Home / Media Mengajar

Selasa, 16 Agustus 2022 - 11:00 WIB

Kegiatan PAS Ini yang Harus Guru Lakukan

Dibaca 182 kali

PAS – Ketika 1 semester hampir berakhir, sudah menjadi kewajiban siswa dan pihak sekolah untuk menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester (PAS). Hal ini dilakukan karena untuk mengumpulkan hasil pembelajaran siswa dalam pencapaian yang didapat selama proses pembelajaran di sekolah. Dalam PP No.19  Tahun 2005 yang menjelaskan tentang Standar Nasional pendidikan untuk menilai pendidikan dasar dan menengah dianataranya yaitu :

  • Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru.
  • Penilaian hasil bejalar dari satuan pendidikan.
  • Penilaian hasil belajar dari pemerintah.

Dalam peilaian pelaksanaan penilaian akhir semester tersebut merupakan tanda dalam proses pembelajaran selama 1 smester yang hamor rampung. Ketika masa PAS tiba bukan berarti tugas guru selesai begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh guru.

Baca Juga: Tenaga Honorer Yang Tidak Dapat Diangkat PPPK, Berikut Detailnya

Hal yang Harus Dilakukan Guru setelah Melaksanakan PAS

Setelah PAS sudah selesai dilaksanakan dan rapot sudah dibagikan, maka kegiatan belajar dan pembelajaran di lingkungan sekolah harus diliburkan sementara dalam kurun waktu yang telah ditentukan dari kalender pendidikan. Hal ini dijadikan sebagai waktu istirahat untuk siswa atas pencapaian yang telah diraih selama 1 semester penuh. Nmaun tidak berlaku bagi guru, setelah PAS selesai dilaksanakan di bawah ini ada beberapa tugas guru yang harus dilakukan. Diantaranya adalah :

Melakukan penilaian akhir semsester sesuai dengan aturan penilaian

Ketika semua siswa telah melaksanakan PAS, maka tugas guru selanjutnya adalah memberikan nilai untuk kemampuan siswa. Penilaian hasil PAS tidak dilakukan begitu saja melainkan harus sesuai dengan prinsip penilaian. Di bawah ini prinsip penilaian yang harus dilakukan. Yaitu :

Valid : Penilaian harus berdasarkan pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan untuk standar isi dan standar kompetensi kelulusan serrta menggunakan alat yang harus sesuai dengan pengukurannya.

Objektif : Penilaian dalam belajar tidak dipengaruhi oleh subjektivitas peserta didik yang didasari dari sosial ekonomi, agama, bahasa dan hubungan emosional.

Transparan : Dalam proses penilaian ini harus bersifat terbuka mulai dari prosedur penilaian, krtiteria penilaian, pengambulan beberapa keputusan dalam hasil belajar dan lainnya.

Baca Juga: Pahami Formasi CPNS dan PPPK 2022

Mengindentifikasi kesulitan dalam belajar

Ketika guru sudah melakukan penilaian PAS serta mengetahui beberapa kemajuan hasil belajar siswa, hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mengidentifikasi kesulitan dalam belajar. Identifikasi kesulitan dalam belajar yakni sebuah usaha yang dilakukan untuk mengetahui beberapa penyebab munculnya masalah dan hal yang membuat sulit siswa.

Memberikan masukan kepada hasil siswa

Masukan atau feedback merupakan salah satu cara yang dinilai efektif untuk meningkatkan semangat siswa untuk belajar kembali. Anda nantinya memberikan masukan melalui beberapa nilai ujian yang telah mereka kerjakan.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Guru Wajib Tahu! Cara Aktivasi Akun Pembelajaran Belajar.id

Media Mengajar

Tips Strategi Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif

Karya Inovatif

Pembelajaran Abad 21: Pengertian, Model, dan Konsep 4C

Kesiswaan

Pendidikan Karakter. Contoh, Fungsi, dan Tujuan

Karya Inovatif

Daftar Workshop gratis! E-learning Video Pembelajaran dengan OBS Studio
kekurangan kurikulum merdeka

Media Mengajar

Pembelajaran Asyik dengan Model Cooperative Learning

Edutainment

RPP Literasi dan Numerasi serta Cara Membuatnya
Pendidikan Profesi Guru

Media Mengajar

Kurikulum Merdeka dan Perangkat Pembelajarannya