Home / Edutainment / Kompetensi Guru

Senin, 22 Agustus 2022 - 14:32 WIB

Inovasi Pembelajaran Kontekstual Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Dibaca 7,854 kali

Pembelajaran KontekstualPembelajaran Kontekstual juga memuat beberapa gagasan dari Kurikulum Merdeka. Dalam Kurikulum Merdeka sendiri terdapat suatu tujuan pembelajaran untuk mengaplikasikan pengetahuan peserta didik dalam masalah kehidupan sehari hari yang berada dalam lingkungan sekitar.

Kurikulum merdeka sendiri merupakan kurikulum yang lebih berfokus pada peserta didik atau student center. Dalam kurikulum merdeka ini peserta didik dapat belajar secara merdeka dalam artian belajar secara bebas sesuai dengan minat belajar mereka.

Selain itu pada implementasi kurikulum merdeka ini guru juga dituntut untuk menjadi fasilator pembelajaran. Guru berperan dalam mendorong segala pembelajaran siswa untuk mencapai berkembangan yang telah ditentukan.

Dalam kurikulum merdeka segala minat dan juga kebutuhan siswa harus difasilitasi dalam pembelajaran, Oleh karena itu pembelajaran dalam kurikulum merdeka ini lebih bersifat fleksibel karena disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang berbeda beda.

Adanya kebutuhan yang berbeda pada pembelajaran ini juga akan membuat pembelajaran menjadi lebih fleksibel. Pembelajaran tidak terlalu kaku pada materi dan juga guru tidak menjadi satu satunya sumber belajar.

Dengan pembelajaran yang fleksibel tersebut pula juga membuat pembelajaran lebih menarik. Siswa juga diberikan kebebasan untuk mengeksplor berbagai masalah mereka dan juga mencari berbagai solusi terhadap masalah tersebut.

Dengan demikian dalam implementasi kurikulum merdeka berbagai inovasi pembelajaran juga perlu dilakukan. Inovasi tersebut untuk membantu pembelajaran yang berkualitas baik di lingkungan sekolah ataupun pada satuan jenjang.

Halaman Selanjutnya

Pembelajaran Kontekstual

Share :

Baca Juga

Diskriminasi Pendataan Honorer

Edutainment

Macam-Macam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka Yang Bisa Diterapkan Dengan Mudah

Edutainment

Metode Time-Out: Terbiasa di Pembelajaran hingga Sehari-hari

Kompetensi Guru

KUOTA SEGERA PENUH! Segera Daftarkan Diri Anda Untuk Ikut Internasional Conference “Diklat Digital Ecosystem Development For Education” Gratis Bersertifikat 32 JP
format ptk

Edutainment

Menakjubkan! Turnitin Luncurkan Teknologi AI untuk Deteksi Tulisan ChatGPT Bagi Pengajar

Kompetensi Guru

Merancang Asesmen Rubrik Pencapaian Dalam Projek P5, Disertai Contohnya!

Kompetensi Guru

Peraturan PNS Dirombak Total! Berikut Infromasi Terbaru Peraturan struktur Organisasi & Sistem Kerja PNS Yang Dirombak

Edutainment

Strategi Untuk Meningkatkan Diskusi Kelas
Adiwiyata

Kompetensi Guru

Sebelum Terlambat, Tata Cara Melakukan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia