Home / News

Minggu, 4 September 2022 - 14:10 WIB

Jadwal Terbaru Asesmen Nasional 2022

Dibaca 230 kali

Asesmen Nasional 2022 – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menetapkan timeline untuk pelaksanaan Asesmen Nasional dari simulasi hingga pelaksanaannya.

Sebelumnya, Asesmen Nasional merupakan program penilaian mutu pembelajaran untuk sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pendidikan jenjang dasar dan menengah.

Asesmen Nasional ini dilaksanakan dalam rangka mengentaskan sekaligus menggantikan Ujian Nasional yang dianggap terlalu mekanis dan tidak mengembangkan pola pendidikan dan karakter.

Pada tahun 2022 ini, Asesmen nasioanl untuk peserta didik dilaksanakan dengan berbantuan komputer. Sehingga lebih memudahkan siswa dalam mengerjakan dan memberikan penjelasan pemahamannya karena berbantuan teknologi.

Namun, perlu dicatat bahwa dalam Asesmen Nasional 2021 tahun lalu Tidak semua siswa mengikuti Asesmen Nasional. Tentunya hal ini bertujuan agar implementasinya dapat maksimal dengan mengikutsertakan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan.

Hal ini termaktub dalam Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 013/H/PG.00/2022 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional 2022.

Dijelaskan bahwa Asesmen Nasional 2022 nantinya hanya diikuti oleh siswa kelas 5, 8, dan 11 dan dipilih secara acak oleh pemerintah dengan maksimal 30 orang untuk SD/sederajat, 45 untuk SMP/sederajat, dan 45 untuk  SMA/SMK sederajat. Masing-masing juga diberikan cadangan 5 siswa untuk hal diluar dugaan.

  Asesmen Nasional terdiri dari tiga tahapan yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Ketiganya merupakan satuan standar untuk mengukur kemampuan pembelajaran siswa sekaligus iklim sekolah masing-masing.

Jadwal Asesmen Nasional 2022

 

Halaman Selanjutnya

Jadwal Asesmen Nasional

Share :

Baca Juga

News

Bikin Kaget! Inilah Skema Kenaikan Gaji PNS yang Akan Diumumkan Bulan Agustus 2023 Ini

News

Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik pada Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Karya Inovatif

Kenaikan Pangkat Guru. Berikut Tips Membuat Karya Ilmiahnya

News

Info Terbaru, Total Kuota PPPK Guru 2023 Bakal Lebih Kecil?

News

Lengkap! Prosedur Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 11 

News

Wajib Tau! Tingkatkan Kualitas ASN, BKPSDM Terapkan E-Kinerja, Berikut Informasinya

News

Presiden Jokowi Resmi Tekan Perpres Terbaru Waktu Kerja ASN

News

Penting! Untuk Guru Yang Belum Valid Info GTK 2023