Home / Edutainment / Kompetensi Guru

Senin, 22 Agustus 2022 - 14:32 WIB

Inovasi Pembelajaran Kontekstual Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Dibaca 7,974 kali

Pembelajaran KontekstualPembelajaran Kontekstual juga memuat beberapa gagasan dari Kurikulum Merdeka. Dalam Kurikulum Merdeka sendiri terdapat suatu tujuan pembelajaran untuk mengaplikasikan pengetahuan peserta didik dalam masalah kehidupan sehari hari yang berada dalam lingkungan sekitar.

Kurikulum merdeka sendiri merupakan kurikulum yang lebih berfokus pada peserta didik atau student center. Dalam kurikulum merdeka ini peserta didik dapat belajar secara merdeka dalam artian belajar secara bebas sesuai dengan minat belajar mereka.

Selain itu pada implementasi kurikulum merdeka ini guru juga dituntut untuk menjadi fasilator pembelajaran. Guru berperan dalam mendorong segala pembelajaran siswa untuk mencapai berkembangan yang telah ditentukan.

Dalam kurikulum merdeka segala minat dan juga kebutuhan siswa harus difasilitasi dalam pembelajaran, Oleh karena itu pembelajaran dalam kurikulum merdeka ini lebih bersifat fleksibel karena disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang berbeda beda.

Adanya kebutuhan yang berbeda pada pembelajaran ini juga akan membuat pembelajaran menjadi lebih fleksibel. Pembelajaran tidak terlalu kaku pada materi dan juga guru tidak menjadi satu satunya sumber belajar.

Dengan pembelajaran yang fleksibel tersebut pula juga membuat pembelajaran lebih menarik. Siswa juga diberikan kebebasan untuk mengeksplor berbagai masalah mereka dan juga mencari berbagai solusi terhadap masalah tersebut.

Dengan demikian dalam implementasi kurikulum merdeka berbagai inovasi pembelajaran juga perlu dilakukan. Inovasi tersebut untuk membantu pembelajaran yang berkualitas baik di lingkungan sekolah ataupun pada satuan jenjang.

Halaman Selanjutnya

Pembelajaran Kontekstual

Share :

Baca Juga

Kompetensi Guru

Beasiswa Pelatihan Digital : Baparekraf Digital Telent 2022 Tahap 2

Edutainment

Kemendikbudristek Rilis Platform Rapor Pendidikan 2.0 Sebagai Langkah Asesmen Nasional Pendidikan

Edutainment

Aplikasi Praktis Koreksi Lembar Jawab Ujian Peserta Didik Secara Otomatis

Kompetensi Guru

Contoh – Contoh Pengembangan Topik Projek P5 Semua Jenjang
Adiwiyata

Edutainment

Cara Sekolah Mendapatkan Penghargaan Adiwiyata
Guru Lulus PG

Edutainment

8 Alat Seperti ChatGPT untuk Membantu Guru dan Siswa Dalam Belajar Mengajar

Kesiswaan

Kemenag :Pesantren Penerima Dana PIP Terserap 100%
ilustrasi anak paud

Edutainment

Gunakan Beberapa Strategi Berikut Untuk Melatih Kemandirian Siswa