Home / News

Kamis, 2 Mei 2024 - 05:56 WIB

Kabar Baik Guru Non Sertifikasi, PPG Daljab 2024 Sediakan Kuota 1,2 Juta

Dibaca 2,188 kali

Berita tentang transformasi PPG Daljab tahun 2024 ke dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) tentu saja menjadi berita baik untuk para guru yang belum memiliki sertifikat pendidik atau serdik atau guru non sertifikasi.

Kesempatan besar terbuka yang terkait dengan kuota program pendidikan profesi guru atau PPG Dalam Jabatan 2024. Pada tahun-tahun sebelumnya, kuota PPG Dalam Jabatan hanya sekitar 40 ribu. Tidak mengherankan banyak guru non sertifikasi yang belum mendapatkan panggilan sebagai peserta atau calon mahasiswa PPG.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Dirjen GTK Prof Nunuk Suryani dan Direktur PPG Andika Ganendra. Pentingnya, pelaksanaan PPG Daljab tahun 2024 dilakukan melalui PMM atau Platform Merdeka Mengajar. Dengan demikian, seluruh peserta dapat lebih mudah mengikuti pembelajaran.

Salah satu keuntungan dari PMM adalah pembelajaran yang dapat dilakukan secara mandiri dan online. Dengan pembelajaran online, kuota yang tersedia otomatis dapat diperbanyak. Namun, bagaimana aturan dan mekanisme yang akan diterapkan?

Dalam penyampaiannya, Dirjen GTK Prof Nunuk Suryani memberikan beberapa bocoran dalam live Ngopi Bareng pekan lalu.

Prof Nunuk mengungkap bahwa penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ada sejumlah kemudahan dalam aturan, syarat, dan pelaksanaan yang lebih fleksibel.

Prof Nunuk memastikan bahwa pemanggilan calon peserta akan dilakukan secara resmi melalui laman PPG atau akun SIMPKB masing-masing. Sementara syarat untuk tahun ini adalah lulus seleksi administrasi.

Bagi guru non sertifikasi yang belum lulus atau belum mengikuti seleksi administrasi, masih diberikan kesempatan untuk mengikuti tahun ini. Dia juga mengimbau agar guru non sertifikasi rutin memantau laman resmi atau akun media sosial PPG. Selanjutnya Direktur PPG Andika Ganendra menjelaskan bahwa seleksi administrasi hanya untuk melihat linieritas.

Prof Nunuk juga menjelaskan bahwa di tahun-tahun sebelumnya, NUPTK adalah salah satu syarat utama. Namun sekarang tidak lagi, yang penting adalah keaktifan di Dapodik hingga tahun ajaran 2023.

Profesor Nunuk juga mengungkapkan bahwa PPG Daljab 2024 akan diselenggarakan melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Menurut Profesor Nunuk Suryani, mulai tahun ini tidak akan ada lagi kriteria dan batasan kuota dalam PPG. Bagi yang memenuhi syarat, mereka akan langsung diundang sebagai peserta PPG Dalam Jabatan.

Jika dalam beberapa tahun terakhir kuota hanya sekitar 40 ribu, sekarang kuota bisa mencapai beberapa kali lipatnya. Bahkan, jumlah kuota yang tersedia tahun ini bisa mencapai 800.000 hingga 1,2 juta peserta. Hal ini karena PPG Daljab 2024 akan dilakukan melalui PMM, sehingga jumlah peserta dipastikan akan jauh lebih besar.

Halaman Selanjutnya

Namun, jumlah peserta tersebut bergantung pada kemampuan teknologi atau server PMM

Share :

Baca Juga

News

Kendala Penyebab Tunjangan Sertifikasi Guru Lambat Cair
media ajar

News

Cara Mewujudkan Cita-Cita Transformasi Pendidikan Berbasis Digital

News

Jokowi Resmi Hapus Pegawai Honorer di 2024
gaji aparatur sipil negara

News

Mantap! Taspen Akan Cairkan Tambahan Dana Bagi Keluarga Pensiunan PNS, Totalnya Hingga Mencapai Rp 18 Juta!

News

Besaran Penerima Dana PIP Tahun 2023, Jenjang SD Sampai Mahasiswa
perbedaan aparatur sipil negara dengan PNS

News

BKN dan Taspen Tengah Menyusun Jaminan Hari Tua PPPK

Karya Inovatif

Diklat 64JP Gratis! Guru Inovasi
Keterampilan

News

Lakukan Ini Supaya Lolos Seleksi Wawancara PPG Prajabatan 2023