Home / Kesiswaan / News

Rabu, 12 Januari 2022 - 14:00 WIB

Jenis – Jenis Bakat Siswa Yang Guru Perlu Tahu

Dibaca 1,447 kali

Jenis – jenis bakat yaitu berbagai macam kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Menjadi penting bagi guru untuk mengetahui jenis bakat yang dimiliki oleh siswa, karena dengan begitu guru dapat memberikan perlakuan terhadap siswa sesuai dengan jenis bakat yang di kuasai atau di miliki oleh masing- masing siswanya. Sebelum kita membahas tentang jenis- jenis bakat, kita perlu mengetahui terlebih dahulu, apa itu bakat? Yuk simak informasi berikut ini untuk mengetahui lebih banyak lagi.

Pengertian Bakat

Bakat juga dapat diartikan sebagai suatu keahlian atau kepandaian bawaan yang dimiliki seseorang sejak ia dilahirkan. Seseorang yang memiliki bakat terhadap suatu hal akan dapat lebih cepat dan lebih baik dalam mempelajari hal tersebut dibandingkan dengan seseorang yang hanya memiliki minat saja. Bakat seseorang tidak akan pernah hilang dari dirinya karena bakat merupakan potensi yang dimiliki sejak lahir. Seseorang yang terus menyalurkan serta mengembangkan bakatnya sejak kecil dapat menjadi seseorang yang profesional dalam bidangnya. Setelah kita paham mengenai makna dari bakat, selanjutnya kita akan membicarakan mengenai Apa saja jenis- jenis bakat? Berikut ini ulasannya.

Jenis- Jenis Bakat

1. Bakat intelektual umum

Siswa yang memiliki ciri berbakat intelektual umum yaitu di tandai dengan siswa tersebut memiliki taraf daya konsentrasi yang tinggi, mandiri dalam belajar dan menunjukan prestasi sekolah.

2. Bakat akademik khusus

Siswa yang memiliki bakat ini ditandai dengan bahwa siswa ini memiliki kemampuan yang cenderung pada arah akademik, dan lebih menonjol dibandingkan dengan kemampuannya di luar akademik.

3. Bakat kreatif – produktif

Siswa yang memiliki bakat kreatif dan produktif memiliki kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru , cenderung tidak bisa diam dan lebih aktif dalam menciptakan sesuatu yang baru.

4. Bakat seni

Ciri siswa yang memiliki bakat seni yaitu memiliki kemampuan yang berkaitan dengan berbagai bidang seni, misalnya memiliki kemampuan menggambar yang bagus, memiliki kemampuan memainkan alat musik, menari dan lain sebagainya.

5. Bakat kinestetik / psikomotorik

Siswa yang memiliki bakat kinestetik/ psikomotorik ini memiliki kemampuan yang cenderung pada kinerja seseorang yang lebih dominan dari para yang lainnya. Lebih aktif dibandingkan dengan teman teman sekelasnya.

6. Bakat sosial atau kepemimpinan

Kemampuan siswa yang mengarah pada interaksi dengan orang di sekitarnya, menjadi salah satu ciri bakat sosial atau kepemimpinan. Selain itu siswa ini cenderung hamble dan mudah di terima di segala circle pertemenan, mampu membawa diri di setiap pergaulannya. Demikian jabaran mengenai bakat dan jenis- jenis bakat yang dapat di gunakan guru untuk mengidentifkasi jenis bakat pada diri siswa. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayan Indonesia. 

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah banner-member-tahunan-300x300-1.jpeg

Ingin dibantu mendaftar ? Hubungi 087719662338 (Rahma)

Penulis : Rahma Ta’nisa




Share :

Baca Juga

News

Ternyata Guru Sertifikasi Bisa Dapat Tunjangan, Tapi Dengan Syarat Ini…

News

Gaji Pokok Terpotong Meski Data Valid, Guru Diimbau Tetap Tenang dan Cek Rincian Slip Gaji

News

Cara Cek Hasil Pengumuman PPPK Guru 2022

News

Simak Aturan Terbaru PTM Terbatas Sesuai SE Kemendikbud Nomor 2 Tahun 2022

News

Rezeki Guru, TPG Triwulan 1 Tahun 2023 Telah Cair

News

Diluar Uang Pensiun! Berikut Sederet keuntungan PPPK Terbaru
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Kabar Gembira! Pemerintah Mencairkan Tambahan Tunjangan 2 kali 50% bagi Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

News

Mau Lolos CPNS? Berikut 5 Kesalahan Dalam Seleksi Administrasi yang Harus Dihindari