkuliahan.

  1. Kebanggan untuk Diri Sendiri

Lolos SNMPTN merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang siswa. Siswa tidak perlu lagi bersusah payah untuk mendaftar ke perguruan tinggi lain.

Dari sekian banyak mimin jabarkan tentang siswa eligible di atas, sekarang wawasan teman-teman semakin bertambah nih ya dan bagi siswa eligible semoga berhasil masuk perguruan tinggi impiannya!

Share :

Baca Juga

News

Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka

News

3 Jenis Asesmen yang Wajib Dipahami Guru

News

Waspadai! Ini 9 Penyebab Tidak Lulus Seleksi Administrasi PPPK Guru Tahun 2023

News

kenaikan gaji tenaga pendidik yang akan diumumkan pada bulan Agustus mendatang, apakah tunjangan guru triwulan 3 dan 4 akan mengalami kenaikan?

News

Ada yang Berubah, Berikut Syarat Pengangkatan Tenaga Honorer Jadi PPPK Tahun 2024 Terbaru

News

Mulai PPDB 2024, Syarat Masuk SD Tidak Ada Tes Calistung

News

Lakukan Ini Supaya Lolos Seleksi Wawancara PPG Prajabatan 2023

News

2 Hal yang Menghambat Siswa Belajar Mandiri