Home / News / PPPK

Jumat, 13 Oktober 2023 - 11:40 WIB

Kabar Untuk Guru Honorer Dari Dirjen GTK, Tahun Depan Tidak Ada Perekrutan Guru Honorer!

Dibaca 9,968 kali

Informasi terbaru bagi para calon peserta ujian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebagai guru pada tahun 2023 mungkin sangat penting bagi Anda yang saat ini mungkin merasa bingung atau tidak pasti tentang proses rekrutmen guru ASN PPPK 2023. 

Ini adalah isu yang tengah menjadi perhatian utama dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dalam pernyataannya, Dirjen GTK, Nunuk Suryani, telah mengklarifikasi bahwa pada tahun depan, tidak akan ada lagi proses rekrutmen untuk guru honorer.

Salah satu tujuan utama dari ujian PPPK Guru 2023 adalah untuk memberikan kesempatan kepada guru honorer, termasuk yang berada dalam kategori satu, kategori dua, maupun tenaga non-ASN lainnya yang saat ini tengah mengabdi di sekolah negeri maupun sekolah swasta. 

Proses rekrutmen PPPK Guru 2023 masih berjalan dan tahap pendaftaran telah berakhir pada hari Rabu, 11 Oktober 2023.

Namun, yang menjadi sorotan utama adalah bahwa penghapusan tenaga honorer dijadwalkan akan terjadi pada bulan November 2023. 

Dalam konteks ini, Nunuk Suryani, yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, menggarisbawahi bahwa rekrutmen guru honorer di masa mendatang tidak akan ada lagi, dimulai dari tahun 2024. 

Tujuannya adalah agar lulusan program Pendidikan Profesi Guru prajabatan dapat terus berjalan sebagai salah satu solusi atas permasalahan kekosongan formasi guru yang akan pensiun.

Saat ini, proses pendaftaran untuk Guru Aparatur Sipil Negara PPPK masih berlangsung, mencapai tahapan pendaftaran dan akan dilanjutkan dengan penentuan prioritas serta seleksi kompetensi.

Penting untuk dicatat bahwa dalam konteks pengadaan guru ASN PPPK 2023, hanya mereka yang dikategorikan sebagai pelamar prioritas satu (P1, P2, P3, dan P4) yang akan di akomodasi. 

Namun, perlu diingat bahwa untuk formasi P1, yang merupakan prioritas utama Pemerintah, hanya tersedia sekitar 50 ribu lebih guru. Ini adalah suatu ironi karena masih ada lebih dari 12 ribu pelamar prioritas satu yang belum mendapatkan akomodasi pada tahun ini.

Data terbaru mengungkapkan bahwa sejak pendaftaran dibuka pada bulan September hingga Oktober, jumlah peserta yang mendaftar di situs resmi pendaftaran calon ASN tahun 2023, ASN Karier, mencapai 431.538 orang. 

Halaman selanjutnya,

Dari jumlah tersebut, sekitar 387.549 …

Share :

Baca Juga

News

Kebijakan Terbaru! Guru Honorer Tidak Lulus PPPK Guru 2023,  Berkesempatan Menjadi PPPK Guru 2024 Melalui Kebijakan Ini

News

Terkini! Opsi Baru Tenaga Honorer Akan Dipertahankan Sampai Pemilu 2024

News

Selamat Untuk PNS, PPPK, dan Pensiunan atas Gaji baru, Cek besaran Gaji baru 2024

News

Informasi Penting Untuk Peserta Bebas Seleksi Administrasi PPG Daljab 2023!

News

Pastikan Sebelum 22 Juli, Lakukan 11 Langkah Pemutakhiran Data di SIMPKB PPG Dalam Jabatan 2023

News

Inilah Syarat dan Cara Membuat Akun Simpkb Tunjangan Guru
Momentum Hari Guru

News

Kurikulum Merdeka Meluncurkan Struktur Baru untuk Tahun Ajaran 2023/2024

News

Pegawai Honorer Diangkat? Menjadi PNS Tanpa Tes, Loh Kok Bisa? Ini Syaratnya