Home / News

Rabu, 17 April 2024 - 20:41 WIB

Kado Istimewa Untuk Guru Indonesia Di Akhir Jabatan Presiden Joko Widodo, Bikin Kaget!

Dibaca 20,110 kali

Masa jabatan Joko Widodo sebagai presiden Republik Indonesia saat ini sudah hampir usai. Dimana pada tahun selanjutnya akan digantikan dengan capres dan cawapres baru yang terpilih dalam pemilihan presiden pada bulan Februari 2024 lalu.

 

Di detik-detik berakhirnya masa jabatan, presiden Joko Widodo kini memberikan kabar baik untuk para tenaga pendidik baik itu yang sudah sertifikasi dan non sertifikasi di tahun selanjutnya.

 

Dimana seperti yang sudah beredar sebelumnya, presiden Joko Widodo telah dengan resmi membuat kebijakan baru untuk mensejahterakan para guru di Indonesia.

 

“ Pemerintah membutuhkan Tenaga pendidik yang terampil untuk mendukung peran publik diera digital, efisiensi dan demokrasi. Pemerintah dalam hal ini resmi membuka peluang baru untuk lulusan baru atau Fresh Graduated pada formasi CPNS tahun 2024.” Ujar presiden Joko Widodo pada pidatonya beberapa waktu lalu.

 

Bahkan secara resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali lagi membuka lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN/CPNS) yaitu dengan total formasi 2,3 juta pada tahun 2024 ini.

 

Yang mana, berdasarkan dari jumlah formasi tersebut, maka 690 ribu dikhususkan bagi para lulusan baru atau fresh graduate.

 

“Seperti yang sudah dijelaskan pihak pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi seleksi CPNS 2024 sebanyak 690 ribu orang. Tersebar pada beberapa instansi pusat 207 ribu serta instansi daerah 483 ribu,” tambah Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 5 Januari 2024 lalu.

 

Secara rinci, lowongan seleksi CPNS 2024 tersebut terbagi menjadi Pekerja Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau yang lebih dikenal dengan sebutan PPPK mencapai angka 1,6 juta, serta untuk fresh graduate yaitu sebanyak 690 ribu.

 

Dalam hal ini Abdullah Azwar Anas selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menjelaskan jika untuk penyediaan lowongan untuk fresh graduate sesuai dengan perintah dari bapak presiden Jokowi, sehingga dengan begitu tak heran jika jumlahnya cukup banyak.

 

Sementara untuk tahun lalu, formasi bagi para fresh graduate hanya sekitar kurang lebih 28 ribu orang, namun untuk tahun 2024 ini mencapai 690 ribu orang. Tentu bisa dikatakan peningkatan yang sangat signifikan.

 

“Merekrut para talenta-talenta baru khususnya fresh graduate atau lulusan baru melalui seleksi CPNS 2024. Talenta-talenta baru tersebut dimana nantinya menjadi dk talenta digital dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik yang merata di seluruh Indonesia serta juga bagi IKN,” ucap Azwar.

 

Sedangkan, untuk proses seleksi kemungkinan besar akan diselenggarakan pada bulan Maret 2024 hingga dengan bulan Mei 2024.

 

“Bulan ini (Januari 2024) kan tidak otomatis secara  langsung direkrut. Kan ada proses pengumuman, proses A, B, C, D. Namun bisa jadi bukan Maret atau bulan April baru akan dibuka seleksi CPNS nya tersebut” pungkas Anaz.

yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Penyusunan Portofolio Guru Di PMM Terintegrasi RHK EKIN” Fasilitas Diklat Peserta Eksklusif : Jaminan E-sertifikat 46JP Bernama, Bimbingan Unlimited, Materi Pelatihan, Laporan Pengembangan Diri, Berbagi Praktik Baik, BONUS Template Laporan RHK dan Aksi Nyata . Daftar Sekarang di link berikut   https:/online.e-guru.id/aff/40180/3014/checkout   Mau dibantu daftar?  http:/wa.me/6281904722773   atau 0819-0472-2773 (Admin Nana) sertakan foto pamflet yaa

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Free Diklat” link berikut https:/t.me/infofreediklat32JP

Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut https:/t.me/PortalBeritaGuru

Halaman Selanjutnya

seleksi CPNS tahun 2024 lebih besar….

Share :

Baca Juga

News

Mengejutkan! Guru, Profesi Paling Banyak Terjerat Pinjaman Online

News

Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, Melihat Jadwal dan Lokasi Uji Kompetensi di SIM PKB

News

SIAP SIAP..! HONORER DATABASE BKN BAKAL DIANGKAT PPPK SECARA LANGSUNG

News

Prinsip yang Harus Dipegang Guru Idola Agar Dicintai Siswa
photo by kemdikbud.go.id

News

Anggaran Pendidikan dalam RAPBN 2024 Melonjak Naik!  Kebijakan Baru Apa yang Akan Ada di Tahun 2024?

News

Apa Saja Syarat Utama Daftar PPPK Guru 2023? Simak Disini
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Pasti Lolos! Berikut Target Skor Minimal Berdasarkan Lama Persiapan SKD CPNS

News

Perubahan UU SISDIKNAS